Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku

Pemimpin idola selalu memberi semangat ketika menilai karya kita. Bisakah kau melakukannya?

Ayo Diskusikan
Lagu Sarinande berasal dari tempat Maluku. Lagu tersebut menceritakan tradisi Maluku, yaitu menguji gadis-gadis dalam keterampilan di bidang kewanitaan sebelum memasuki jenjang pernikahan. Zaman dulu para gadis juga diuji keterampilan memasaknya. Meniup api di depan tungku memerlukan kesabaran dan perilaku rendah hati. Dalam lagu, Sarinande ialah seorang gadis yang beranjak dewasa. Ibunya melihat Sarinande infeksi matanya, menunjukan bahwa ia belum bisa meniup api di tungku. Esok ia sanggup mencobanya lagi.

Kemarin kau sudah menyanyikan lagu Sarinande dan mendiskusikan makna dan artinya. Sekarang, tulislah perasaanmu ketika menyanyikan lagu tersebut. Ketika menyanyikanlagu Sarinande tentunya kita sangat bahagia sebab menyanyikan lagu tersebut sanggup mengenal lagu tempat lain yang merupakan bentuk perilaku cinta tanah air.

Ayo Berkreasi
Saat kau menyanyikan lagu tempat dengan benar, kau sudah mengatakan penghargaan terhadap hasil karya anak bangsa. Kegiatan tersebut merupakan wujud dari perilaku cinta tanah air dan pengamalan nilai persatuan dan kesatuan.

Kemarin kau sudah menyanyikan lagu Sarinande bersama teman dan gurumu. Lagu tersebut indah, bukan? Hari ini kau akan berlatih lagi menyanyikan lagu tersebut. Bernyanyilah dengan percaya diri, ikuti isyarat gurumu!

Setelah bernyanyi tibalah saatnya kau berpidato di hadapan adik kelasmu. Gunakan teks pidato ihwal pentingnya bergotong royong yang telah kau buat kemarin. Kamu akan berpidato di hadapan sekitar 5-6 orang.
Silahkan lihat teks pidatonya di sini.

Evaluasi
1. Gunakan 6 buah kancing atau tutup botol yang diberi angka 1 – 6 untuk melaksanakan percobaan berikut. Lemparkan ke-6 kancing/tutup botol secara bersamaan. Lakukan 10 kali lemparan. Saat kau melempar kancing/tutup botol sebanyak 10 kali,
a. Berapakah peluang untuk bilangan genap?
b. Berapakah peluang untuk bilangan ganjil?
c. Berapakah peluang untuk angka 3?
Peluang Bilangan Genap = 3/6
Peluang Bilangan Ganjil =3/6
Peluang Angka 3 =1/6

2. Ibu Rio mempunyai tas plastik berisi 3 macam buah: nanas, pisang, dan jeruk. Rio berharap mendapat buah pisang. Lakukanlah percobaan untuk mengetahui peluang dari buah pisang. Lakukan percobaan sebanyak 10 kali. Kamu bisa memakai 3 kertas yang masing-masing bergambar tiap jenis buah. Catat hasil percobaanmu dengan memakai tabel.
NanasJerukPisangTotal
IIIIIIIII10
35210
Peluang Pisang =2/10

3. Isilah diagram Frayer ihwal adonan berikut.

  1. Larutan ialah adonan sejenis dua zat atau lebih yang saling melarutkan dan masing-masing zat penyusunnya tidak sanggup dibedakan lagi secara fisik
  2. Sifat larutan : Sama secara keseluruhan dan sulit dibedakan antara zat pelarut dan zat terlarut.
  3. Contoh larutan :Larutan Gula garam, udara yang bersih, alk*hol 70%, larutan garam, larutan cuka, larutan gula, spirtus, air laut, dan bensin.
  4. Bukan pola :Suspensi contohnya lumpur, tepung, dan semen. Koloid contohnya Darah, santan, mentega air mineral
4. Sebutkan caramu untuk menjaga persatuan dan kesatuan!
Cara menjaga persatuan dan kesatuan antara lain sebagai berikut.
Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat
Setiap warga masyarakat menuntaskan duduk perkara sosial secara bersama-sama
Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran
Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa
Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
Mendahulukan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan eksklusif dan golongan
Memberikan kesempatan yang sama kepada suku bangsa untuk memperkenalkan kesenian wilayahnya ke tempat lainnya.
Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa
Memberikan kesempatan yang sama kepada semua tempat untuk membuatkan kebudayaan tempat lainnya

5. Apa hubungan antara bupati, lurah/kepala desa, ketua RT dan ketua RW?
Bupati, Lurah/Kepala Desa, RT, dan RW ialah forum politik. Fungsi forum politik sendiri ialah menjalankan roda perpolitikan dengan menjalankan tugasnya semaksimal mungkin biar roda perpolitikkan sanggup berjalan dengan lancar.

6. Sebutkan 1 forum pendidikan yang kau ketahui dan tulislah keuntungannya bagi masyarakat!
Salah satu forum pendidikan ialah Sekolah Dasar, Manfaat sekolah dasar bagi masyarakat ialah memberi bekal kemampuan dasar membaca , menulis dan berhitung, pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya, serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan di SLTP.

7. Siapa yang bertanggung jawab untuk menjaga keutuhan wilayah? Jelaskan!
Menjaga keutuhan wilayah menjadi tanggung jawab seluruh warga negara. Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam perjuangan pembelaan negara dan  Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.

8. Mengapa budaya tegur sapa sangat penting? Jelaskan!
Pada ketika kita bertemu dengan siapapun, kita perlu berkomunikasi, yaitu dimulai dengan bertegur sapa. Bertegur sapa sangat bermanfaat biar hubungan dengan sesama tetap baik. Budaya tegur sapa merupakan salah satu pengamalan dari nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Budaya tersebut merekatkan kekeluargaan dan memunculkan persatuan.

9. Siapa yang bertanggung jawab menjaga keamanan di kabupaten? Jelaskan bagaimana keamanan bisa terwujud!
Pihak yang bertanggung jawab atas keamanan ialah seluruh warga masyarakat, keamanan bisa terwujud dengan kesadaran diri masing masing

10. Siapa yang bertanggung jawab menjaga keamanan di sekitarmu? Jelaskan!
Menjaga keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga negara yang baik. Salah satu penggalan terpenting dalam pemeliharan keamanan lingkungan ialah kiprah serta masyarakat. Dalam hal ini bentuk partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan diwujudkan dalam bentuk Sistem Keamanan Lingkungan.

11. Jelaskan makna lagu Sarinande!
Lagu Sarinande berasal dari tempat Maluku. Lagu tersebut menceritakan tradisi Maluku, yaitu menguji gadis-gadis dalam keterampilan di bidang kewanitaan sebelum memasuki jenjang pernikahan. Zaman dulu para gadis juga diuji keterampilan memasaknya. Meniup api di depan tungku memerlukan kesabaran dan perilaku rendah hati.

Dalam lagu, Sarinande ialah seorang gadis yang beranjak dewasa. Ibunya melihat Sarinande infeksi matanya, menunjukan bahwa ia belum bisa meniup api di tungku. Esok ia sanggup mencobanya lagi.

12. Apa yang harus kau lakukan ketika menyanyikan lagu daerah?
Menyanyikannya dengan baik ketika menyanyikan lagu tempat usahakan bernyanyi sesuai mulut lagunya. Saat menyanyikan lagu tempat dengan benar, berarti sudah mengatakan penghargaan terhadap hasil karya anak bangsa. Kegiatan tersebut merupakan wujud dari perilaku cinta tanah air dan pengamalan nilai persatuan dan kesatuan.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel