Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif

Ayo Membaca
Air Sumber Energi Alternatif
Energi alternatif majemuk jenisnya. Salah satu sumber energi alternatif yaitu air. Energi air dimanfaatkan untuk majemuk keperluan.

Sebagai pengganti materi bakar minyak, air dipakai untuk pembangkit listrik. Untuk penerangan, orang banyak memakai materi bakar minyak.

Sekarang ini untuk penerangan orang lebih banyak memakai energi listrik. Bahkan ketika ini sudah diproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik.

Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat di tempat perkotaan.

Listrik dari hasil tenaga air tergolong energi yang tidak pernah habis, namun kita tetap harus menggunakannya dengan hemat.

Ayo Ceritakan Kembali
Ceritakanlah kembali bacaan di atas dengan bahasamu sendiri. Ceritakan di depan teman-teman dan gurumu. Setelah itu tulislah apa yang kau pahami dari bacaan tersebut di kertas.
Salah satu energi alternatif yaitu air. Enerdi alternatif air dipakai untuk menggantikan materi bakar minyak. Air dipakai untuk pembangkit listrik tenaga air. Listrik dipakai penerangan dan kendaraan listrik. Listrik merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat. Energi listrik tenaga air merupakan energi alternatif yang harus dihemat penggunaannya.
Ayo Amati
Listrik ketika ini sudah merupakan kebutuhan yang sangat penting. Hampir semua keluarga terutama di kota besar mempunyai kebutuhan akan listrik. Besarnya listrik yang diharapkan masing-masing keluarga berbeda.

Listrik di rumah sanggup dipakai untuk menyalakan lampu, menyalakan mesin air, menanak nasi,
menyalakan kipas angin, menyalakan lemari es, menyalakan radio, dan menyalakan televisi.Kita sanggup mendata penggunaan listrik di rumah kita masing-masing dan menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik batang ibarat berikut ini.

Tabel Data Penggunaan Listrik
No.Jenis penggunaan listrikBesarnya
1.Lampu100 watt
2.Mesin Air450 watt
3.Penanak Nasi250 watt
4.Kipas Angin50 watt
5.Lemari Es150 watt
6.Radio100 watt
7.Televisi150 watt

Ayo Lakukan
Setelah mencermati tabel data dan grafik batang di atas, lakukan acara berikut ini! Untuk apa saja listrik dipakai di sekolahmu?

Tanyakan berapa watt untuk masing-masing kebutuhan. Misalnya berapa watt untuk lampu. Berapa watt untuk mesin air, dan sebagainya. Setelah kau mendapat data tersebut, masukkan datanya ke dalam tabel data. Kemudian buatlah grafik batang menurut data pada tabel. Tabel Penggunaan Listrik Kumpulkan data penggunaan listrik di sekolahmu.
No.Jenis penggunaan listrikBesarnya
1.Lampu300 watt
2.LCD Projector200 watt
3.Komputer150 watt
4.Kipas Angin100 watt
5.Bel Listrik50 watt
6.Pompa Air130 watt

Ayo Pikirkan
Sikap hemat yaitu sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ke-5 Pancasila. Salah satu butir pengamalan sila kelima yaitu tidak memakai hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan. Perhatikan gambar berikut ini!

Apa pendapatmu perihal sikap anak yang ada pada gambar tersebut? Perilaku anak pada gambar tersebut yaitu sikap yang tidak sesuai dengan Pancasila.

Tuhan juga memerintahkan kepada kita biar tidak melaksanakan pemborosan. Seseorang yang melaksanakan sikap pemborosan berarti tidak peduli dengan orang lain dan tidak peduli dengan alam ini. Padahal alam ini yaitu tempat tinggal semua makhluk hidup.

Perhatikan gambar-gambar berikut ini. Beri tanda (√) untuk sikap yang menunjukkan sikap hemat. Beri tanda (x) untuk sikap yang menunjukkan sikap pemborosan.

Perilaku hemat listrik perlu dibiasakan semenjak dini. Perilaku hemat listrik sanggup dimulai dari hal-hal kecil yang sering kita lakukan sehari-hari ibarat mematikan lampu yang tidak digunakan, mematikan televisi ketika tidak ditonton dan masih banyak pola yang lainnya.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Energi Alternatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel