Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin

Memimpin diri sendiri dikala melakuan acara membutuhkan ketegasan dan keberanian. Bagaimana dengan kamu? Apa yang harus dimiliki dikala memimpin diri sendiri?

Ayo Lakukan
Hari ini kau akan berpidato dengan memakai teks pidato yang sudah kau buat. Kamu pun akan mempraktikkan nilai-nilai kepemimpinan sebab kau akan memimpin sepuluh orang sahabat kelasmu. Pilihlah tempat untuk berpidato dihadapan sepuluh orang temanmu. Kamu akan berpidato di hadapan mereka. Berpidatolah dengan lantang, percaya diri dan penuh semangat namun tetap harus sopan.

Assalamualaikum Wr Wb.

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, juga teman-teman yang saya cintai. Sebelumnya mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh SWT atas Rahmat-NYA yang telah dilimpahkan kepada kita semua, sehingga kita sanggup berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Musyawarah merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membahas suatu duduk masalah dengan tujuan semoga mendapat solusi. Kata musyawarah berasal dari bahasa arab “syawara” yang berarti mengadakan suatu negosiasi atau penyampaian sesuatu, yaitu pendapat.

Musyawarah sering juga kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai pola kecil di dikala kita ingin makan bersama teman-teman kita niscaya bermusyawarah untuk menentukan makanan apa dan di mana akan makan. Sering juga kita melaksanakan voting untuk menentukan yang paling banyak dipilih untuk menentukan tempat dan makanan apa yang akan dimakan bersama-sama. Hal-hal kecil menyerupai ini secara tidak sadar kita lakukan dan sering kita jumpai dalam setiap sisi kehidupan kita.

Beberapa manfaat musyawarah antara lain sebagai berikut : Pertama musyawarah melatih untuk menyuarakan pendapat (ide). Setiap orang niscaya mempunyai wangsit atau gagasan yang sanggup diungkapkan dalam memecahkan suatu permasalahan yang sedang dibahas. Dengan mengikuti musyawarah, seseorang sanggup dilatih untuk mengutarakan pendapat yang nantinya akan dijadikan sebagai materi pertimbangan dalam mencari jalan keluar.

Kedua melalui musyawarah duduk masalah sanggup segera terpecahkan. Dengan bermusyawarah, akan sanggup didapatkan beberapa jalan alternatif dalam menuntaskan suatu permasalahan yang menyangkut kepentingan bersama. Pendapat yang berbeda dari orang lain mungkin akan lebih baik dari pendapat kita sendiri. Untuk itu sangat penting untuk mengadakan dengar pendapat dengan orang lain.

Ketiga musyawarah sanggup mengambil keputusan yang mempunyai nilai keadilan. Musyawarah merupakan proses dengar pendapat yang nantinya keputusan yang diambil yakni merupakan komitmen bersama antar sesama anggota. Kesepakatan yang diambil tentunya tidak mengandung unsur paksaan di dalamnya. Sehingga semua anggota sanggup melaksanakan hasil keputusan tersebut dengan penuh tanggung jawab dan tanpa ada unsur pemaksaan.

Keempat musyawarah menghasilkan keputusan yang sanggup menguntungkan semua pihak. Keputusan yang diambil dalam suatu musyawarah dilarang merugikan salah satu pihak atau anggota dalam musyawarah. Agar nantinya hasil yang diputuskan tersebut sanggup diterima dan dilaksanakan oleh seluruh anggota dengan penuh keikhlasan.

Marilah mulai kini kita membudayakan musyawarah dalam kehidupan sehari-hari sebab melalui musyawarah kepentingan bersama akan tetap terjaga. Musyawarah mempunyai kelebihan, salah satu diantaranya yakni keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama yang merupakan jalan tengah yang membuat duduk masalah teratasi. Namun tidak sanggup dipungkiri musyawarah juga mempunyai kekurangan yaitu musyawarah membutuhkan waktu yang usang sebab pendapat satu individu dengan individu lainnya belum tentu sama.

Dari pidato yang telah saya sampaikan di atas maka sanggup saya simpulkan perihal musyawarah untuk kepentingan bersama yaitu: pertama musyawarah sanggup melatih menyuarakan ide. Kedua musyawarah sanggup memecahkan duduk masalah yang sedang kita hadapi dan yang ketiga musyawarah sanggup menghasilkan keputusan yang menguntungkan semua pihak.

Demikian pidato singkat ini saya sampaikan. mohon maaf kalau ada kata atau kalimat yang kurang jelas. Terima kasih.

Wasalamualaikum wr.wb

Ayo Berkreasi
Pengamalan gotong royong merupakan salah satu pengamalan persatuan dan kesatuan. Begitu pula dikala kita menyanyikan lagu tempat lain. Pengamalan yang lain yakni cinta tanah air.

Mengekspresikan cinta tanah air aneka macam wujudnya, sanggup melalui gambar, menari tarian tempat atau menyanyikan lagu daerah. Lagu berikut juga bercerita perihal betapa penggubahnya menyayangi tanah airnya. Ayo, kita bekerja sama dikala menyanyikannya. Perhatikan siapa yang akan menyanyi dengan memakai bunyi I dan bunyi 2.

Lagu "Bolelebo" merupakan lagu tempat yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Lagu ini bercerita perihal kecintaan pengarang lagu terhadap tanah kelahirannya.

Ayo Menulis
Bentuk pengamalan lainnya dari persatuan dan kesatuan yakni menghormati hak asasi orang lain. Sebagai pelajar, kita wajib menghormati sesama teman, baik abang kelas, adik kelas dan sahabat satu kelas.

Buatlah goresan pena yang isinya menggambarkan sekolah yang bebas kekerasan. Bentuk kekerasan sanggup berupa kekerasan fisik dan ucapan. Tulis pula apa yang akan kau lakukan sebagai pelajar semoga tidak terjadi kekerasan.

Sekolah Bebas Kekerasan
Menciptakan sebuah sekolah yang bebas dari kekerasan menyerupai halnya membuat lingkungan positif di sekolah sangat dibutuhkan. Disini diharapkan suatu sikap protektif dalam melawan kekerasan dengan menumbuhkan kedamaian, rasa hormat, toleransi, dan harmoni. Hal ini memerlukan tugas aktif oleh seluruh warga sekolah menyerupai : siswa, guru, staf sekolah dan juga orang bau tanah dalam membuat iklim - merasa aman, dihargai dan dihormati.

Kekerasan yakni tindakan aksi dan pelanggaran yang mengakibatkan penderitaan dan menyakiti orang lain (Kekerasan juga mencakup ancaman, dan tindakan yang sanggup menjadikan luka dan kerugian, tekanan fisik, perasaan, pikiran, yang merugikan kesehatan dan mental.)

Beberapa kekerasan yang ada di sekolah contohnya kekerasan mencakup memukul, mencekik, menempelkan benda panas ke badan korban dan lain-lainnya. Dampak dari kekerasan menyerupai ini selain menimbulkan luka dan stress berat pada korban, juga seringkali membuat korban meninggal

Beberapa perkataan  yang termasuk dalam kekerasan antara lain panggilan yang meyebutkan ciri dari anak tersebut, contoh: gembrot, pesek, krempeng, bendol dan sebagainya. Panggilan yang menyebutkan ciri piskis anak tersebut, contoh: IQ jonkok, otak dengkul, tolol, bodoh,  dan sebagainya. Panggilan yang menyebutkan tokoh yang kurang baik, contoh: limbuk, togog, bagong, kancil. Perkataan yang merendahkan, contoh: Bisa apa anak kampung.

Bagi siswa yang melanggar akan diberikan teguran lisan/tertulis (yang  menjadi aspek evaluasi sikap di rapor dan menentukan kelulusan atau kenaikan kelas),  dan tindakan lain yang  bersifat edukatif (seperti konseling psikolog/guru BK).

Beberapa perjuangan yang sanggup dilakukan untuk menghindari kekerasan di sekolah antara lain sebagai berikut.
  1. Sekolah/Guru harus mengetahui penyebab sikap tindak kekerasan di sekolah Anda
  2. Guru jangan menunjukkan penghakiman, tetapi melaksanakan percakapan faktual dengan anak-anak
  3. Gunakan struktur kepemimpinan yang sudah ada dalam komunitas siswa, Sehingga siswa merasa bahwa mereka mempunyai bunyi dan efek di sekolah,
  4. Bentuk Bimbingan Teman sebaya
  5. Meningkatkan acara Extrakurikuler
Anak wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau temannya di dalam sekolah yang bersangkutan, atau forum pendidikan lainnya.

Pemimpin yang baik tidak pernah melaksanakan kekerasan, baik kekerasan fisik maupun ucapan. Jadilah pemimpin yang sopan, santun namun tegas. Menjaga sekolah semoga tetap nyaman yakni merupakan salah satu bentuk pengamalan persatuan dan kesatuan. Amatlah mulia bagi seseorang yang sanggup menjaga keamanan lingkungannya. Lingkungan yang kondusif sanggup membuat orang lain melaksanakan kegiatannya dengan nyaman.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel