Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar Dan Rahasianya

Kemarin kau telah menciptakan obrolan untuk pertunjukan drama perihal benda-benda angkasa luar. Kini saatnya kau mempraktikkannya.

Ayo Diskusikan
Sebelum kau mempraktikkan pertunjukan drama, diskusikan terlebih dahulu perihal hak dan kewajibanmu dengan teman-temanmu dikala melaksanakan dan melihat pementasan drama. Ikuti perintah gurumu untuk melaksanakan kegiatan ini.

Hakku
1. Menonton dengan nyaman.
2. Tidak terganggu oleh penonton yang lain

Kewajibanku
1. Menjaga ketenangan
2. Mematuhi tata tertib yang ada di daerah pertunjukan

Hak temanku
1. Mendapatkan pementasan hingga selesai.
2. Menikmati pementasan tanpa ganguan apapun

Kewajiban temanku
1. Menjaga ketenangan.
2. Mematuhi peraturan yang ada di daerah pertunjukkan

Ayo Bekerja Sama
Sekarang, praktikkan obrolan yang kau buat kemarin dalam bentuk drama bersama kelompokmu. Tentunya kau telah memilih tokoh-tokoh dramanya, bukan? Jangan lupa menerapkan hak dan
kewajiban yang telah kau diskusikan. Bagaimana penampilan kalian tadi? Apakah kau puas dengan penampilan tersebut? Mengapa? Jelaskan.

Ayo Menulis
Berdasarkan kegiatan ketika penampilan drama, buatlah refleksi perihal pelaksanaan hak dan kewajibanmu. Tuliskan refleksimu di kertas HVS atau kertas lain. Refleksimu harus sanggup untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Apakah saya sudah menjalankan kewajibanku? Sebagian sudah dilaksanakan
  2. Apakah saya sudah mendapatkan hakku? Hampir semua hakku sudah kudapatkan
  3. Apakah teman-temanku sudah menjalankan kewajibannya? Ya  mereka telah menjalankan kewajibannya
  4. Apakah teman-temanku sudah mendapatkan haknya? Mereka sudah mendapatkan hak mereka
  5. Sikap apa saja yang sudah dilakukan dalam melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak? (Paling sedikit 3). Patuh, percaya diri, dan rasa ingin tahu
  6. Manfaat apa saja yang diperoleh dari melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak? (Paling sedikit 3). Karena setiap warga negara wajib menghormati hak asasi insan orang lain maka nantinya akan terjadi kerukunan antar umat beragama. Dengan melaksanakan kewajiban maka tujuan bersama akan sanggup tercapai. Selin itu juga akan tercipta keadilan bagi masing-masing anggota masyarakat.
  7. Sikap apa saja yang perlu diperbaiki atau dipertahankan dalam melaksanakan kewajiban dan mendapatkan hak? (Paling sedikit 3). Sikap patuh alasannya yakni kita harus memeatuhi peraturan yang ada. Sikap percaya diri dan sikap saling menghargai.
  8. Rencana tindak lanjut apa saja yang sanggup dilakukan untuk perbaikan diri? (Paling sedikit 3)
Ayo Ceritakan
Setelah kegiatan drama tersebut di atas, sekarang buatlah goresan pena mengenai semua benda angkasa luar yang telah kau pelajari selama satu ahad ini. Tulisanmu harus memuat seluruh gosip perihal benda-benda angkasa luar, yaitu bintang, planet, asteroid, meteor, meteorit, serta komet. Sebelumnya, ingat-ingatlah kembali isi teks eksplanasi ilmiah yang telah kau pelajari sebelumnya. Bagaimanakah ciri-ciri teks tersebut? Sampaikan kepada seorang temanmu.

Tulislah teks eksplanasi ilmiahmu pada kotak berikut. Perhatikan penggunaan kalimat efektif dan tanda baca sesuai kaidah bahasa Indonesia.

Teks Eksplanasi Tata Surya
Tata surya (solar system) yakni kumpulan (susunan) dari matahari, planet, asteroid, komet, satelit, meteor, dan abu ruang angkasa dengan matahari sebagai sentra peredarannya. Pusat tata surya yakni matahari, hal ini sesuai dengan teori heliosentris, yakni teori yang menyatakan bahwa planet-planet bergerak mengelilingi matahari.

Teori ini dikemukakan oleh Nicolaus Copernicus, seorang astronom Polandia. Teori heliosentris mematahkan teori geosentris yang menyatakan bahwa bumi sebagai sentra tata surya dan planet-planet bergerak mengitarinya. Anggota-anggota tata surya terdiri dari:
  1. Matahari: Matahari merupakan bintang dan sebagai sentra tata surya serta dikelilingi planet-planetnya. Matahari dianggap sebagai bintang sejati.
  2. Planet:  Planet yakni bintang yang beredar dan gerakannya membentuk garis elips dan beredar mengelilingi matahari. Nama-nama planet anggota tata surya (mulai dari terdekat matahari); Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranis, dan Neptunus.
  3. Asteroid: Asteroid yakni formasi (kumpulan) benda-benda kecil menyerupai planet yang beredar mengelilingi matahari, dan terletak di antara lintasan planet Jupiter dan planet Mars.
  4. Komet: Komet atau bintang berekor yakni benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar (orbit) yang bentuknya sangat lonjong. Contoh komet antara lain; Komet Halley, Komet Encke, Komet Brooks, dan Komet Cogging Stephen.
  5. Satelit: Satelit yakni benda langit yang beredar mengelilingi planet dan berotasi di sumbu atau porosnya. 
  6. Meteor: Meteor yakni benda langit yang berpijar akhir ukiran dengan atmosfer bumi dengan kecepatan yang tinggi. Meteorit yakni meteor yang jatuh ke bumi.

Ayo Lakukan
Bersama gurumu, lakukan latihan dasar memasukkan bola basket sebelum kau melaksanakan permainan basket yang bahwasanya pada pertemuan berikutnya.

Berlatih shooting
  1. Siswa berlatih memasukkan bola basket ke ring.
  2. Guru memperlihatkan pola cara melaksanakan shooting yang benar.
  3. Siswa dikelompokkan berpasangan. Setiap kelompok diberi satu bola. Dengan pasangannya, siswa berlatih melaksanakan shooting ke ring sebanyak 10 kali.
  4. Siswa saling mengoreksi shooting yang dilakukan oleh temannya.
Berlatih driblling
  1. Siswa masih berpasangan, setiap pasangan diberi satu bola.
  2. Guru memperlihatkan pola gerakan dribbling yang benar.
  3. Siswa berlatih memantul-mantulkan bola (dribbling) di tempat, dribbling sambil berjalan, dan dribbling sambil berlari.
  4. Siswa berlatih dengan pasangannya secara bergantian.
Berlatih passing
  1. Siswa berlatih mengoper bola dengan pasangannya.
  2. Keterampilan yang dipelajari yakni mengoper bola basket (passing) ke dinding, mengoper bola secara berpasangan, dan mengoper bola secara berpasanga
Evaluasi
1. Apa yang dimaksud dengan Matahari sebagai sentra tata surya? Jelaskan.
Tata surya merupakan Matahari dan semua benda yang berputar mengelilinginya, yaitu planet; satelit alami menyerupai bulan; dan benda langit lainnya, menyerupai komet, asteroid, dan meteorit.

2. Apa yang dimaksud dengan pemanasan global?
Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata di Bumi, baik di darat, laut, maupun udara.

3. Mengapa pemanasan global sanggup terjadi? Jelaskan.
Efek rumah beling merupakan salah satu hal yang berperan besar dalam pemanasan global. Sebagian besar sinar Matahari yang mencapai permukaan Bumi akan dipantulkan kembali. Namun, ada pula lapisan gas yang menahan sebagian panas Matahari, menyerupai halnya beling pada rumah kaca

4. Tuliskan pola sikap insan yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.
Perilaku insan memakai kendaraan menjadi penyebab pemanasan global alasannya yakni pembakaran materi bakar fosil menghasilkan CO2. Perilaku insan menumpuk sampah menghasilkan gas metana, yang dihasilkan oleh pembuangan gas binatang atau pembusukan sampah.

5. Tuliskan efek pemanasan global bagi kenampakan Bumi dan kondisi lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
Adanya fenomena cuaca yang ekstrem di aneka macam belahan Bumi, beberapa spesies binatang punah, banjir alasannya yakni naiknya permukaan laut, dan sebagainya merupakan efek pemanasan global.

6. Apa perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab?
Hak yakni sesuatu yang pantas kita terima, kewajiban yakni sesuatu yang harus kita kerjakan/laksanakan, sedangkan tanggung jawab yakni bentuk tindakan sehabis mendapatkan hak.

7. Tuliskan pola hak yang harus kau dapatkan di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
Hak di sekolah yaitu berguru denga tenang, menerima bimbingan dari guru, sanggup berguru ilmu agama dan keterampilan, memakai akomodasi di sekolah, meminjam buku perpustakaan, perlakuan adil dari guru.

Hak di rumah diantaranya yakni :mendapat kasih sayang, menerima makan dan pakaian, menerima pendidikan dari ayah dan ibu, bermain dengan gembira, menerima perawatan ketika sakit, dan menerima dukungan dan perhatian

8. Tuliskan pola kewajiban yang harus kau lakuakn di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
Kewajiban siswa di sekolah
  • Mengikuti seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Meninggalkan lingkungan sekolah segera sehabis kegiatan yang diikutinya berakhir.
  • Mewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan, kekeluargaan dan kerindangan
  • Hadir di sekolah sebelum bel sekolah dibunyikan.
  • Memberi keterangan izin/sakit/berhalangan yang sah (dari orang tua/wali/dokter/polisi) pada dikala tidak masuk sekolah.
  • Siswa wajib mengikuti Upacara Bendera dan apel.
  • Siswa wajib memelihara seluruh akomodasi yang ada di lingkungan sekolah.
  • Menyiapkan, memakai dan memelihara seluruh peralatan dan perlengkapan berguru mengajar.
  • Mematuhi aneka macam ketentuan khusus yang mengatur pengunaan akomodasi di lingkungan sekolah.
  • Siswa wajib memakai pakaian sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan.
  • Rambut harus rapi, tidak dicat dan tidak mengganggu berguru (untuk siswa putra tidak melebihi kerah kemeja, alis mata dan telinga)
  • Siswa wajib membawa alat -alat berguru (buku paket, buku catatan, buku tugas, dan alat- alat tulis) 
  • Siswa tidak diperkenankan meninggalkan kelas tanpa seizin guru kelas atau guru piket.
  • Siswa dihentikan membawa barang-barang yang tidak bekerjasama dengan pelajaran ke sekolah.
  • Siswa wajib mengikuti ulangan yang diadakan sekolah..
Kewajiban siswa di rumah antara lain :
  1. Belajar dengan tekun
  2. Membereskan dan membersihkan kamarnya
  3. Menjaga Kebersihan Rumah
  4. Patuh Kepada Peraturan Orang Tua
  5. Menghormati Anggota Keluarga Lain
  6. Sayang Kepada Anggota Keluarga
  7. Meminta Ijin Orang Tua jikalau akan melaksanakan sesuatu
9. Tuliskan pola tanggung jawab yang harus kau dapatkan di sekolah dan di lingkungan rumah. (Sebutkan masing-masing 2)
Tanggungjawab siswa di sekolah antara lain :
  • Berbuat baik kepada guru dan sahabat di Sekolah
  • Membawa nama baik sekolah baik di lingkungan masyarakat maupun lingkungan sekolah.
  • Melaksanakan kiprah piket sesuai jadwal yang telah disepakati bersama.
  • Bertanggungjawab atas kenersihan dan kesehatan lingkungan sekolah

10. Perhatikan pola gambar berikut!

Pola apa yang kau temukan? Bangun penyusun + 1.
Dapatkah kau menggambar bentuk untuk gambar ke-10? Bagaimana caramu menemukannya? Jelaskan. 10 + 1 = 11
Gambarlah grafik yang sesuai dengan pola gambar tersebut.

11. Perhatikan tabel berikut.
Bangun keBanyak berdiri penyusun
11
24
37
410
513
Buatlah gambar berpola menurut tabel di atas!

Pola apa yang kau temukan? Bangun penyusun x 3 - 2
Bagaimanakah cara kau menggambar bentuk yang ke-10? Jelaskan caranya. 10 x 3 - 2 = 28.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar Dan Rahasianya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel