Simetri Lipat Pada Berdiri Datar

Simetri Lipat yaitu jumlah lipatan yang sanggup dibuat oleh suatu bidang datar menjadi 2 bab yang sama besatidar. Beberapa bagun datar yang sanggup kita temukan di sekitar kita ada yang mempunyai simetri lipat, namun juga ada yang tidak. Cara memilih simetri lipat pada sebuah berdiri datar yaitu dengan cara melipat berdiri tersebut sehingga terbentuk dua bab berdiri datar yang sama besar. Apabila sebuah berdiri datar saat dilipat tidak sanggup membentuk dua bab sama besar maka berdiri tersebut dikatakan tidak mempunyai simetri lipat.

Untuk mencari simetri lipat dari suatu berdiri datar sanggup dilakukan dengan menciptakan percobaan dengan menciptakan kepingan kertas yang ukurannya menyerupai dengan yang akan diuji coba. Lipat-lipat kertas tersebut untuk menjadi dua bab sama besar. Jika suatu berdiri dilipat menjadi dua, sehingga lipatan yang satu sanggup menutup bab yang lain dengan tepat, maka dikatakan berdiri tersebut mempunyai simetri lipat.

Bangun datar yang mempunyai simetri lipat antara lain persegi, persegi panjang, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga siku-siku sama kaki, trapesium sama kaki, belah ketupat, layang-layang, elips/oval, segilima beraturan, segienam beraturan, segitujuh beraturan, segidelapan beraturan, dan lingkaran. Sedangkan berdiri yang tidak mempunyai simetri lipat yaitu jajar genjang, segitiga sembarang, dan trapesium sembarang.

Untuk lebih jelasnya berikut ini saya mencoba menyajikan simetri lipat pada beberapa berdiri datar.

1. Belah Ketupat
Belah ketupat (inggris rhombus) yaitu berdiri datar dua dimensi yang dibuat oleh empat buah rusuk yang sama panjang, dan mempunyai dua pasang sudut bukan siku-siku yang masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya. Simetri lipat pada Belah Ketupat: Belah ketupat mempunyai 2 simetri lipat:
  1. Simetri lipat pertama: B-D. B bertemu dengan D dengan AC sebagai sumbu simetri.
  2. Simetri lipat kedua: A-C. A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri.

2. Persegi
Persegi yaitu berdiri datar dua dimensi yang dibuat oleh empat buah rusuk yang sama panjang dan mempunyai empat buah sudut yang kesemuanya yaitu sudut siku-siku. Bangun ini dahulu disebut sebagai bujur sangkar. Simetri lipat pada bujur sangkar. Bujur kandang mempunyai 4 simetri lipat
  • Simetri lipat pertama: A bertemu dengan D dan B bertemu dengan C.
  • Simetri lipat kedua: A bertemu dengan B dan C bertemu dengan D.
  • Simetri lipat ketiga: A bertemu dengan C. BD yaitu sumbu simetri yang membagi bangunan menjadi dua bab yang sama besar.
  • Simetri lipat keempat: B bertemu dengan D. AC yaitu sumbu simetri yang membagi bangunan menjadi dua bab yang sama besar


3. Persegi Panjang
Persegi panjang (inggris rectangle) yaitu berdiri datar dua dimensi yang dibuat oleh dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya, dan mempunyai empat buah sudut yang kesemuanya yaitu sudut siku-siku. Persegi panjang mempunyai 2 simetri lipat
  • Simetri lipat pertama: A betemu dengan D dan B bertemu dengan C.
  • Simetri lipat kedua: A bertemu dengan B dan D bertemu dengan C.

4. Trapesium Samakaki
Trapesium sama kaki merupakan trapesium yang mempunyai dua buah sisi yang sama panjangnya, sisi tersebut biasa di sebut dengan kaki. Trapesium sama kaki mempunyai 1 simetri lipat yaitu: A bertemu dengan B dan D bertemu dengan C.

5. Layang-Layang
Layang-layang yaitu berdiri datar dua dimensi yang dibuat oleh dua pasang rusuk yang masing-masing pasangannya sama panjang dan saling membentuk sudut. Layang-layang mempunyai 1 simetri lipat: B-D. A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri.

6. Lingkaran
Lingkaran yaitu kumpulan titik-titik yang membentuk lengkungan tertutup, dimana titik-titik pada lengkungan tersebut berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Titik tertentu yang dimaksud disebut titik pusat. Lingkaran mempunyai simetri lipat yang jumlahnya tak terhingga, alasannya yaitu bundar sanggup dibagi dua dengan jumlah tak terhingga dengan banyak. Berikut ini hanya pola beberapa simetri lipat pada berdiri lingkaran.

7. Oval/Elips
Elips yaitu salah satu pola dari irisan kerucut dan sanggup didefinisikan sebagai lokus dari semua titik, dalam satu bidang, yang mempunyai jumlah jarak yang sama dari dua titik tetap yang telah ditentukan sebelumnya (disebut fokus). Elips Oval mempunyai 2 simetri lipat:
  • Simetri lipat pertama D bertemu dengan B dengan AC sebagai sumbu simetri.
  • Simetri lipat kedua A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri.

8. Segitiga Samakaki dan Segitiga Siku-siku Samakaki.
Segitiga sama kaki yaitu segitiga yang dua dari tiga sisinya sama panjang. Segitiga ini mempunyai dua sudut yang sama besar. Segitiga sama kaki mempunyai 1 simetri lipat: A bertemu dengan B, dimana C sebagai sumbu simetri.


9. Segitiga Samasisi
Segitiga sama sisi (bahasa Inggris: equilateral triangle) yaitu segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Sebagai jadinya semua sudutnya juga sama besar, yaitu 60o. Segitiga sama sisi mempunyai 3 simetri lipat yaitu :
  1. Simetri lipat pertama: C sebagai sumbu simetri maka A bertemu dengan B.
  2. Simetri lipat kedua: B sebagai sumbu simetri maka A bertemu dengan C.
  3. Simetri lipat ketiga: A sebagai sumbu simetri maka B bertemu dengan C.

10. Segilima Beraturan
Pentagon atau segi lima yaitu poligon apapun yang bersisi lima. Meskipun begitu, istilah ini sering dipakai untuk merujuk kepada segi lima sama sisi, di mana semua sisinya mempunyai panjang yang sama dan seluruh sudutnya sama besar (108°). Segilima beraturan mempunyai 5 simetri lipat. Berikut ini simetri lipat pada segilima beraturan.

11. Segienam Beraturan
Segienam (heksagon) yaitu sebuah segibanyak (poligon) dengan enam sisi dan enam titik sudut. Segienam beraturan yaitu suatu segienam dengan panjang sisi dan besar sudut dalam yang sama. Sudut dalam pada segienam beraturan yaitu 120°. Segienam beraturan mempunyai 6 simetri lipat. Berikut ini simetri lipat pada segienam beraturan.

12. Segitujuh Beraturan
Segi tujuh (disebut juga dengan heptagon) yaitu sebuah poligon dengan tujuh sisi dan tujuh sudut. Dalam segi tujuh beraturan, di mana panjang semua sisi dan besar semua sudut sama. Segitujuh beraturan mempunyai tujuh simetri lipat. Simetri lipat pada berdiri segitujuh beraturan yaitu menyerupai gambar di bawah ini.

13. Segidelapan Beraturan
Oktagon atau segi delapan yaitu sebuah segi banyak atau poligon yang mempunyai delapan sisi. Sesuai dengan namanya berdiri ini mempunyai 8 simetri lipat. Berikut ini yaitu simetri lipat pada segidelapan beraturan (ada delapan simetri lipat).

Demikian klarifikasi mengenai simetri lipat pada beberapa berdiri datar yang sanggup saya tulis. Jika ada yang masih kurang lengkap mohon berikan komentar yang bersifat membangun demi perbaikan pada goresan pena ini.

0 Response to "Simetri Lipat Pada Berdiri Datar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel