Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu

Kita sudah mempelajari tokoh-tokoh dunia dengan penemuannya. Lalu, sikap-sikap menyerupai apakah yang harus dimiliki untuk menjadi seorang penemu? Ayo, kita berguru dari sikap

Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison yaitu salah satu ilmuwan paling populer alasannya yaitu beberapa penemuannya yang bisa membawa perubahan dalam kehidupan insan di dunia.

Rasa ingin tahu yang tinggi dan tekad berpengaruh mengawali serangkaian penemuannya. Pada umur 21 tahun Edison membuat inovasi pertama yaitu perekam bunyi elektronik. Tidak usang kemudian, ia juga menemukan dan menyempurnakan mesin telegram yang secara otomatis mencetak huruf. Puncak penemuannya terjadi pada tahun 1879, yaitu lampu pijar. Ia harus mengalami 999 kali kegagalan sampai risikonya menemukan materi tahan panas untuk lampu pijarnya.

Selain itu, Edison juga merancang dan menyempurnakan lebih dari 1000 penemuan, antara lain: menyempurnakan kamera film, proyektor, telepon, telegram dan mesin tik. Ia juga menemukan mesin dikte dan mesin kopi. Thomas Alva Edison, dengan tekad kuat, keuletan, dan semangat pantang mengalah sampai menghasilkan sejumlah inovasi yang sangat bermanfaat, sungguh patut untuk teladani.

Ayo Diskusikan
1. Diskusikan bersama seorang teman:
b. Nilai-nilai keteladanan Thomas Alva Edison.
  • Rasa ingin tahu yang tinggi dan tekad berpengaruh mengawali serangkaian penemuannya.
  • Ketekunan, tak gampang mengalah dan keinginan untuk terus memperbaiki penemuannya.
  • Tekad kuat, keuletan, dan semangat pantang mengalah sampai menghasilkan sejumlah inovasi yang sangat bermanfaat
c. Contoh perilaku dari setiap nilai dalam kehidupan sehari- hari.
  • Rasa ingin tahu ditunjukan dengan berguru dengan ulet setiap hari.
  • Ketekunan ditunjukan dengan selalu berusaha sekuat tenaga untuk mencapai cita-cita.
  • Keuluten ditunjukan dengan selalu berusaha tanpa mengenal mengalah sebelum tujuan tercapai.
d. Manfaat setiap nilai tersebut bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.
  • Manfaat rasa ingin tahu yang tinggi memacu kita untuk selalu berguru dan berguru tanpa mengenal lelah.
  • Manfaat perilaku ketekunan membentuk langsung yang selalu berusaha dan tidak kenal menyerah.
  • Manfaat keuletan mempunyai kegunaan untuk melatih diri biar tidak gampang mengalah oleh keadaan.
Ayo Cari Tahu
Menemukan Arus Listrik pada Benda-Benda di Sekitar Kita
Alat dan bahan:
  • Balon, penggaris, atau sisir plastik.
  • Kain wol atau plastik.
  • Serpihan kertas.
  • Rambut.
  • Beragam benda dari materi yang berbeda: logam, kayu, kain jenis lain.
Langkah percobaan:

  1. Dekatkan balon, sisir, dan penggaris plastik secara bergantian pada serpihan kertas. Lihat apa yang terjadi.
  2. Gosokkan balon, sisir, dan penggaris plastik pada kain wol atau selembar plastik (gosokkan bolak-balik searah dan berulang-ulang).
  3. Dekatkan balon, sisir plastik, dan penggaris plastik yang sudah digosok tersebut kepotongan kecil kertas atau rambutmu.
  4. Amati yang terjadi.
Jawab pertanyaan berikut, menurut hasil percobaan:
1. Apa yang terjadi pada kertas dan rambut yang didekatkan pada balon, sisir dan penggaris plastik, yang:
Belum digosok: rambut tidak terangkat
Sudah digosok: rambut terangkat

2. Apa perbedaan antara balon, sisir, dan penggaris plastik yang belum digosok dan sudah digosok?
Perbedaan antara balon, sisir, dan penggaris plastik yang belum digosok dan sudah digosok: balon, sisir, dan penggaris plastik yang sudah digosok bisa menarik rambut dan kertas, sedangkan yang belum digosok tidak.

3. Apa kesimpulan dari percobaan tersebut?
“Beberapa benda di sekitar kita yang terbuat dari plastik jikalau terkena goresan maka akan mempunyai energi untuk menarik benda lain, tetapi energi tersebut hanya bersifat sementara. Energi tersebut dinamakan energi listrik yang bersifat sementara yaitu listrik statis”.

Balon, sisir, dan penggaris plastik yang telah digosok dinamakan kutub negatif, sedangkan kertas dan rambut dinamakan kutub positif. Perbedaan muatan negatif dan positif ini menjadikan keduanya saling tarik menarik, inilah yang dinamakan energi listrik. Energi listrik pada benda-benda tersebut bersifat sementara/statis, alasannya yaitu itu dinamakan listrik statis.

Bisakah kau terangkan listrik statis yang terdapat pada petir/halilintar? Hal yang terjadi disaat belum terjadinya hujan yaitu awan dalam keadaan netral, yaitu jumlah dari elektron dan proton nya sama. Nah disaat hujan turun, terjadilah pergesekan diantara partikel diawan dengan udara yang menjadikan dihasilkanya awan bermuatan listrik statis. Kemudian disaat proses pelepasan dari muatan listrik dari awan dimulai, maka akan menghasilkan bunga api listrik yg kita kenal dgn sebutan halilintar.

Ayo Menulis
Tuliskan hasil percobaan kalian dalam bentuk teks eksplanasi.
Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Fenomena listrik statis sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Listrik statis adalah: energi listrik yang bersifat sementara pada beberapa benda terbuat dari plastik yang terjadi alasannya yaitu goresan antara permukaan benda tersebut dengan banda lainnya.

Fenomena yang menunjukkan adanya listrik statis juga sanggup diketahui ketika rambut kita tiba-tiba berdiri ketika kita bersentuhan dengan benda-benda yang mempunyai muatan listrik sementara. Untuk mengetahui fenomena listrik statis dalam kehidupan sehari-hari sanggup memakai percobaan sederhana.
Deretan PenjelasPercobaan untuk mengambarkan adanya listrik statis yaitu percobaan dengan menyisir rambut yang kering dengan sisir. Adanya listrik statis dibuktikan dengan tertariknya rambut kering tersebut ke arah sisir. Hal ini terjadi alasannya yaitu adanya listrik statis antara rambut kering dan sisir. Pada mulanya rambut dan sisir bersifat netral. Suatu atom bersifat netral, alasannya yaitu jumlah proton dan elektron sama.

Pada ketika kita menggosokkan sisir pada rambut, sejumlah atom di dalam rambut terganggu, sejumlah elektron di dalam rambut terlepas dan berpindah ke sisir. Akibatnya, sisir memperoleh pelengkap elektron, dan sisir itu tidak lagi netral, tetapi mempunyai muatan negatif. Rambut kehilangan elektron, sehingga rambut itu bermuatan positif. Berikut ini percobaan wacana listrik statis.

Alat dan bahan:
Alat dan materi yang dibutuhkan dalam percobaan listrik statis yaitu sebagai berikut.
  1. Balon, penggaris, atau sisir plastik.
  2. Kain wol atau plastik.
  3. Serpihan kertas.
  4. Rambut.
  5. Beragam benda dari materi yang berbeda: logam, kayu, kain jenis lain.
Langkah percobaan:
Setelah alat dan materi yang dibutuhkan dalam percobaan disiapkan selanjutnya yaitu melaksanakan percobaan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Dekatkan balon, sisir, dan penggaris plastik secara bergantian pada serpihan kertas. Lihat apa yang terjadi.
  2. Gosokkan balon, sisir, dan penggaris plastik pada kain wol atau selembar plastik (gosokkan bolak-balik searah dan berulang-ulang).
  3. Dekatkan balon, sisir plastik, dan penggaris plastik yang sudah digosok tersebut kepotongan kecil kertas atau rambutmu. Amati yang terjadi.
  4. Ulangi percobaan yang sama memakai benda lain dengan materi yang berbeda: logam, kayu, kaca, sisir, penggaris. Amati hasilnya.
Hal yang terjadi pada kertas dan rambut yang didekatkan pada balon, sisir dan penggaris plastik, yang belum digosok rambut tidak terangkat. Sedangkan pada balon, sisir, dan penggaris plastik yang sudah digosok rambut terangkat.

Perbedaan antara balon, sisir, dan penggaris plastik yang belum digosok dan sudah digosok: balon, sisir, dan penggaris plastik yang sudah digosok bisa menarik rambut dan kertas, sedangkan yang belum digosok tidak sanggup menarik rambut.

Balon, sisir, dan penggaris plastik yang telah digosok dinamakan kutub negatif, sedangkan kertas dan rambut dinamakan kutub positif. Perbedaan muatan negatif dan positif ini menjadikan keduanya saling tarik menarik, inilah yang dinamakan energi listrik. Energi listrik pada benda-benda tersebut bersifat sementara/statis, alasannya yaitu itu dinamakan listrik statis.

Pemanfaatan listrik statis dalam kehidupan antara lain terdapat pada elektrokardiograf, yaitu alat yang dipakai untuk merekam detak jantung manusia, dan mesin foto kopi elektrostatik. Di dunia industri, listrik statis dimanfaatkan untuk menyaring partikel-partikel gas yang tidak di inginkan sebelum dibuang ke atmosfer melalui cerobong asap, alat tersebut dinamakan filter elektrostatik. Sedangkan di rumah-rumah, filter elektrostatik dipakai untuk menyaring bubuk biar tidak mengganggu pernapasan penghuninya.
InterpretasiBeberapa benda di sekitar kita yang terbuat dari plastik jikalau terkena goresan maka akan mempunyai energi untuk menarik benda lain, tetapi energi tersebut hanya bersifat sementara. Energi tersebut dinamakan energi listrik yang bersifat sementara yaitu listrik statis. Listrik statis sanggup dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
Tahukah Kamu?
Listrik Statis dalam Kehidupan
Listrik statis atau biasa disebut elektrostatik, bisa diartikan sebagai fenomena fisika yang menunjukkan terjadinya tarik menarik yang bersifat sementara di antara benda-benda yang mempunyai muatan berbeda, yaitu muatan positif dan muatan negatif.

Listrik statis terdapat di sekitar kita, misalnya yaitu ketika kita berjalan di atas karpet yang terbuat dari wol, terkadang kita mencicipi sentakan atau getaran sesaat pada kaki kita.

Sentakan yang terjadi secara tiba-tiba tersebut juga sanggup kita rasakan ketika tangan kita bersentuhan atau bergesekan denga benda-benda yang terbuat dari plastik. Fenomena yang menunjukkan adanya listrik statis juga sanggup diketahui ketika rambut kita tiba-tiba berdiri ketika kita bersentuhan dengan benda-benda yang mempunyai muatan listrik sementara.

Pemanfaatan listrik statis dalam kehidupan antara lain terdapat pada elektrokardiograf, yaitu alat yang
dipakai untuk merekam detak jantung manusia, dan mesin foto kopi elektrostatik. Di dunia industri, listrik statis dimanfaatkan untuk menyaring partikel-partikel gas yang tidak diinginkan sebelum dibuang ke atmosfer melalui cerobong asap, alat tersebut dinamakan filter elektrostatik. Sedangkan di rumah-rumah, filter elektrostatik dipakai untuk menyaring bubuk biar tidak mengganggu pernapasan penghuninya.

Halilintar atau petir yaitu fenomena alam yang menunjukkan adanya muatan listrik statis dengan tegangan yang sangat tinggi. Benjamin Franklin ialah ilmuwan yang pertama kalinya pada tahun 1700 menemukan bahwa halilintar merupakan salah satu penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. Halilintar sangat berbahaya, alasannya yaitu itu pada gedung-gedung tinggi biasanya dipasang alat penangkal petir berupa logam runcing yang berfungsi untuk menangkap arus listrik dan mengalirkannya ke dalam tanah.

Jawab pertanyaan berikut!
1. Apa yang dimaksud dengan listrik statis?
Listrik statis adalah: energi listrik yang bersifat sementara pada beberapa benda terbuat dari plastik yang terjadi alasannya yaitu goresan antara permukaan benda tersebut dengan benda lainnya”

2. Apa manfaat listrik statis dalam kehidupan?
Manfaat listrik statis dalam kehidupan yaitu:
  • Elektrokardiograf: alat untuk merekam detak jantung manusia
  • Mesin foto kopi elektrostatik.
  • Filter elektrostatik: penyaring gas beracun.
3. Apa persamaan dan perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis yang berasal dari sumber pembangkit energi listrik? Tuliskan dalam bentuk Diagram Venn.

Ayo Amati
Buatlah kelompok dengan anggota maksimal 5 siswa. Diskusikan dengan kelompokmu luas
poligon tersebut. Bandingkan jawabanmu dengan kelompok lain.

Apakah hasilnya sama? Apakah cara yang dipakai sama? Presentasikan hasilnya di depan kelas.

Sekarang hitunglah luas poligon berikut!

Hitunglah luas masing-masing poligon berikut! Bandingkan cara yang kau gunakan dengan temanmu! Apakah sama?

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel