Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 2 Bumiku Dan Musimnya

Pernahkah kau bertanya mengapa di negara kita hanya ada isu terkini hujan dan kemarau? Mengapa tidak menyerupai negara-negara di belahan Bumi utara atau selatan, yang mempunyai empat musim? Untuk memahami lebih lanjut, ayo kita pelajari.

Bacalah teks berikut di dalam hati!
Ada Dua, Ada Empat
Mungkin kau pernah bertanya-tanya di dalam hati, mengapa di Indonesia hanya ada isu terkini hujan dan isu terkini kemarau? Tidak menyerupai yang terjadi di negara-negara belahan Bumi utara atau selatan, yang mempunyai empat musim. Keempat isu terkini tersebut ialah isu terkini dingin, semi, gugur, dan panas. Di sana ada isu terkini hambar ketika Bumi diselimuti salju seputih kapas. Pada isu terkini semi bunga-bunga bermekaran dengan indahnya. Musim gugur, ketika daun-daun berwarna cokelat keemasan akan berguguran melepaskan diri dari batangnya. Ada pula isu terkini panas, ketika jangka waktu siang hari berlangsung sangat usang dan malam hari bahkan sanggup berlangsung hanya selama 4-5 jam saja.

Ternyata, perbedaan isu terkini itu terjadi lantaran poros rotasi Bumi mengalami kemiringan dalam perjalanannya ketika mendekati dan menjauhi Matahari selama sepanjang tahun. Pada bulan Desember, ketika poros di belahan Bumi kepingan utara mengalami kemiringan terjauh dari Matahari, maka pada ketika yang sama belahan Bumi itu paling sedikit mendapatkan sinar Matahari, sehingga terjadilah apa yang kita kenal sebagai isu terkini dingin.

Di sisi belahan Bumi kepingan selatan, pada waktu yang bersamaan, terjadi hal sebaliknya. Musim panas berlangsung lantaran kemiringan poros Bumi berada pada posisi terdekat dengan Matahari, sehingga belahan Bumi itu mendapatkan sinar Matahari paling banyak.

Sementara itu, pada kepingan ’tengah’ poros Bumi, yaitu kepingan yang erat dengan garis ekuator, poros tidak terlalu mengalami kemiringan, sehingga banyaknya sinar Matahari juga cenderung stabil sepanjang tahun. Pada kepingan Bumi ini, arah dan kecepatan anginlah yang berperan menghipnotis musim. Angin terjadi lantaran perbedaan tekanan udara.

Dua … ataupun empat isu terkini ialah sama-sama karunia Tuhan Yang Maha Esa. Semuanya harus kita syukuri, lantaran masing-masing menjadikan tempat-tempat di muka Bumi ini tepat dengan ciri khasnya masing-masing.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut!
1. Mengapa terjadi perbedaan isu terkini di Bumi? Perbedaan isu terkini di dunia disebabkan oleh kemiringan poros bumi ketika mendekati dan menjauhi matahari.

2. Apa yang mengakibatkan terjadinya isu terkini hujan dan isu terkini kemarau? Perubahan isu terkini di Indonesia terjadi lantaran adanya perbedaan pergerakan angin muson untuk wilayah-wilayah tertentu.

Ayo Cari Tahu
Yuk, kita amati dan baca keterangan di bawah ini!

Wilayah yang terletak pada garis tengah Bumi disebut wilayah ekuator. Ekuator ialah garis khayal yang mengelilingi kepingan tengah Bumi. Wilayah ini tidak mempunyai banyak isu terkini menyerupai di belahan Bumi utara dan selatan. Karena terus-menerus mendapatkan sinar Matahari, maka wilayah ini hanya mengalami 2 musim. Jika dalam beberapa Bulan curah hujan banyak, ketika itulah terjadi isu terkini hujan. Sebaliknya, ketika beberapa bulan lainnya curah hujan sedikit disebut isu terkini kemarau.

Ayo Ceritakan
Tulislah sebuah elaborasi mengenai perbedaan isu terkini yang ada di Bumi. Gunakan kosa kata baku dan tanda baca yang tepat!

Perbedaan Musim Di Bumi
Pergantian isu terkini di bumi dipengaruhi oleh revolusi bumi terhadap matahari. Posisi bumi yang miring 23 1/2 derajat mengakibatkan adanya ketika belahan bumi utara mendapatkan lebih banyak sinar matahari dan bumi selatan lebih sedikit, serta ada ketika belahan bumi selatan mendapatkan lebih banyak sinar matahari dan bumi selatan lebih banyak. Selama 365 hari bumi mengitari matahari, terjadi 4 isu terkini utama baik di belahan bumi selatan, maupun belahan bumi utara yang terjadi secara berganti-gantian. Empat isu terkini tersebut mencakup isu terkini panas (Summer), isu terkini gugur (Autumn), isu terkini semi (Spring), dan isu terkini hambar (Winter).

Pada 21-22 Juni, posisi belahan utara bumi berhadapan pribadi dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari daripada belahan bumi selatan. Hal ini mengakibatkan dari 22 Juni hingga 22 September belahan bumi utara mengalami isu terkini panas, sedangkan belahan bumi selatan mengalami isu terkini dingin.

Pada 22-23 September, kawasan di ekuator berhadapan pribadi dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Hal ini mengakibatkan dari 23 September hingga 21 Desember belahan bumi utara mengalami isu terkini gugur, sedangkan belahan bumi selatan mengalami isu terkini semi.

Pada 21-22 Desember, posisi di belahan bumi selatan berhadapan pribadi dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari daripada belahan bumi utara. Hal ini mengakibatkan dari 22 Desember hingga 21 Maret belahan bumi selatan mengalami isu terkini panas, sedangkan belahan bumi utara mengalami isu terkini dingin.

Pada 21-22 Maret, kawasan di ekuator kembali berhadapan pribadi dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Hal ini mengakibatkan dari 22 Maret hingga 21 Juni belahan bumi utara mengalami isu terkini semi, sedangkan belahan bumi selatan mengalami isu terkini gugur.

Ayo Menulis
Tentunya kau pernah mencicipi suasana pada isu terkini hujan atau panas, bukan? Bayangkan jikalau kau berada di salah satu isu terkini itu. Pilihlah sebuah musim. Buatlah sebuah goresan pena yang menjelaskan wacana isu terkini pilihanmu itu!

Dalam tulisanmu harus berisi wacana kondisi lingkungan, acara yang biasa dilakukan, pakaian yang dikenakan, dan makanan yang biasa dikonsumsi ketika isu terkini itu terjadi. Tulisanmu harus memperhatikan pemilihan kata dan kalimat yang efektif dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar!

Kemarau Panjang
Musim kemarau di Indonesia terjadi pada bulan April hingga Oktober. Musin kemarau disebabkan oleh hembusan angin muson timur yang bertiup dari Benua Australia yang bertekanan maksimum ke Benua Asia yang bertekanan minimum. Hembusan angin ini sedikit membawa uap air sehingga Indonesia mengalami isu terkini kemarau.

Ciri-ciri isu terkini kemarau yaitu sinar matahari mulai banyak terlihat dan bersinar sangat terik lantaran sinar matahari tidak dihalangi oleh awan atau mendung, suhu udara naik, Pada isu terkini kemarau hujan semakin jarang terjadi, sumber air tanah melimpah sedang air permukaan menurun balasannya tanah menjadi kering, debu-debu beterbangan. Selain itu flora juga banyak yang mati lantaran kekurangan air. Beberapa flora memang sengaja menggugurkan daunya untuk mengurangi penguapan.

Musim Kemarau panjang ialah Musim Kemarau yang sangat panas dengan jangka waktu yang panjang. Pemicu isu terkini kemarau yang panjang disebut tanda-tanda ENSO. Gejala ini dikenal sanggup memperpanjang durasi isu terkini kemarau sehingga menjadikan kekeringan berkepanjangan.

Pada ketika isu terkini kemarau siang hari terasa sangat panas dan malam hari terasa sangat dingin. Pada siang hari banya warga masyarakat yang memakai pakaian yang tipis supaya badan tidak kepanasan. Ada juga warga yang memakai pakaian warna putih supaya sinar matahari terpantul kembali dan sedikit sinar yang terserap. Sementara pada waktu malam hari biasanya kita memakai pakaian yang tebal supaya badan tetap terasa hangat.

Pada isu terkini kemarau biasanya banyak penyakit yang ditimbulkan oleh udara yang kering dan berdebu. Sebagai persiapan menghadapi udara kering dan berdebu biasakanlah makan makanan yang banyak mengandung air menyerupai contohnya buah semangka. Semangka sanggup membantu kita menghadapi teriknya isu terkini panas. Buah yang mengandung 92 persen air ini akan mencegah badan dari kekurangan cairan selama cuaca panas. Manfaat lainnya sanggup membantu badan tetap sejuk dan melindungi kulit dari ancaman sinar matahari. Selain itu kita juga sanggup meminum segelas es teh tentu akan menyegarkan dahaga di hari yang panas.

Saat musim-musim itu berlangsung, terkadang kita mendengar berita-berita wacana peristiwa di aneka macam tempat. Dari koran yang kau bawa, temukan artikel yang membahas wacana bencana, dan tempelkan gambar-gambar yang kau temukan pada kolom di bawah ini. Berikan komentarmu sesuai informasi yang diperoleh.

Ayo Analisis
Saat isu terkini hujan terjadi, masyarakat yang biasa tinggal di pinggir bantaran sungai sangat rawan terkena peristiwa banjir. Salah satu cara yang dilakukan ialah memindahkan pemukiman mereka supaya jauh dari bantaran sungai. Berikut data rumah gres siap huni untuk korban peristiwa banjir yang hidup di pinggir bantaran sungai. Data ini diambil pada setiap 2 bulan untuk melihat jumlah rumah yang siap huni.

1. a. Buatlah tabel data masuk dan data keluar menurut data gambar tersebut!
Data
Data MasukData Keluar
11 x 2 + 3 = 5
22 x 2 + 3 = 7
33 x 2 + 3 = 9
44 x 2 + 3 = 11
b. Temukan contoh yang ada pada kotak dat masuk dan kotak data keluaran! Data keluar ialah data masuk x 2 + 3.

2. Siswa kelas 6 menggelar acara bakti sosial untuk anak korban banjir. Setiap anak diberikan peralatan sekolah berupa 2 buku dan 3 pensil. Berapa banyak peralatan sekolah yang diberikan jikalau terdapat 45 anak korban banjir? Buku = 45 x 2 = 90, pensil = 45 x 3 = 135.

Gambarkan data peralatan sekolah yang diberikan untuk 5 orang anak di peta grid berikut ini!

3. Perhatikan tabel berikut!
Data
MasukanKeluaran
12
23
35
47
511
613
Gambarkan data tersebut pada peta grid!

Temukan contoh yang dibuat pada kolom masukan pada data tersebut! Pola pada data masukan ialah data masuk ditambah 1

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 2 Bumiku Dan Musimnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel