Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan Yang Menakjubkan

Sadarkah kau bahwa keteraturan alam sanggup bermanfaat bagi kehidupan? Apa ya contohnya?

Keteraturan di Alam Semesta
Pernahkah kau mendengar wacana rasi bintang? Rasi bintang ialah garis khayal yang dihubungkan di antara titik-titik ribuan bintang dalam kelompok tertentu. Tahukah kau bahwa dahulu insan mengandalkan rasi bintang sebagai penunjuk arahnya ketika bepergian di malam hari? Bahkan sampai kini para pengarung samudera masih menggunakannya sebagai penunjuk arah.

Berbagai bangsa di dunia mempunyai bintang-bintang istimewa sebagai penunjuk arah dan penunjuk musim. Orang Dayak di Indonesia, orang Polynesia di Hawaii, orang Bedouin di Arab, orang Eskimo di Kutub Utara, orang Maori di Selandia Baru menentukan bintang istimewanya sendiri. Mengapa konstelasi bintang sanggup menjadi penunjuk arah?

Telah kita ketahui bahwa bumi berotasi dan berevolusi dengan keteraturannya! Itulah sebabnya mengapa di arah langit yang sama pada waktu yang sama, maka pola bintang yang terbentuk akan sama. Itulah sebabnya, pada waktu tertentu Rasi Bintang Biduk menjadi penunjuk arah Utara. Itulah sebabnya, pada waktu tertentu Rasi Bintang Ikan Pari menjadi penunjuk arah Selatan.

Kini telah ditemukan kompas, teknologi GPS (Global Positioning System), serta aneka macam alat berteknologi canggih untuk memberikan arah. Namun, sejarah peradaban pertanda bahwa keteraturan alam semesta tidak hanya untuk dikagumi, tetapi untuk dimanfaatkan oleh penghuni Bumi.

Ternyata tidak hanya angkasa luar yang mempunyai keteraturan. Ketika berlayar, Bangsa Polynesia mengamati dengan teliti alam sekitarnya. Burung yang terbang sanggup menjadi penanda ada daratan di sekitar lautan. Mengamati aneka macam fenomena keteraturan di alam sekitar, mempermudah acara manusia.

Apakah kalian sanggup menemukan lagi keteraturan alam yang bermanfaat bagi kehidupan?

Ayo Bekerja Sama
Setelah mengetahui wacana referensi keteraturan alam, cobalah bekerja sama dengan teman-temanmu. Buatlah 1 kelompok paling banyak 3 orang. Jawablah pertanyaan berikut. Sampaikan hasil diskusi kalian kepada kelompok lain. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam kotak berikut. Buatlah dalam bentuk peta pikiran, tabel, atau bentuk lain yang menarik semoga gampang dipahami.

1. Bagaimanakah dampak keteraturan alam semesta terhadap kehidupan insan pada zaman dahulu dan masa sekarang? Pilihlah salah satu antara dampak terhadap ekonomi, sosial, pendidikan, atau budaya. Jelaskan dampak tersebut.
  • Pada zaman dulu para pelaut memakai rasi bintang sebagai panduan penentu arah, tetapi pada masa kini telah dibentuk perlengkapan alat yang canggih untung navigasi yaitu GPS.
  • Rasi bintang orion ini/waluku dalam bahasa Indonesia sering dijadikan sebagai tanda bagi para petani jaman dulu untuk mulai menggarap sawah dan ladangnya, lantaran biasanya muncul pada ketika animo penghujan. Saat ini sudah ada prakiraan animo yang dikeluarkan oleh BMKG.
2. Dengan adanya perkembangan teknologi pada masa sekarang, apakah keteraturan di alam semesta ini menjadi tidak bermanfaat? Jelaskan alasanmu.

Keteraturan dialam tetap bermanfaat di jaman yang serba modern ini lantaran semua teknologi yang ada pada ketika ini ialah hasil pengembangan yang dipelajari dari keteraturan alam tersebut.

Di kala modern ini, rasi bintang masih mempunyai fungsi simpel bagi para astronom. Rasi bintang memudahkan para astronom untuk menentukan nama-nama bintang. Seperti contohnya bintang Alpha Centauri, yang merupakan bintang paling terang (Apha) di rasi bintang Centaurus (Centauri).

Temukan Jawabannya
Banyak sekali benda angkasa luar di alam semesta ini. Selain bintang dan planet, banyak juga sampah di sana, di antaranya satelit dan pendorong roket yang sudah tidak berfungsi lagi. Dapatkah kau ketahui letaknya masingmasing? Coba bayangkan letak tiap-tiap benda tersebut dalam bidang koordinat Kartesius berikut. Setiap benda diwakili oleh sebuah titik.

BendaNama BendaKoordinatBendaNama BendaKoordinat
A Bintang(2,0)FJupiter(9,4)
B Uranus(0,3)GSatelit(3,9)
C Satelit(1,5)HPeluncur Roket(5,11)
D Mars(4,6)IPeluncur Roket(12,1)
E Bintang(5,3)JSaturnus(8,7)
Ayo Berlatih
Sekarang cobalah melaksanakan acara yang sama. Buatlah bidang koordinat Kartesius. Letakkan titik-titik posisi benda-benda angkasa luar yang kalau titiktitik itu ditarik garis maka akan membentuk suatu gambar. Tentukan pasanganpasangan titik dari posisi yang kau buat. Mintalah temanmu menebak gambar tersebut.

BendaNama BendaKoordinatBendaNama BendaKoordinat
A Saturnus(2,1)FMars(10,10)
B Jupiter(8,4)GJupiter(8,15)
C Bintang(14,1)HBintang(6,10)
D Pendorong Roket(11,6)IMars(0,8)
E Satelit(16,8)JSatelit(5,6)
Ayo Ceritakan
Pada pembelajaran 2 kau telah berkreasi menciptakan peta angkasa luar dengan memakai kalender bekas dan materi lainnya. Bagaimana hasil kreasimu? Hal-hal apa lagi yang perlu kau perbaiki dari kreasimu tersebut? Sekarang presentasikan peta angkasa luarmu kepada temanmu.

Perhatikan hal-hal penting berikut sebelum melaksanakan presentasi : Kontak mata, Suara yang keras dan jelas, Gerakan tubuh, Ekspresi wajah, Intonasi, dan Jeda.

Pasanglah petamu bersama peta teman-temanmu di dinding kelas atau di daerah lain. Ajaklah teman-temanmu menikmati hasil karyamu. Kamu sanggup memberikan hal-hal berikut.

Posisi benda-benda angkasa luar yang kau buat pada koordinat Kartesius

Cerita perjalanan pesawatmu menjelajahi angkasa luar dengan menyebutkan koordinat-koordinat posisi pesawat. Kamu sanggup meminta temanmu menyebutkan beberapa koordinat, lalu kau meletakkan pesawatmu pada posisi yang diminta.

Apakah karyamu sudah sesuai dengan langkah-langkah pembuatan?
Apakah karyamu sudah memberikan kerapian dan ketelitian?
Bertanyalah kepada teman-temanmu, apakah hasil karyamu sudah baik atau belum? Apa saja saran yang sanggup mereka berikan?

Bergantianlah menikmati hasil karya teman-temanmu yang lain. Pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sanggup kau ejekan kepada teman-temanmu?

Ayo Menulis
Tulislah refleksi acara festival tersebut dalam kotak berikut menurut pertanyaan-pertanyaan di atas. Tentu kau sanggup menambahkan hal-hal lain yang kau anggap penting untuk perbaikan hasil karyamu berikutnya. Pada kotak kecil di sebelah kanan, gambarlah wajahmu yang menggambarkan perasaanmu terhadap hasil karya ini. (Apakah kau senang, sedih, atau kecewa).sudah rapi lantaran kami kerjakan dengan teliti.

Ayo Diskusikan
Berikutnya, ajaklah dua orang temanmu untuk berdiskusi apakah acara festival dan presentasi tersebut telah memberikan keteraturan. Jika ya, apa dampaknya bagi acara festival kalian? Jika tidak, apa dampaknya? Apa yang sanggup kalian lakukan untuk mempertahankan atau memperbaikinya? Tuliskan hasil diskusimu dalam kotak berikut.

Presentasi yang kami lakukan telah memberikan keteraturan sehingga presentasi yang kami lakukan sanggup berjalan dengan lancar. Namun ada beberapa belahan yang perlu diperbaiki untuk acara presentasi yang akan datang.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan Yang Menakjubkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel