Pembelajaran 4 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif

Salah satu energi yang memengaruhi aktivitas kita ialah energi gravitasi bumi. Dengan adanya energi gravitasi, insan tetap sanggup bergerak bebas di atas permukaan bumi. Energi gravitasi bumi juga yang menimbulkan benda-benda yang kita lemparkan akan jatuh kembali ke permukaan bumi. Buah jatuh dari atas pohon juga tanggapan adanya energi gravitasi.

Nah, berikut ini ialah teladan aktivitas yang sangat dipengaruhi oleh energi gravitasi. Perhatikanlah gambar berikut ini. Mari berlatih melaksanakan gerakan menyerupai pada gambar. Lakukan pemanasan terlebih dahulu, semoga tidak terjadi cedera otot.

Gantungan ialah posisi statis di mana pundak berada di bawah suatu alat. Banyak pola gerak lain (seperti ayunan dan locomotion) yang berawal dari posisi menggantung sehingga kemampuan ini perlu dikembangkan terlebih dahulu. Latihan menggantung tidak sanggup diabaikan, alasannya ialah sanggup menyebarkan kekuatan dan daya tahan pegangan (grip) dalam banyak sekali posisi yang mungkin dilakukan, sehingga menyebarkan juga kemampuan orientasi ruangnya. Hal ini berlaku juga dalam hal tumpuan, sehingga kekuatan dan daya tahan referensi harus dikuasai terlebih dahulu sebelum digabungkan dengan gerakan-gerakan lokomotor dan ayunan.

Ayunan ialah suatu gerak melingkar yang berporos di luar tubuh atau benda yang bergerak. Ayunan merupakan bab yang integral dengan senam dan sanggup diperkenalkan pada tingkat keterampilan manapun. Kegiatan-kegiatan pendahuluan yang berkaitan dengan gantungan dan tumpuan, termasuk banyak sekali macam pegangan (grip) dan posisi tubuh selama menggantung atau bertumpu merupakan dasar utama dari pembentukan keterampilan mengayun.

Ayo Lakukan
Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh sangat penting. Apalagi bagi anak yang masih dalam pertumbuhan. Pada masa pertumbuhan terjadi perubahan berat dan tinggi badan. Oleh alasannya ialah itu berat tubuh dan tinggi tubuh harus diukur secara teratur.

Pengukuran yang teratur untuk mengetahui apakah pertumbuhan tinggi dan berat tubuh kita dari waktu ke waktu. Makin berat dan tinggi tubuh seseorang, makin besar energi yang diharapkan dan makin besar pula energi yang sanggup dihasilkan.

Nah, kini berlatihlah mengukur berat tubuh dan tinggi tubuh temanmu. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 5 orang. Siapkan alat ukur berat dan tinggi badan. Tuliskan hasil pengukuranmu di sini.
No.NamaBerat Badan (kg)Tinggi Badan (cm)
1.Udin22125
2.Lina26130
3.Edo24138
4.Wawan32136
5.Lani34140
Setelah mendapatkan data berat dan tinggi tubuh teman, buatlah grafik batang menurut data tersebut.

Ayo Pikirkan
Di antara teman-teman di sekolah niscaya ada perbedaan berat dan tinggi badan. Ada yang gemuk, ada yang kurus. Ada yang tinggi, ada pula yang pendek. Yang gemuk harus menghormati yang kurus dan sebaliknya. Yang tinggi harus menghormati yang pendek, juga sebaliknya.

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Bukan hanya pada berat dan tinggi badan. Kita harus saling menghargai dan menghormati kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mengetahui dan mendapatkan kekurangan dan kelebihan diri sendiri perlu dilatih semenjak kecil. Begitu pula mendapatkan dan mengetahui kekurangan dan kelebihan orang lain.

Mari kita berlatih untuk mendapatkan dan mengakui kekurangan dan kelebihan diri sendiri dan orang lain. Duduklah melingkar dalam satu kelompok. Sampaikan kepada teman-teman kelompokmu apa kekurangan dan kelebihanmu. Kemudian mintalah teman-temanmu memberikan kekurangan dan kelebihanmu

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel