Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu Dan Pengaruhnya
Monday, August 6, 2018
Add Comment
Ayo Bacalah
Bersih Pangkal Sehat
Siang itu sangat terik dan Rojak gres saja selesai mengikuti kegiatan gamelan di Balai Desa. Ia mengayuh sepedanya dengan cepat menuju lapangan sepak bola. Ia tak ingin terlambat untuk bertanding hari ini. Rojak memang seorang anak yang aktif, supel, dan banyak teman. Selalu ada saja kegiatannya hingga sore hari. Sembilan puluh menit telah berlalu, Rojak dan teman-teman berselonjor di pingir lapangan. Keringat membanjiri tubuh mereka.
“Jo, pinjam handukmu dong! Aku tidak membawa handuk, badanku berair nih!” pinta Rojak pada Sarjo yang berselonjor di sebelahnya. Sarjo pun menyodorkan handuk kecil dari kalungan lehernya, yang tentunya berair oleh keringat. Rojak tidak ambil pusing. Ia sudah biasa meminjam handuk dari teman-teman tim bolanya setelah latihan maupun bertanding. Disekanya peluh di muka dan lehernya dengan handuk Sarjo.
Esok harinya, dalam gelap dan dinginnya pagi Rojak tergesa menuju kamar mandi alasannya yaitu ia harus berada di sekolah lebih pagi dari biasanya untuk latihan upacara hari Kemerdekaan. Sampai di kamar mandi, gres disadarinya bahwa ia lupa membawa handuk. Dilihatnya handuk Hamid, adiknya yang tergantung di pintu kamar mandi dan pribadi saja dipakainya tanpa berpikir dua kali.
Siangnya, sesampainya di rumah sepulang sekolah, ketika bersalaman Ibu menahan dan memegang wajah Rojak sambil menunjuk bercak-bercak putih di pipi dan lehernya. “Apa ini, Nak? Gatalkah?” tanya ibu. “Iya Bu, gatal. Mulanya hanya titik kecil di pipi, tetapi kemudian muncul beberapa lagi yang lebih besar,” jawab Rojak. “Setahu ibu, itu bercak panu, Rojak”.
“Penyakit kulit akhir jamur. Panu itu penyakit kulit yang menular,” terang ibu yang sehari-hari bekerja sebagai ajun tenaga kesehatan di Puskesmas. “Memangnya kau pernah menggunakan barang pribadi orang lain? Handuk, misalnya?” tanya ibu. “Mmm.. iya Bu, tetapi hanya beberapa kali saja kok Bu. Hanya jikalau saya lupa membawa handuk.” Rojak menunduk malu. “Nah, itulah, jamur suka sekali hidup di kawasan yang lembap menyerupai handuk, dan jikalau digunakan beberapa orang, maka dengan praktis jamur berpindah dari satu orang ke orang lainnya.” terang ibu. “Kamu bertanggung jawab atas kesehatan tubuhmu sendiri, Rojak. Tidak bertukar barang pribadi itu cuilan dari menjaga kesehatan, alasannya yaitu banyak penyakit yang sanggup ditularkan, antara lain panu menyerupai ini,” ibu menasehati.
“Iya, Bu. Aku mengerti. Aku berjanji untuk memperbaiki diri, Bu. Aku akan hidup higienis dan sehat.” Rojak berkata panjang lebar, sambil mengingatkan dirinya sendiri. Kebersihan yaitu pangkal kesehatan. Rojak sudah membuktikannya.
Kerjakan soal berikut!
- Apa yang kau ketahui perihal penyakit yang dialami Rojak? Rojak terkena penyakit panu.
- Apa yang mengakibatkan Rojak menderita penyakit itu? Ceritakan kembali dengan singkat. Rojak terbiasa meminjam handuk milik temanya,
- Apa yang seharusnya dilakukan Rojak supaya terhindar dari penyakit itu? Jelaskan. Rojak tidak bertukar barang pribadi (handuk0 supaya tidak terhindar panu.
Nama Penyakit | Jenis Penyakit | Gejala | Penyebab | Cara Pencegahan |
---|---|---|---|---|
Influenza | Menular | Menggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggi | Virus | Mengkonsumsi air putih sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup |
Demam Berdarah | Menular | Demam secara datang – tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulit | Nyamuk Aedes Aegypti | Penyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat |
Rematik | Tidak Menular | Kekakuan sendi di pagi hari. Pembengkakan dan nyeri sendi. Adanya benjolan atau Nodul dan Penumpukan cairan. | Radang sendi kronis | Olahraga yang teratur, Sering-sering makan sayuran, Jangan terlalu sering bergadang. |
Diare | Menular | Gejala luka, alergi zat tertentu, penyakit dari makanan, kelebihan mengkonsumsi vitamin C | Virus | Mengkonsumsi cairan oralit |
Malaria | Menular | Menggigil, demam tinggi, dan berkeringat., Nyeri pada otot, tulang, dan sakit kepala. Rasa lemah dan praktis lelah. Badan menjadi kuning, Anemia, Mual, muntah, dan nafsu makan menurun. | Parasit Plasmodium | Membersihkan kolam mandi dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk. Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk. |
Tuberkulosis | Menular | Batuk lebih dari 2 minggu. Rasa nyeri di dada. Batuk yang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah. Penurunan berat tubuh tanpa ada suatu alasan yang jelas. Mengalami demam, terutama sore hari. Keringat di malam hari. Menurunnya nafsu makan. | Bakteri | Mencegah kontak pribadi dengan penderita dan Pemberian vaksin BCG |
Hipertensi | Tidak menular | Mengalami sakit kepala, pusing yang sering dirasakan akhir tekanan darahnya naik melebihi batas normal | Usia, Faktor keturunan, Merokok, Kelebihan berat tubuh atau obesitas, dan Kurang olahraga. | Mengonsumsi masakan yang kaya akan serat (Sayur dan buah). Mengurangi konsumsi garam, dan masakan yang berlemak tinggi. Mengurangi berat badan, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur. |
Cacar | Menular | Demam, sakit kepala, nyeri tubuh dan ruam. | Virus Varicella Zoster | Menjaga kebersihan dan Vaksinasi yaitu cara terbaik untuk mencegah cacar air. |
Osteoprosis | Tidak Menular | Sakit punggung, postur tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan, lebih sering mengalami cedera/keretakan tulang. | Penurunan kualitas jaringan tulang yang sanggup kesudahannya menjadikan kerapuhan tulang | Mendapatkan asupan kalsium serta vitamin D yang tinggi. |
Diabetes melitus | Tidak Menular | Sering buang air kecil dimalam hari, sering merasa haus, cepat merasa lapar, berat tubuh turun dengan cepat, merasa lemah dan praktis kelelahan, sering kesemutan di kaki dan tangan, penglihatan kabur, sering infeksi, keputihan | Kekurangan hormon insulin | Terapkan contoh hidup sehat dan Terapkan contoh makan yang baik dan sehat |
Bulan Oktober yang lalu, di SD Kenanga sejumlah siswa terserang penyakit campak. Campak yaitu homogen penyakit kulit yang menular. Berikut ini yaitu data siswa yang terserang penyakit tersebut selama 4 minggu.
Siswa Terjangkit | ||
---|---|---|
Data Masuk | Data Keluar | |
1 | 4 | |
2 | 8 | |
3 | 12 | |
4 | 16 |
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 1 x 4 = 4 |
2 | 2 x 4 = 8 |
3 | 3 x 4 = 12 |
4 | 4 x 4 = 16 |
5 | 5 x 4 = 20 |
7 | 7 x 4 = 28 |
12 | 12 x 4 = 48 |
- Pola apa yang kau lihat pada kolom pertama (kolom Minggu ke-) pada tabel di atas? (Data masuk x 4)
- Pola apa yang kau lihat pada kolom kedua (kolom banyak siswa yang terjangkit) pada tabel di atas? (2 x 4 = 8)
- Buatlah prediksi banyak siswa yang mungkin terserang penyakit yang sama pada ahad ke-7! (7 x 4 = 28)
- Menurutmu, jikalau wabah tersebut belum teratasi, pada ahad ke berapakah siswa yang terserang penyakit campak tersebut mencapai 48 orang? (48 : 4 = 12)
1. Amatilah tabel berikut!
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
3 | 3 x 4 - 3 = 12 -3 = 9 |
6 | 6 x 4 - 3 = 24 - 3 = 21 |
9 | 9 x 4 - 3 = 36 - 3 = 33 |
12 | 12 x 4 - 3 = 48 - 3 = 45 |
15 | 15 x 4 - 3 = 60 - 3 = 57 |
2. Sekarang, kau sanggup menciptakan contoh bilangan dengan korelasi data masuk dan data keluar yang ditentukan sendiri. Isilah dalam bentuk tabel menyerupai di bawah ini.
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 1 x 10 - 4 = 6 |
2 | 2 x 10 - 4 = 16 |
3 | 3 x 10 - 4 = 26 |
4 | 4 x 10 - 4 = 36 |
- Tentukan contoh data masuk dan data keluar dengan menggunakan dua operasi Matematika! Data keluar sama dengan data masuk dikali 10 dikurangi 4
- Tukarkan tabelmu dengan tabel sobat sekelasmu!
- Temukan contoh dari tabel buatan temanmu!
Pada kurun waktu tertentu, ternyata suhu juga sanggup memengaruhi keadaan suatu benda. Mari kita buktikan dengan melaksanakan kegiatan di bawah ini.
Alat dan Bahan
- Empat iris roti tawar dengan tanggal kadaluarsa yang sama.
- Toples empat buah.
- Kaca pembesar.
- Lidi.
- Alat tulis.
- Letakkan 1 iris roti tawar ke dalam toples terbuka. Simpan di kawasan yang terkena sinar Matahari. Tandai toples dengan nomor 1.
- Letakkan 1 iris roti tawar ke dalam toples tertutup. Simpan di kawasan yang terkena sinar Matahari. Tandai toples dengan nomor 2.
- Letakkan 1 iris roti tawar ke dalam toples terbuka. Simpan di dalam ruangan. Tandai toples dengan nomor 3.
- Letakkan 1 iris roti tawar ke dalam toples tertutup. Simpan di dalam ruangan. Tandai toples dengan nomor 4
- Amati dan catatlah keadaan roti tawar pada setiap toples!
- Lakukan pengamatan terhadap keempat toples tersebut setiap hari hingga hari ke-7, dan catat kondisi roti di dalamnya. Agar pengamatan lebih seksama, ambil sedikit cuilan roti dengan lidi. Gunakan beling pembesar untuk pengamatan. Jangan lupa menggambar cuilan yang sedang kalian amati!
Hari Ke | Waktu Pengamatan | Kondisi Roti di Toples 1 | Kondisi Roti di Toples 2 | Kondisi Roti di Toples 3 | Kondisi Roti di Toples 4 |
---|---|---|---|---|---|
1. | Pagi | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur |
2. | Pagi | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur |
3. | Pagi | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Mulai tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur |
4. | Pagi | Belum tumbuh jamur | Mulai tumbuh jamur | Berjamur | Mulai tumbuh jamur |
5. | Pagi | Mulai tumbuh jamur | Berjamur | Berjamur | Berjamur |
6. | Pagi | Berjamur | Berbintik hitam | Berbintik hitam | Berbintik hitam |
7. | Pagi | Berbintik hitam | Berbintik hitam | Berbintik hitam | Berbintik hitam |
Roti yang disimpan diudara terbuka akan lebih tahan lama. Sedangkan penyimpanan roti pada ruangan lebih cepat berjamur diakibatkan imbas udara alasannya yaitu udara juga mensugesti pertumbuhan jamur.
Sekarang, kau akan mengamati imbas air dan udara pada proses pengaratan paku. Perhatikan langkah-langkah pengamatan berikut ini!
Alat dan Bahan
- Air.
- Tiga paku besi (ukuran 2 cm).
- Tiga gelas beling bening berukuran sama.
- Masukkan sebuah paku dengan posisi bangun ke dalam setiap gelas. Pastikan seluruh gelas berada pada ruangan yang sama.
- Gelas 1 diisi air hingga seluruh cuilan paku terendam air.
- Gelas 2 diisi air hingga setengah cuilan paku yang terendam air.
- Gelas 3 dibiarkan tanpa diisi air.
- Lakukan pengamatan setiap hari selama seminggu. Apa yang terjadi pada ketiga paku tersebut? Gambarlah dan beri penjelasannya!
- Catatlah hasil pengamatan harianmu dalam tabel berikut.
Hari ke | Kondisi Paku | ||
---|---|---|---|
Direndam seluruhnya | Direndam setengah | Tanpa air | |
1. | Tidak berkarat | Tidak berkarat | Tidak berkarat |
2. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal paku berkarat | Tidak Berkarat |
3. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal paku berkarat | Tidak Berkarat |
4. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat |
5. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat |
6. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat |
0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 1 Perbedaan Waktu Dan Pengaruhnya"
Post a Comment