Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar

Penjelajahan Galileo Galilei dengan teropongnya sanggup membuka wawasan insan untuk semakin meneliti alam semesta. Siapa lagi ya tokoh astronomi yang menjelajah angkasa luar? Untuk mengetahuinya, ayo pelajari uraian berikut ini.

Pada tahun 1500 ada seorang tokoh astronomi Polandia berjulukan Nicolaus Copernicus. Ia memperkenalkan gagasan bahwa Bumi dan planetplanet lainnya mengelilingi Matahari. Awalnya orang-orang tidak memercayai perihal hal itu. Namun, gagasan Copernicus perihal planet mengelilingi Matahari terbukti benar. Penemuan itu terus berkembang. Apakah kau pernah membayangkan dari mana asal mula namanama planet?

Cobalah kau cari isu dari banyak sekali sumber, untuk dibahas bersamasama pada pertemuan berikutnya.

Ayo Temukan
Penjelajahan para andal astronomi ke angkasa luar menciptakan pengetahuan perihal planet-planet semakin berkembang. Salah satunya, dengan ditemukannya bahwa suhu planet berbeda-beda. Berikut disajikan data mengenai suhu planet!

Hubungan antara planet dan suhu juga sanggup dituliskan dalam bentuk grafik. Jika kau membaca grafik berikut ini, apakah kau sanggup menuliskan pasangan titik antara planet dan suhu?

Bagaimana dengan suhu planet-planet lain? Cobalah kau temukan pasangan titik antara planet-planet dan suhunya.

Ayo Lakukan
1. Tuliskan pasangan titik untuk grafik Kartesius berikut.

2. Gambarkan data berikut ke dalam bidang Kartesius.

Data masuk (x)Data keluar (y)Pasangan titik (x,y)
14(1,4)
28(2,8)
312(3,12)
416(4,16)
Bagaimana relasi data masuk dan data keluar pada tabel di atas? Data keluar = data masuk x 4
Tuliskan persamaannya! y = x + 4.

3. Perhatikan grafik berikut!

Dari grafik di atas tulislah relasi titik yang menyatakan x dan y.
  • Pola apa yang kau lihat pada grafik di atas? Data keluar sama dengan data masuk  x 2 + 2
  • Tuliskan persamaan dari pola tersebut. y = x x 2 + 2
  • Jika x= 7, dimanakah letak titik koordinatnya? y = 7 x 2 + 2 = 14 + 2 = 16 koordinat (7,16)
  • Bagaimana kau menemukan jawabannya?
  • Jika y=20, dimanakah letak titik koordinatnya?  20 = x x 2 + 2, x = 20 - 2 : 2 = 18 : 2 = 9 koordinat (9,20)
  • Bagaimana kau menemukan jawabannya?
Ayo Cari Tahu
Ternyata, suhu di setiap planet berbeda. Menurutmu, apa yang memengaruhi suhu di setiap planet? Suhu rata-rata di Bumi yaitu 150C. Suhu ini yaitu suhu yang paling ideal bagi makhluk hidup. Saat ini, beberapa ilmuwan menyatakan bahwa Bumi yaitu planet yang paling istimewa.

1. Mengapa bumi disebut planet istimewa, sehingga makhluk hidup sanggup tinggal di planet ini? Coba jelaskan! Bumi mempunyai udara dan air serta suhu yang mendukung kehidupan.

2. Apakah mungkin kita sanggup tinggal di planet lain? Mengapa? Jelaskan. Tidak bisa, alasannya di planet lain insan tidak sanggup menyesuaikan diri dengan keadaan planet tersebut. hanya bumi yang cocok sebagai kawasan tinggal manusia. Manusia membutuhkan oksigen untuk bernapas.

3. Planet mana yang sanggup kita huni selain Bumi? Mengapa? Jelaskan. Tidak ada alasannya di planet lain tidak ada yang menyerupai bumi yang mempunyai air, dan udara yang kondusif bagi manusia

4. Para andal astronomi menyatakan bahwa hingga dikala ini masih belum ada planet yang sanggup dihuni oleh insan selain Bumi. Melihat hal itu, apakah hak dan kewajiban kita sebagai manusia? Sebagai insan kita wajib menjaga dan melestarikan bumi.

Ayo Bacalah
Menjaga Air Bersih dan Berhemat Air Bersih untuk Keselamatan Bumi
Jakarta – Tanggal 22 April 2013 yaitu Hari Bumi, dan pada tanggal itu masyarakat di seluruh dunia kembali memeringati hari penting dan bersejarah. Setidaknya, lebih dari 175 negara secara serentak merayakan Hari Bumi secara bersama. Hari Bumi yang diperingati pertama kali pada 22 April 1970 ini awalnya dicetuskan oleh seorang senator asal Amerika Serikat berjulukan Gaylord Nelson, yang juga seorang penggagas berprofesi sebagai pengajar lingkungan.

Saat pertama kali diperingati, Hari Bumi dihadiri oleh sekitar 20 juta warga AS. Peringatan Hari Bumi mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia pada tahun 1990. Namun, semenjak 2009 AS menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Bumi Internasional.

Hari Bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap lingkungan hidup. Oleh karenanya, banyak agresi evakuasi Bumi yang diusung oleh banyak sekali pihak, baik pemerintah, pihak swasta, maupun LSM untuk memperingati hari tersebut.

Di tengah kondisi Bumi yang sekarang sangat memprihatinkan, menyerupai mulai terjadinya pemanasan global dan adanya pencemaran lingkungan secara besar-besaran, upaya evakuasi memang sangat dibutuhkan. Untuk memperingati Hari Bumi, ada banyak upaya gampang yang sanggup dilakukan oleh setiap orang. Misalnya, dengan menjaga air dan menangani sanitasi. Dalam menjaga air, ada banyak langkah, contohnya tidak mencemari air dengan membuang sampah sembarangan ke sungai, kali, maupun waduk. Juga dengan menghemat air bersih!

Selain itu, hal lain yang sanggup dilakukan ialah tidak menjalankan kegiatan menyerupai mencuci atau mandi di sumber-sumber air tersebut, alasannya akan mencemari air.

Dalam menangani sanitasi, langkah yang sanggup dilakukan yaitu dengan tidak buang hajat/air seni di sembarang tempat. Melalui peringatan Hari Bumi, mari kita serentak dan setuju bersama selamatkan Bumi dengan menjaga air, menghemat air bersih, dan menangani sanitasi untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Selamat Hari Bumi 2013. (Ditpam/yys)

Ayo Diskusikan
Diskusikan dengan kelompokmu hal-hal berikut.
  1. Mengapa Hari Bumi diperingati? Hari bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap lingkungan hidup
  2. Mengapa kita perlu menjaga dan menghemat air bersih? Karena jikalau tidak menghemat penggunaan air higienis dan penggunaannya tidak dibatasi, besar kemungkinan air higienis akan sulit didapatkan.
  3. Apa yang akan terjadi jikalau air yang ada di Bumi tercemar? Jika air di bumi terkontaminasi maka insan kesulitan mendapat air higienis dan kesehatannya terganggu.
  4. Apa kewajibanmu terhadap air yang ada di Bumi? Kewajiban kita terhadap air yaitu menggunakannya secara bijak dan selalu berusaha menjaga kelestarian air bersih.
  5. Apa hakmu terhadap air yang ada di Bumi? Hak kita terhadap air yang ada di bumi yaitu memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan.
  6. Apa yang sanggup kau lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga air di Bumi? Untuk menjaga iar di bumi sanggup dilakukan dengan menghemat penggunann air bersih, menambah luas hutan lindung, melaksanakan penghijauan, dan lain-lain.
Ayo Lakukan
Tulislah contoh-contoh kegiatan menjaga Bumi yang sanggup dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga air higienis dan menghemat air.

Ayo Berkreasi
Sekarang buatlah miniatur planet. Berhitunglah 1 hingga dengan 8. Kamu akan menciptakan planet sesuai dengan urutan nomor. Misalnya, jikalau kau mendapat urutan nomor 1, maka kau akan menciptakan Planet Merkurius. Berikut ini yaitu kriteria penilaiannya.
  1. Gunakan teknik menggunting, mengelem, dan melekat yang benar.
  2. Warnai planet sesuai dengan warna urutan planet dan karakteristiknya.
  3. Lakukan kegiatan ini dengan rapi.
Untuk menciptakan miniatur planet lakukan langkah-langkah berikut.
Alat dan Bahan
Balon/bola plastik, cat, kuas, tali rafia, koran bekas, dan lem.

Cara Mengerjakan

  1. Tiup balon/bola dengan ukuran yang sesuai, kemudian tempelkan kertas koran hingga seluruh per mukaan balon/bola.
  2. Jemurlah balon/bola yang dibungkus koran di bawah terik Matahari
  3. Warnailah ‘planet’ dengan cat sesuai warnanya
  4. Jemurlah sekali lagi di bawah terik Matahari, kemudian gantungkan di kelas sebagai materi belajar
Para penjelajah angkasa luar berusaha meneliti kemungkinan insan hidup di planet lain. Namun, hingga dikala ini masih belum sanggup dipastikan bahwa insan sanggup hidup di planet lain selain di Bumi. Bumi yaitu planet terbaik untuk manusia. Menurutmu, apakah kau sudah menjadi penduduk yang baik untuk Bumi?

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel