Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu

Kita telah mempraktikkan sikap-sikap untuk menjadi seorang penemu. Ayo, kita temukan contoh irama sederhana untuk mengiringi sebuah lagu.

Ayo Berkreasi
Ketika melaksanakan kegiatan pertunjukkan perilaku yang perlu ditunjukkan yaitu kerjasama (hafal nada, tidak dominan, disiplin berlatih) yang baik dalam tim ketika bermain musik secara ansambel sehingga musik yang disajikan sanggup dinikmati oleh pendengar dengan baik.

Setelah berlatih menyanyikan lagu dan berkreasi menciptakan contoh irama, hari ini kau akan melaksanakan pertunjukan. Sebelum melaksanakan pertunjukkan perhatikan tips berikut biar penampilan kelompokmu maksimal.
  1. Berdoalah bersama kelompokmu.
  2. Siapkan peralatan yang akan dimainkan dengan benar.
  3. Lakukan koordinasi kelompok biar setiap anggota tim tahu akan tanggungjwabnya.
  4. Lakukan latihan untuk persiapan tampil.
  5. Siapkan mental biar tidak grogi ketika pementasan.
  6. Tampillah dengan percaya diri.
Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.
  1. Memberikan penjiwaan ketika menyanyi dan memainkan alat musik dengan memperhatikan kesesuaian jenis musik dan artikulasi sehingga pesan dari lagu hingga ke pendengar.
  2. Menyanyikan lagu dengan memperlihatkan ketepatan membaca notasi, ketepatan melodi, ketepatan dengan harmoni sehingga musik yang dihasilkan terdengar harmonis.
  3. Menghasilkan sebuah contoh irama: originalitas yang bisa dipertanggungjawabkan, permainan irama terdengar serasi atau harmonis, terdapat variasi pengembangan dari contoh irama dasar sehingga terdengar tidak monoton.
Tahukah Kamu?
Berawal dari Sebuah Masalah
Banyak penemuan yang dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul dalam bencana sehari-hari hidup kita. Niat dan upaya untuk mengatasi dilema di sekitar kita yaitu kunci utama menjadi penemu.

Penemu atau inovator yaitu mereka yang bisa memperlihatkan solusi terhadap dilema melalui inovasinya. Beberapa huruf dan perilaku yang dimiliki oleh penemu yaitu mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, tekad kuat, disiplin, kerja keras, pantang menyerah, serta bertanggung jawab. Sikap hidup tesebut menjadi dorongan bagi inovator untuk memperlihatkan solusi dari permasalahan yang ada.

Banyak penemu yang menemukan sebuah terobosan dari permasalahan sehari-hari. Contohnya Earl Dickinson, diawali dari permasalahan istrinya yang jarinya sering terluka ketika memasak. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi, Earl ingin mengetahui cara untuk mengatasi luka tersebut dengan cepat sehingga ia menemukan plester luka ringan band-aid.

Contoh lain yaitu Thomas Alva Edison, dengan tekad berpengaruh ia tidak pernah mengalah menghadapi kegagalan. Ia terus mencoba hingga 999 kali sebelum kesannya menemukan elemen yang tepat untuk lampu pijarnya. Kemudian Habibie dengan disiplin dan kerja keras kesannya berhasil menemukan solusi untuk mengatasi dilema keretakan pada tubuh pesawat terbang.

Dari banyak sekali fakta sejarah tersebut, bisa dilihat bahwa permasalahan dalam kehidupan bukan merupakan rintangan, tetapi menjadi sumber ide untuk berinovasi dan menemukan solusi yang mempunyai kegunaan bagi lingkungan.

Jawab pertanyaan berikut:
  1. Apa yang menjadi latar belakang seorang inovator berhasil menemukan suatu penemuan baru? Inovasi atau penemuan biasanya dilatari oleh permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari
  2. Sikap apa saja yang perlu dimiliki seorang inovator hingga berhasil menemukan penemuan baru? Rasa ingin tahu yang tinggi, tekad kuat, disiplin, kerja keras, pantang menyerah, serta bertanggung jawab.
  3. Bagaimana perilaku seorang inovator ketika menghadapi kegagalan? Permasalahan dalam kehidupan bukan merupakan rintangan, tetapi menjadi sumber ide untuk berinovasi dan menemukan solusi yang mempunyai kegunaan bagi lingkungan.
Bagaimanakah hak dan kewajiban sebagai seorang penemu?
Kewajiban seorang ilmuwan ialah memperlihatkan pinjaman pengetahuan gres yang sanggup bermanfaat bagi orang lain. Haknya yaitu mendapatkan penghargaan atas apa yang ditemukan .

Ayo Mencoba
Sekarang kau akan mencoba menjadi seorang penemu cilik, ikuti isyarat berikut:

Ayo Menjadi Penemu Cilik
Langkah-langkah:
  1. Pilih satu jenis benda, kau sanggup menentukan benda yang paling kau sukai atau benda yang berdasarkan kau masih bermasalah dan perlu disempurnakan sehingga akan mempunyai fungsi yang lebih baik lagi.
  2. Amati benda tersebut, tuliskan ciri-ciri dan fungsi atau kegunaan benda tersebut secara rinci.
  3. Berdasarkan fungsi benda tersebut di masa sekarang, berimajinasilah biar benda tersebut mempunyai fungsi tambahan.
  4. Tulis dan gambarkan fungsi tambahan serta atributnya secara rinci.
  5. Prentasikan gambar benda yang telah kau modifikasi tersebut di depan teman-teman yang lain.
WaktuCiri-ciri dan Kegunaanya
Sekarang

Topi yaitu suatu jenis epilog kepala. Penggunaan Topi dimaksudkan untuk beberapa alasan. Umumnya dipakai sebagai aksesoris pakaian. Dalam beberapa upacara seremonial dan keagamaan penggunaan topi sanggup menjadi keharusan. Topi berfungsi sebagai epilog kepala dari panas atau hujan dan topi yang ada kini biasanya terbuat dari kain
Masa Depan

Pada masa yang akan tiba topi tidak hanya untuk melindungi dari hujan dan panas tapi memliki kegunaan yang lain, diantaranya adalah.
  1. Sebagai epilog kepala dari panas, hujan, benturan, terpaan angin, atau udara kotor dan debu.
  2. Terbuat logam/baja ringan tetapi kuat.
  3. Dilengkapi beling tipis, kuat, dan antipecah di bab wajah yang bisa dinaik/ turunkan sesuai kebutuhan.
  4. Dilengkapi alat komunikasi(telepon), musik, dan radio di bab indera pendengaran yang berukuran kecil.
Ayo Ceritakan
  1. Presentasikan penemuan kau di depan kelas. Kamu boleh menanggapi: oke atau tidak oke disertai alasan, memperlihatkan masukan, atau bertanya.
  2. Ingatlah untuk saling menghargai hasil pekerjaan teman, bersikap sportif dan terbuka, mau mendapatkan masukan jikalau memang benar, serta tetap hening ketika mendapatkan kritikan.
Ayo Berkreasi
Buatlah sketsa rumah impianmu memakai paling sedikit 4 jenis bangkit datar, kemudian hitung luasnya.

Ayo, kita terapkan perilaku hidup para inovator tersebut! Temukan dilema dan ciptakan penemuan untuk mengatasinya.

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel