Pembelajaran 6 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan

Sebelumnya kau telah mengenal dan berlatih bagaimana melaksanakan permainan engklek. Ayo, kita mengenal dan berlatih permainan tersebut lebih lanjut.

Ayo Berkreasi
Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia. Sebelumnya, kau telah mengenal dan mempelajari permainan tradisional tersebut. Apakah kau masih ingat cara memainkannya? Ceritakan apa yang kau ketahui kepada sahabat satu kelompok.

Tahukah Kamu?
  1. Permainan tradisional Engklek sanggup dimainkan dengan beberapa cara yang berbeda? Permainan tradisional Engklek dikenal juga dengan istilah Angklek atau Ingkling. Permainan Engklek merupakan permainan berjalan atau melompat dengan memakai satu kaki pada bidang datar dengan peraturan yang disederhanakan dan disepakati oleh para pemainnya.
  2. Permainan tradisional ini mempunyai banyak variasi tergantung janji yang memainkannya.
  3. Berdasarkan penelitian, ditemukan 43 jenis permainan Engklek, namanya pun berbeda-beda di tiap daerah. Istilah Engklek biasa dipakai di tempat Jawa. Pola petak Engklek ada 11 macam. Yang biasa dipakai di Jawa jenis Engklek Ebrek dan Engklek Gunungan.
Sebelumnya kau juga telah mencar ilmu keterampilan dasar yang diharapkan dalam permainan engklek. Apa saja keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan hasilnya.
Keterampilan dalam permainan engklek antara lain : berjalan tegak. Berlari. Melompat dengan referensi satu kaki, dan Meloncat dengan referensi dua kaki.

Salah satu alat yang dipakai dalam permainan Engklek yaitu Gacuk. Gacuk tersebut dilemparkan ke kotak-kotak tertentu pada kotak-kotak yang terdapat pada pola sesuai hukum bermain.

Pada permainan kali ini kau akan mempraktikkan memindahkan Gacuk dengan menendang. Perhatikan klarifikasi dan peragaan dari guru. Selain itu, kau akan bermain Engklek dengan pola petak yang berbeda-beda. Sebelumnya, perhatikan pola petak Engklek berikut.

Ayo Berdiskusi
Tulis pengalamanmu bermain Engklek bersama teman-temanmu dengan menjawab pertanyaan berikut.
  1. Keterampilan dasar apa saja yang kau perlukan dalam bermain Engklek? Jelaskan.Berjalan, berlari, dan melompat
  2. Apakah kau sanggup melaksanakan keterampilan dasar tersebut dengan baik? Jelaskan. Saya sanggup melakukanya dengan baik.
  3. Apa rencanamu untuk meningkatkan keterampilan tersebut di masa yang akan datang? Banyak berlatih gerak dasar berjalan, berlari dan melompat.
  4. Sikap apa saja yang harus kau tunjukkan dikala bermain engklek dengan sahabat yang berbeda-beda? Kerjasama, toleransi dan saling menghargai.
  5. Apakah dalam permainan engklek diharapkan kolaborasi yang baik dari pemainnya? Jelaskan.
  6. Apa yang terjadi kalau tidak ada kolaborasi yang baik antara pemain engklek? Permainan tidak akan berjalan dengan baik alasannya yaitu masing-masing mementingkan diri sendiri.
Ayo Berlatih
Tentunya kau masih ingat dongeng ihwal Sikap Membantu Bersama. Apakah kau masih ingat gagasan pokok ihwal dongeng tersebut? Diskusikan hal tersebut secara berpasangan dengan temanmu.

Sekarang dengarkan gurumu membacakan kembali dongeng tersebut. Buatlah ringkasan dari teks ekspresi ihwal Wedang Jahe tersebut pada skema berikut dengan menuliskan kembali terlebih dahulu gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, yaitu keragaman suku, agama, sosial dan budaya, sampai masakan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri.
  1. Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada? Jelaskan. Menghargai, melestarikan, dan menjaga apa yang diberikan Tuhan kepada kita. 
  2. Apa manfaat yang kau peroleh dari keberagaman yang ada? Keberagaman yang ada bermanfaat untuk alat pemersatu bangsa dan menumbuhkan perilaku nasionalisme.
Evaluasi :
1. Ukur masing-masing sudut pada berdiri berikut memakai busur. Catat jadinya pada tabel.

GambarSudutBesar SudutGambarSudutBesar Sudut
Aa70°Bd105°
b65°e25°
c45°f50°
Cg45°Dm115°
h135°n65°
i45°p90°
k135°q90°
2. Tentukan besar masing-masing sudut berdiri berikut tanpa mengukur.

3. Tulislah 3 sifat suara yang kau ketahui.
  1. Bunyi merambat melalui benda padat, cair, dan gas
  2. Bunyi sanggup dipadukan
  3. Bunyi sanggup dipantulkan
  4. Bunyi sanggup diserap
4. Jelaskan proses terjadinya bunyi.
Bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut mengakibatkan gelombang suara di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi.

5. Apakah yang dimaksud dengan suara pantul? Bagaimana proses terjadinya? Jelaskan.
Bunyi pantul yaitu suara yang terdengar kembali kepada sumber suara berasal. Bunyi pantul terjadi kalau dalam perambatannya dihalangi oleh benda yang permukaannya keras menyerupai kayu, kaca, dinding, atau besi.

6. Bagaimana caramu menciptakan ringkasan dengan baik menurut teks lisan? Jelaskan.
  1. Mendengarkan teks dengan seksama.
  2. Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
  3. Mengetahui kesan umum dari teks.
  4. Menuliskan kalimat gres menurut kesan umum dan gagasan pokok
7. Apa persamaan dan perbedaan dalam menciptakan ringkasan teks tertulis dan teks lisan. Jelaskan.

8. Sebutkan contoh-contoh keberagaman yang telah kau pelajari.
  1. Keberagaman suku bangsa menyerupai Jawa, Sunda, Minangkabau, Bali,Ambon, dsb.
  2. Keberagaman bahasa menyerupai bahasa Aceh, bahasa Betawi, bahasa Jawa, dll.
  3. Keberagaman agama menyerupai Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu, dll.
9. Apa perilaku yang perlu kau terapkan dikala bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Jelaskan.
Kita harus saling menghargai walaupun mempunyai perbedaan. Selain itu, kita sebaiknya mementingkan kepentingan umum dan tidak memaksakan kehendak sehingga kekompakan dan persatuan tetap terjaga.

10. Bagaimana kau mensyukuri keberagaman yang ada di sekitarmu?
Kita sanggup mensyukuri keberagaman dengan saling menghargai dan menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang saling melengkapi dan pemersatu.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel