Macam Macam Sumber Energi Listrik

Sumber energi listrik ialah benda yang sanggup membangkitkan energi listrik  Energi listrik merupakan energi yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, energi ini termasuk energi yang sifatnya paling gampang untuk dikonversi ke bentuk energi lainnya. Listrik ialah salah satu bentuk energi yang sangat penting dan menjadi kategori kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan bagi kehidupan umat insan di kurun globalisasi ini selain masakan dan pakaian.

Hal ini terjadi lantaran hampir semua kebutuhan insan yang berkaitan dengan peralatan memakai listrik sebagai energinya. Sebut saja kipas angin , televisi , mesin cuci, bahkan pengaduk adonan kue. Secara garis besar, energi listrik sanggup diartikan sebagai salah satu faktor terpenting bagi kehidupan insan lantaran tak sedikit sekali peralatan yang biasa kita gunakan memakai listrik sebagai sumber energinya.

Energi listrik sendiri termasuk energi yang gampang diubah ke dalam aneka macam energi yang lainnya ibarat energi kalor, energi kimia, energi kinetik, energi suara dan energi cahaya. Lalu bagaimana mendapat energi listrik tersebut? Ya, kita akan mempelajari beberapa rujukan sumber energi listrik yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

A. Baterai
Baterai disebut juga elemen kering, lantaran elektrolitnya merupakan adonan antara serbuk karbon, kerikil kawi, dan salmiak yang berwujud pasta (kering). Baterai termasuk elemen primer. Elemen primer merupakan sumber arus listrik yang bersifat sekali pakai. Artinya jikalau sumber arus tersebut sudah habis energinya, maka tidak sanggup diisi kembali. Kamu harus mengganti sumber arus listrik tersebut dengan sumber arus yang baru.

Pada ujung baterai terdapat dua buah kutub yaitu kutub positif dan negatif. Lapisan seng berfungsi sebagai kutub negatif dan batang arang sebagai kutub positif. Batang karbon ini dikelilingi serbuk hitam yang merupakan elektrolit. Elektrolit ialah suatu zat yang larut atau terurai ke dalam bentuk ion-ion dan selanjutnya larutan menjadi konduktor elektrik. Bagian dari elemen kering ialah :
  • Kutub positif (anoda) terbuat dari batang karbon (C)
  • Kutub negatif (katoda) terbuat dari seng ( Zn)
  • Larutan elektrolit terbuat dari amonium klorida (NH4CI )
  • Dispolarisator terbuat dari mangan dioksida (MnO₂)

Pada permukaan luar baterai biasanya terdapat tulisan, contohnya 1,5 volt. Artinya, baterai tersebut bertegangan listrik sebesar 1,5 volt. Volt merupakan satuan yang dipakai untuk menyatakan tegangan listrik. Baterai mempunyai bobot yang sangat ringan sehingga gampang dibawa kemana-mana. Saat ini baterai dipakai oleh insan untuk bermacam-macam kepentingan, contohnya sumber energi pada lampu senter, jam dinding, radio, dan peralatan listrik lainnya.

B. Aki/Akumulator
Aki atau akumulator disebut juga elemen berair lantaran elektrolitnya berupa zat cair (asam sulfat). Aki temasuk sel sekunder, lantaran selain menghasilkan arus listrik, aki juga sanggup diisi arus listrik kembali. Pada dikala pengisian aki terdapat perubahan energi dari energi listrik menjadi energi kimia, sedangkan pada dikala memakai aki terjadi perubahan yang sebaliknya. Aki banyak dipakai untuk kendaraan bermotor dan juga kendaraan roda dua.

Aki terdiri dari beberapa penggalan yang saling berhubungan. Bagian dalam aki terdiri dari lempengan timbal dan timbal peroksida yang dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat. Lempengan timbal tersebut terdiri dari pelat Positif dan pelat Negatif, untuk pelat Positif dibentuk dari Timbal Peroksida, Sedangkan pelat Negatif hanya dibentuk dari logam timbal. Antara pelat positif dan pelat negetif diberi pemisah agar tidak bersinggungan yang sanggup menjadikan korelasi arus pendek. Timbal dan timbal peroksida ini bereaksi dengan asam sulfat, hasil reaksi kimia tersebut menghasilkan listrik.

C. Dinamo
Dinamo sepeda merupakan generator kecil yang sanggup menghasilkan arus listrik yang kecil pula. pada Dinamo sepeda prinsip kerjanya yaitu energi gerak di ubah menjadi energi listrik. Dinamo sepeda ini hanya menyalakan lampu depan dan belakang terangnnya lampu di tentukan oleh cepatnya roda berputar yang menjadikan di namo juga cepat dan arus listrik juga akn besar pula .

Dinamo sepeda pada dasarnya ialah sebuah magnet yang sanggup berputar dan sebuah kumparan tetap.bila roda sepeda diputar dan pada dinamo akan memutar sehingga roda akan memutar magnet biasanya dinamo sanggup menghasilakan tegangangan 6 hingga 12 Volt.

Dinamo terdiri dari kumparan yang ditempatkan di tengah medan magnet, ketika kepala dinamo (bagian yang melekat pada ban sepeda) berputar kumparan tersebut juga ikut berputar. Perputaran kumparan di dalam medan magnet menghasilkan energi listrik. Kecepatan perputaran roda sepeda mensugesti besar arus listrik yang dihasilkan. Semakin cepat roda berputar semakin besar energi listrik yang dihasilkan. Kaprikornus dinamo mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

D. Generator
Pengertian Generator Listrik ialah sebuah mesin yang sanggup mengubah energi gerak (mekanik) menjadi energi listrik (elektrik). Pada generator cara kerjanya hampir sama dengan dinamo, namun energi listrik yang dihasilkan lebih besar. Generator yang besar biasanya digerakkan oleh kincir besar atau turbin. Turbin diputar dengan memanfaatkan tenaga air dari bendungan atau dam.

Energi yang menggerakkan generator sendiri sumbernya bermacam macam. Padapembangkit listrik tenaga angin contohnya generator bergerak lantaran adanya kincir yang berputar lantaran angin. Demikian pula pada pembangkit pembangkit listrik tenaga air yang memanfaatkan energi gerak dari air. Sedang pada pembangkit listrik gerak dari generator didapatkan dari proses pembakaran materi bakar diesel.

Energi listrik yang dihasilakan oleh generator dialirkan ke rumah-rumah. Di dalam rumah listrik dialirkan ke rangkaian listrik, sehingga sanggup dipakai untuk penerangan. Generator dibedakan menjadi generator DC dan generator AC.

Generator DC merupakan sebuah perangkat mesin listrik dinamis yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Generator DC menghasilkan arus DC / arus searah. Pada umumnya generator DC dibentuk dengan memakai magnet permanent dengan 4-kutub rotor, regulator tegangan digital, perlindungan terhadap beban lebih, starter eksitasi, penyearah, bearing dan rumah generator atau casis, serta penggalan rotor.

Generator DC terdiri dua bagian, yaitu stator, yaitu penggalan mesin DC yang diam, dan penggalan rotor, yaitu penggalan mesin DC yang berputar. Bagian stator terdiri dari: rangka motor, belitan stator, sikat arang, bearing dan terminal box. Sedangkan penggalan rotor terdiri dari: komutator, belitan rotor, kipas rotor dan poros rotor.

E. Sel Surya
Matahari merupakan sumber energi yang sangat besar. Energi matahari berupa energi panas dan cahaya. Seiring perkembangan teknologi, energi matahari sanggup diubah menjadi energi listrik. Alat yang bisa mengubahnya disebut sel surya. Sel surya atau juga sering disebut fotovoltaik ialah alat yang bisa mengkonversi eksklusif cahaya matahari menjadi energi listrik.

Sel surya sanggup dipasang di atap rumah. Sel surya akan menangkap energi matahari dan menyimpannya dalam elemen listrik. Selanjutnya, energi tersebut sanggup dipakai untuk menyalakan peralatan listrik. Selain itu, sel surya juga dipakai pada kalkulator dan kendaraan beroda empat tenaga surya. Stasiun-stasiun luar angkasa juga memanfaatkan energi matahari.

6. Energi Nuklir
Nuklir. Nuklir merupakan sumber energi yang sangat besar. Energi nuklir dihasilkan dari reaksi atom di dalam sebuah reaktor. Nuklir sanggup dipakai sebagai materi pembuat bom atom. Selain itu, nuklir sanggup dipakai sebagai pembangkit listrik. Penggunaan nuklir sebagai sumber energi listrik tidak menimbulkan polusi. Hanya saja, kebocoran nuklir perlu diwaspadai. Kebocoran sanggup mengakibatkan cacat tubuh, bahkan kematian.

0 Response to "Macam Macam Sumber Energi Listrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel