Pembelajaran 5 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan
Thursday, August 30, 2018
Add Comment
Ayo Berkreasi
Menari yakni acara seseorang yang sedang melaksanakan tari. Orang yang sedang menari disebut penari. Menari berbeda dengan bermain, berpantomim atau bersenam. Seorang anak sanggup dikatakan menari apabila anak menyadari bahwa ia sedang menari, bukan sedang bermain, bukan sedang bersenam.
Anak menyadari bahwa ia sedang mengungkapkan sesuatu melalui tarian yang sedang ditarikan. Sesuatu itu sanggup berupa gagasan, perasaan, pengalaman atau pikiran. Anak tidak bergerak spontanitas. Ia bergerak menurut gerak yang telah disusun dan ditata.
Sebelum kau melaksanakan penampilan tari Bungong Jeumpa, diskusikan secara berkelompok keterampilan yang harus dilakukan ketika menari. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.
- Gerakan. Seluruh gerakan yang ditunjukkan ketika menari sesuai dengan ketentuan tarian.
- Teknik menari : Menarikan sebuah tarian dengan menunjukkan : perilaku badan yang sesuai dengan tarian yang dibawakan, gerakan yang dibawakan sesuai dengan irama, gerakan yang dibawakan sesuai dengan tempo sehingga tarian yang ditunjukkan terlihat harmonis
- Penjiwaan. Memberikan penjiwaan ketika menari yang memperhatikan jenis tarian sehingga pesan dari tarian sanggup dimengerti oleh penonton.
Apresiasi seni yakni merupakan suatu evaluasi terhadap suatu karya seni, mulai dari mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut.
Kelompok | Hal yang sudah dilakukan dengan baik | Hal yang belum dilakukan dengan baik | Saran |
---|---|---|---|
1. | Gerakan | - | - |
2. | Teknik Menari | - | - |
3. | Ekspresi | - | - |
- Apa yang kau ketahui wacana penampilan tari dari kelompok tersebut?
- Bagaimana pendapatmu wacana penampilan mereka?
- Menurutmu, bab mana yang menarik dari penampilan kelompok tersebut? Mengapa?
- Apa saran yang akan kau sampaikan kepada kelompok tersebut biar mereka tampil lebih baik lagi?
Kamu telah mengenal wacana keragaman sosial dan budaya pada pelajaran sebelumnya. Sekarang kau akan menulis wacana keragaman sosial dan budaya yang ada di provinsimu.
Sebelum menulis, kau sanggup melaksanakan wawancara kepada masyarakat sekitar (teman, guru, dan orang tua). Selain itu, kau juga sanggup melengkapi hasil wawancara kau dari banyak sekali sumber bacaan, menyerupai buku perpustakaan, surat kabar, atau banyak sekali sumber dari internet. Tulis informasi yang kau peroleh pada kolom berikut.
Keragaman Sosial Budaya Jawa tengah
Jawa Tengah yakni sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bab tengah Pulau Jawa. Luas daerahnya 34.548 km², atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.
Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga meliputi wilayah Daerah spesial Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai "jantung" budaya Jawa. Meskipun demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang mempunyai budaya yang berbeda dengan suku Jawa menyerupai suku Sunda di kawasan perbatasan dengan Jawa Barat. Selain ada pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini. Berikut ini keragaman sosial budaya Provinsi Jawa tengah.
- Bahasa Daerah : Jawa, Tionghoa, dan Sunda
- Lagu Daerah : Suwe Ora Jamu, Gek Kepiye,Lir-Ilir,Gambang Suling
- Rumah Adat : Joglo
- Tari : Tari Gatotkaca, Gandrung
- Suku : Jawa, Samin, Kangean, Karimun
- Makanan khas : Lumpia, Soto Sokaraja, Dawet Ayu Banjarnegara, Sega pecel dan lain-lain.
- Senjata Adat : Keris
- Agama : Islam (96%), Katolik (2,6%), Hindu (0,19%), Budha (0,41%)
- Alat musik : Gamelan Jawa
- Seni Pertunjukan : Wayang kulit, Kethoprak, Ebeg, dan lain-lain
- Kerajinan : Ukir Jepara, Keramik Banjarnegara, Genteng Sokka Kebumen dan lain-lain
- Obyek Wisata : Candi Borobudur, Masjid Demak, Dieng, Baturaden
Ayo Berlatih
Perhatikan kembali tangram yang telah kau buat. Cermati bangkit segiempat yang ada. Apakah kau sanggup memperkirakan besar sudut pada segiempat tersebut? Diskusikan dengan sobat satu kelompok. Perhatikan gambar segiempat berikut.
- Apakah kau sanggup menemukan besar sudut yang belum diketahui dari segiempat di atas tanpa mengukur memakai busur? Jelaskan. Sudut segiempat sanggup ditemukan dengan pengurangan 360° dikurangi jumlah sudut yang sudah ada.
- Bagaimana caramu memilih besar sudut tersebut? Berikan contoh.
Cara Menentukan Besar Susut | ||
---|---|---|
No. | Bangun | Besar Sudut |
1. | a | 360° - (115°+70°+70°) = 360° - 255° = 105° |
2. | b | 360° - (90°+90°+125°) = 360° - 305° = 55° |
3. | c | 360° - (72°+108°+72°) = 360° - 252° = 108° |
4. | d | 360° - (46°+90°+102°) = 360° - 238 = 122° |
5 | e | 360° - (55°+55°+125°) = 360° - 235°= 125° |
6 | f | 360° - (120°+86°+120°) = 360° - 326° = 34° |
- Apa yang sanggup kau simpulkan wacana kekerabatan antarsudut pada bangkit segiempat? Jumlah sudut segiempat yakni 360°
0 Response to "Pembelajaran 5 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan"
Post a Comment