Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar Dan Rahasianya

Tahukah kau bahwa nama benda angkasa luar yang selalu mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya? Dinamakan apakah benda angkasa luar itu? Untuk menjawabnya, ayo cari tahu

Ayo Bacalah
Tahukah kamu, bahwa ada benda-benda angkasa luar bukan buatan insan yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya? Benda itu dinamakan satelit. Contohnya yaitu Bulan, ia selalu mengelingi Bumi. Oleh alasannya itu, Bulan dikatakan sebagai satelit alami Bumi. Begitu pula Bumi yang selalu mengelilingi Matahari, sehingga sanggup dikatakan Bumi merupakan satelit alami Matahari. Hal ini juga berlaku bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang, atau bahkan sebuah bintang yang mengelilingi sentra galaksi, tetapi jarang digunakan. Satelit-satelit ini setia mengorbit pada planetnya.

Namun, ada lagi satelit lain. Satelit ini merupakan objek buatan insan yang mengorbit Bumi dan berfungsi mengumpulkan serta mengembalikan data. Satelit ini biasanya dibentuk oleh suatu negara dengan tujuan biar masyarakatnya sanggup mendapatkan gosip penting dari orang lain dengan lebih mudah. Fungsinya antara lain mengirimkan data program televisi dan mengirimkan panggilan telepon dari satu benua ke benua lainnya untuk mempermudah komunikasi antarpenduduk yang berbeda wilayah. Satelit buatan juga dipakai untuk memperkirakan cuaca dengan mengukur awan, angin, dan suhu atmosfer dari angkasa luar.

Tuliskan kembali isi bacaan perihal satelit tersebut di atas pada kotak berikut. Hal-hal berikut ini harus ada di dalam tulisanmu.
  1. Apakah satelit itu?
  2. Perbedaan satelit alami dan satelit buatan.
  3. Dua manfaat satelit.
  4. Dua imbas keberadaan satelit bagi manusia.
Satelit alami yaitu benda angkasa luar bukan buatan insan yang mengorbit pada sebuah planet atau benda lain yang lebih besar. Salah satu pola satelit yaitu bulan yang mengitari bumi. Bumi mengelilingi matahari sehingga bumi merupakan satelit matahari. Contoh lain satelit yaitu planet yang mengelilingi bintang dan bintang yang mengelilingi sentra galaksi.

Selain satelit alami ada juga satelit buatan insan yang dipakai untuk mengumpulkan informasi. Perbedaan antara satelit alami dan buatan insan yaitu satelit alami berputar mengelilingi benda lain alasannya adanya gaya gravitasi, sedangkan satelit buatan mengelilingi bumi untuk tujuan memudahkan penyebaran informasi.

Satelit alami yang dimiliki bumi yaitu bulan berfungsi untuk menerangi Bumi pada malam hari dan menyeimbangkan perputaran siklus dari air maritim yaitu pasang air maritim Fungsi satelit buatan yaitu untuk mengirimkan program televisi dan mempermudah komunikasi, dan memperkirakan cuaca.

Satelit buatan mempunyai dapak faktual dan negatif bagi manusia. Dampak positi satelit buatan yaitu memberi akomodasi dalam aspek komunikasi menyerupai untuk siaran radio, televisi, telepon. Namun selain mempunyai imbas faktual satelit buatan juga mempunyai imbas negatuf yaitu satelit sanggup dipakai untuk acara jasus oleh suatu negara dengan mencuri gosip dari negara lainnya.

Ayo Diskusikan
Dengan adanya satelit buatan ini, hakmu sebagai warga negara untuk sanggup mengetahui gosip sudah terpenuhi. Kemudian, hak apalagi yang perlu kau dapatkan sebagai seorang anak selama kau di sekolah dan di rumah? Diskusikan dengan temanmu. Tuliskan kesudahannya (masing-masing minimal 3) disertai alasannya pada kotak di bawah ini.

Bagaimana dengan hak dan kewajibanmu dikala melaksanakan diskusi kelompok? Menurutmu, kewajiban apa yang harus kau lakukan dalam diskusi tersebut? Coba praktikkan dalam diskusi. Bersama kelompokmu, amati pola gambar berikut dan gambar grafiknya!

Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut!

a. Pola apa yang kau lihat pada gambar di atas? Bangun penyusun x 2 + 1
b. Dapatkah kau menggambar bentuk yang ke-10? 10 x 2 + 1 = 21
c. Berapa banyak kotak pada gambar yang ke-20? 20 x 2 + 1 = 41 kotak
d. Gambarlah grafik yang sesuai untuk pola gambar tersebut!

Ayo Mencoba
Buatlah gambar berpola ciptaanmu sendiri. Tentukan polanya.

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar Dan Rahasianya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel