Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air

Kamu telah menuntaskan proses pembuatan batik beserta kemasannya. Sekarang kau akan mempresentasikannya di hadapan guru dan teman-temanmu.

Ayo Lakukan
Setelah menuntaskan proyek pembuatan batik dan pengemasannya, kini kau akan mempresentasikannya di depan teman-teman dan guru secara bergiliran. Ketika temanmu melaksanakan presentasi, silakan menciptakan catatan penting wacana isi presentasi yang dilakukan temanmu.

Batik ialah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang mempunyai kekhasan. Batik ialah kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi dan telah menjadi potongan dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) semenjak lama. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) semenjak 2 Oktober 2009.

Selain keindahan batik, supaya penjualan batik berhasil dengan baik maka kemasan juga perlu diperhatikan. Kemasan, diartikan secara umum ialah potongan terluar yang membungkus suatu produk dengan tujuan untuk melindungi produk dari cuaca, guncangan dan benturan-benturan, terhadap benda lain. Salah satu unsur penting bagi suatu produk ialah kemasan yang tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus semata, tetapi lebih dari itu sebuah kemasan  merupakan sarana promosi untuk mengenalkan sebuah produk, dan sanggup dikatakan sebagai ujung tombak pemasaran yang berhadapan pribadi dengan konsumen.

Fungsi paling fundamental dari kemasan ialah untuk mewadahi dan melindungi produk dari kerusakan-kerusakan, sehingga lebih gampang disimpan, diangkut dan dipasarkan. Secara umum fungsi pengemasan pada materi pangan ialah :
  1. Mewadahi produk selama distribusi dari produsen sampai kekonsumen, supaya produk tidak tercecer, terutama untuk cairan, pasta atau butiran
  2. Melindungi dan mengawetkan produk, menyerupai melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang sanggup merusak dan menurunkan mutu produk.
  3. Sebagai identitas produk, dalam hal ini kemasan sanggup dipakai sebagai alat komunikasi dan gosip kepada konsumen melalui label yang terdapat pada kemasan.
  4. Meningkatkan efisiensi, contohnya : memudahkan penghitungan (satu kemasan berisi 10, 1 lusin, 1 gross dan sebagainya), memudahkan pengiriman dan penyimpanan. Hal ini penting dalam dunia perdagangan.
  5. Melindungi imbas jelek dari luar, Melindungi imbas jelek dari produk di dalamnya, contohnya kalau produk yang dikemas berupa produk yang berbau tajam, atau produk berbahaya menyerupai air keras, gas beracun dan produk yang sanggup menularkan warna, maka dengan mengemas produk ini sanggup melindungi produk-produk lain di sekitarnya.
  6. Memperluas pemakaian dan pemasaran produk, contohnya penjualan kecap dan syrup mengalami peningkatan sebagai akhir dari penggunaan kemasan botol plastik.
  7. Menambah daya tarik calon pembeli
  8. Sarana gosip dan iklan
  9. Memberi kenyamanan bagi pemakai.

Ayo Bertanya
Ketika presentasi berlangsung, kau sanggup menulis pertanyaan yang akan kau ejekan kepada temanmu sesudah mereka tamat melaksanakan presentasi.
  1. Mengapa batik menjadi Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi?
  2. Bagaimana ciri-ciri kemasan batik yang baik?
  3. Apa saja fungsi dari kemasan batik?

Ayo Menulis
Melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa ialah merupakan wujud cinta terhadap tanah air. Apakah kau oke dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.
Ya saya oke alasannya ialah kita memang harus melestarikan warisan budaya indonesia menyerupai contohnya yaitu batik, itu ialah termasuk sikap yang melambangkan sikap cinta tanah air. Salah satu cara mengatakan cinta tanah air ialah dengan menggunakan pakaian batik pada hari-hari tertentu.

Agar batik nusantara sanggup bersaing di kurun globalisasi ini, apa upaya yang perlu dilakukan oleh Bangsa Indonesia pada umumnya, dan pengrajin batik pada khususnya? Jelaskan.

  1. Untuk pengrajin batik supaya selalu berusaha menciptakan motif batik dengan mengikuti undangan pasar, supaya tidak tertinggal dari bangsa lain.
  2. Untuk kalangan prjabat sanggup dilakukan dengan menggunakan batik minimal dievent event penting untuk mengatakan seberapa besar hati mempunyai batik ini.
  3. Mempromosikannya di program ivent ivent besar kota atau luar negri bahwa batik mempunyai keunikan tersendiri
  4. Mengikuti pameran-pameran busana. atau sanggup juga diperkenalkan dan dipasarkan melalui internet. karna di internet jangkauannya lebih luas.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel