Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Sumber Energi

Kehidupan bisa berjalan alasannya yaitu adanya energi. Ada bermacam-macam sumber energi. Energi diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Energi yaitu salah satu kebutuhan manusia. Energi diperlukan untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Menggerakkan mesin dan menyalakan listrik membutuhkan energi. Begitu pula berolahraga, berkebun, dan memasak. Tanpa energi kegiatan-kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan.

Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Tuhan telah membuat bermacam-macam sumber energi. Matahari, air, tanah, dan udara yaitu pola sumber energi. Dari sumber-sumber energi tersebut dihasilkan bermacam-macam energi. Mari kita mengenal beberapa macam sumber energi.

Salah satu sumber energi di bumi yaitu matahari. Matahari yaitu sumber energi terbesar di bumi. Untuk mengetahui bahwa cahaya matahari menghasilkan energi, lakukan percobaan berikut ini!

Matahari yaitu Sumber Energi
Tujuan: Mengetahui bahwa cahaya matahari yaitu sumber energi.

Alat dan bahan:
- Kaca pembesar
- Kapas/kertas tisu

Cara kerja:

  1. Bawalah peralatan yang sudah disiapkan ke luar kelas.
  2. Letakkanlah kapas/kertas tisu di bawah sinar matahari.
  3. Letakkan beling pembesar dengan posisi di atas kapas atau tisu.
  4. Arahkan cahaya matahari yang diterima beling pembesar ke kapas/tisu.
  5. Pusatkan cahaya tersebut pada satu titik.

Diamkan di posisi tersebut hingga kau melihat sesuatu terjadi pada kapas atau tisu.

Buatlah laporan hasil percobaanmu!
Laporan informatif yaitu laporan yang menawarkan sekadar citra inforrnasi mengenai suatu keadaan biar sanggup mengikuti perkembangan yang terjadi. Dalam menulis laporan kau harus memperhatikan hal-hal berikut ini.
  1. Laporan harus sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya.
  2. Laporan harus menurut pengamatan langsung.
  3. Laporan itu harus disampaikan dengan jujur.
  4. Laporan memuat informasi secara lengkap.
Langkah-langkahnya:
  1. Membuat judul laporan sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
  2. Membuat kerangka teks yang condong ke pembuatan gagasan utama sesuai dengan hasil pengamatan.
  3. Menyusun teks menurut gagasan utama yang telah dibuat, diawali dengan paragraf pernyataan umum kemudian ke bab isi. Setelah membuat penjabaran secara umum, langkah berikutnya yaitu menjabarkan penjabaran tersebut menurut hasil pengamatan
  4. Meneliti kembali hasil penulisan teks, kalau ada kalimat janggal atau salah penulisan, segera perbaiki kembali.

Laporan Percobaan Matahari Sebagai Sumber Energi
Judul Percobaan:Percobaan Matahari Sebagai sumber energi
Tujuan:Mengetahui matahari sebagai sumber energi
Alat dan Bahan:Kaca pembesar
Kapas/kertas tisu
Langkah-langkah:
  1. Bawalah peralatan yang sudah disiapkan ke luar kelas.
  2. Letakkanlah kapas/kertas tisu di bawah sinar matahari.
  3. Letakkan beling pembesar dengan posisi di atas kapas atau tisu.
  4. Arahkan cahaya matahari yang diterima beling pembesar ke kapas/tisu.
  5. Pusatkan cahaya tersebut pada satu titik.
Hasil Percobaan:Kaca pembesar atau lup terdiri dari sebuah lensa cembung yang berfungsi untuk memperbesar bayangan benda, sehingga kita bisa melihat benda-benda yang berukuran kecil menjadi lebih jelas. Lensa cembung pada lup, mempunyai sifat mengumpulkan cahaya/panas. Saat kita mengarahkan lup ke sinar matahari, maka sinar dan panas matahari akan mengumpul di satu titik fokus lensa cembung tersebut. Panas yang terkumpul pada titik fokus tersebut lama-lama  mampu aben kertas tisu. 
Kesimpulan:Dari percobaan tersebut kita mengetahui bahwa matahari yaitu sumber energi. Matahari yaitu penghasil energi cahaya dan energi panas terbesar di bumi. Cahaya matahari membantu perkembangan tumbuhan.

Dengan sumbangan cahaya matahari, tumbuhan menghasilkan kuliner dan oksigen. Makanan akan menghasilkan energi bagi badan kita. Sedangkan oksigen sangat kita perlukan untuk bernapas.

Selain untuk membantu proses fotosintesis pada tumbuhan, cahaya matahari juga dipakai untuk kegiatan-kegiatan menyerupai pada gambar berikut ini.

Selain menghasilkan energi cahaya, matahari juga menghasilkan energi panas. Namun sumber energi
panas bukan hanya matahari. Selanjutnya marilah kita pelajari energi panas. Energi panas yaitu kekuatan yang ditimbulkan oleh panas. Untuk memahami hal tersebut, marilah kita lakukan percobaan berikut.

Panas Adalah Energi
Tujuan: Membuktikan bahwa panas yaitu energi.

Alat dan Bahan:
  1. Kertas 
  2. Benang 
  3. Batang Kayu
  4. Lilin 
  5. Korek api
Cara kerja:

  1. Buatlah guntingan kertas berbentuk spiral.
  2. Gantungkan kertas dengan benang.
  3. Nyalakan lilin, lekatkan di atas permukaan ubin.
  4. Carilah daerah yang anginnya tidak kencang.
  5. Ikat kertas di batang kayu dengan memakai benang.
  6. Letakkan kertas yang digantung dan terikat dibatang kayu tersebut di atas nyala lilin, namun tidak menyentuh apinya. Beri jarak kirakira 10 cm. - Catatlah apa yang terjadi.
Dari percobaan tersebut, kita mengetahui bahwa panas juga energi. Sumber energi panas terbesar juga matahari. Energi panas juga bisa dihasilkan dari panas bumi. Berikut ini yaitu pola pemanfaatan energi panas.

Setelah mengetahui bahwa cahaya dan panas yaitu energi, diskusikanlah pertanyaanpertanyaan berikut ini!

Ayo Berdiskusi
Bacalah pertanyaan-pertanyaan berikut.
Diskusikan jawabannya bersama temanmu.
1. Mengapa cahaya dan panas matahari disebut sebagai energi?
Karena panas dan cahaya matahari sanggup tumbuhan menghasilkan kuliner dan oksigen. Makanan akan menghasilkan energi bagi badan kita dan binatang lainnya. Sedangkan oksigen sangat kita perlukan untuk bernapas.

2. Bagaimana kita memanfaatkan energi cahaya matahari?
Energi cahaya matahari sanggup dimanfaatkan sebagai sumber penerangan alami dan menjaga kesehatan tulang.

3. Bagaimana kita memanfaatkan energi panas matahari?
Energi panas matahari sanggup dipakai sebagai pembangkit tenaga listrik, mengeringkan pakaian, dan mengeringkan makanan,

4. Apa pola sumber energi cahaya lain selain matahari?
Contoh sumber energi panas selain matahari yaitu lampu, lilin, korek api, dan kunang kunang

5. Apa pola sumber energi panas lain selain matahari?
Sumber energi panas selain matahari yaitu api dan panas bumi.

Ayo Ceritakan
Tuliskan hasil diskusi kelompokmu pada lembar berikut ini. Kemudian sampaikan di depan kelas.

Cahaya dan panas matahari sanggup disebut energi alasannya yaitu keduanya bisa membantu tumbuhan melaksanakan proses fotosintesis. Hasil fotosintesis tumbuhan berupa materi kuliner dan oksigen dimanfaatkan oleh insan dan binatang untuk melaksanakan banyak sekali kegiatan.

Energi cahaya matahari sanggup dimanfaatkan sebagai sumber penerangan alami dan menjaga kesehatan tulang manusia. Selain matahari sumber cahaya yang sanggup kita temukan antara lain lampu, lilin, korek api, dan kunang-kunang. Selain matahari kita juga sanggup menemukan sumber energi panas yang lain, contohnya panas dari api dan panas bumi. Energi panas dan cahaya matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Ayo Berkarya
Kalian telah mengetahui bahwa matahari yaitu sumber energi cahaya dan panas terbesar. Energi matahari diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Selain matahari, sumber energi lain yaitu air, tanah, dan udara. Perhatikan gambar di bawah ini!

Bisakah kalian membuat karya seni dengan pola gambar sumbersumber energi tersebut? Kali ini pakailah banyak sekali jenis biji-bijian yang berasal dari tumbuhan. Misalnya, kedelai, kacang hijau, dan lain-lain.

Tempelkan biji-bijian yang sudah disiapkan gurumu di atas pola berbentuk matahari berikut ini. Buatlah terlebih dahulu pola bentuk matahari tersebut di kertas gambar. Lalu tempelkan biji-bijian yang sudah disiapkan. Gunakan lem yang berpengaruh biar bijibijian tersebut tidak gampang lepas. Gunakan biji-bijian yang ada di sekitarmu.

Ayo Amati
Air yaitu salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan. Tubuh kita memerlukan minimal 2 liter air sehari. Kita akan lemah kalau kekurangan air. Tumbuhan dan binatang juga memerlukan air. Namun tidak di semua daerah tersedia air yang cukup.

Di beberapa daerah orang bahkan harus membeli air untuk keperluan sehari-hari. Biasanya mereka berlangganan untuk membeli air ke perusahaan penyedia air bersih. Setiap hari perusahaan air minum tersebut harus mempunyai persediaan air. Perhatikanlah grafik batang data persediaan air di beberapa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) berikut ini.

Ayo Berlatih
Berdasarkan tabel tersebut jawablah pertanyaanpertanyaan berikut.
1. PDAM manakah yang mempunyai persediaan terbanyak?
PDAM Aria Jaya (5.600)

2. Bandingkan antara PDAM Setia Jaya dengan PDAM Kusuma Jaya. Manakah yang mempunyai persediaan air lebih banyak? Berikan alasanmu!
PDAM Kusuma lebih banyak mempunyai persediaan air daripada PDAM Kusuma jaya alasannya yaitu pada grafik gambar persediaan air PDAM Kusuma Jaya lebih tinggi.

3. Berapakah perbedaan jumlah persediaan air di PDAM Setia Jaya dengan PDAM Tri Jaya?
PDAM Tri Jaya 5.400 - PDAM Setia Jaya 4.700, selisih = 700

4. PDAM manakah yang persediaan airnya paling sedikit?
PDAM Setia Jaya 4.700.

5. Jika PDAM Setia Jaya ingin mempunyai jumlah persediaan air sama dengan PDAM Tri Jaya, berapakah perusahaan tersebut harus menambah persediaan airnya?
PDAM Tri Jaya 5.400 - PDAM Setia Jaya 4,700 supaya sama maka PDAM Setia Jaya harus menambah 700.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Sumber Energi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel