Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia

Perhatikan lingkungan di sekitarmu. Amati benda-benda di sekitarmu, sebagian besar memakai energi listrik. Banyak manfaat listrik yang mempermudah kehidupan manusia. Siapakah tokoh penemu yang berjasa sehingga listrik sanggup dinikmati oleh warga dunia?

Seorang penemu ialah orang yang membuat inovasi baru, biasanya alat teknik ibarat alat atau metode mekanis, elektronik, atau peranti lunak. Meskipun penemu bisa juga seorang ilmuwan, tetapi biasanya penemu menemukan sesuatu menurut aneka macam pengetahuan dari ilmuwan lainnya, bereksperimen dengan penerapan mudah dan kombinasi aneka macam pengetahuan tersebut, serta dengan membuatkan dan mengombinasi alat-alat yang ada, untuk membuat alat gres yang bermanfaat.

Ayo Amati
Amatilah gambar rumah Edo di bawah ini.

Di rumah Edo, benda apa saja yang memakai listrik? Kipas angin, Televisi, Radio, Lampu.

Apa manfaat listrik untuk Edo?
No.Alat-alatFungsiManfaat listrik untuk Edo
1.TelevisiMedia elektronik
audio visual
sebagai sumber
informasi dan
cakrawala dunia, informasi dan hiburan.
  1. Edo mendapat informasi dan informasi penting dari televisi
  2. Edo memperoleh banyak pengetahuan
  3. Edo mendapat hiburan dari program televisi
2.Kipas AnginMenghasilkan angin guna mendinginkan
udara, menyegarkan saat
udara panas, sebagai
exhaust fan serta alat pengering.
  1. Ruangan Edo terasa hirau taacuh dan segar pada ketika udara panas dengan kipas angin
  2. Edo sanggup memfaatkan kipas angin ketika memperabukan sate atau mengeringkan pakaian
3.Lampu ListrikMenerangi ruangan atau halaman
rumah ketika gelap atau
malam hari
  1. Terang lampu di malam menambah tingkat keamanan rumah Edo
  2. Terang lampu membantu Edo beraktifitas malam: belajar, bermain atau membantu ibu dll
  3. Edo sanggup melihat lebih terperinci ruangan atau halaman ketika gelap
4.RadioMedia elektronik audio sebagai sumber
informasi dan cakrawala
 dunia, informasi dan
hiburan
  1. Edo mendapat informasi dan informasi penting dari bunyi radio
  2. Edo memperoleh banyak pengetahuan dari bunyi radio
  3. Edo mendapat hiburan dari bunyi radio
Sekarang, coba kau amati di sekitarmu. Tulislah manfaat listrik yang kau rasakan.
  1. Sebagai sumber penerangan. Pada ketika malam hari ketika sinar matahari tidak ada,  Energi listrik bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa dipakai untuk menyalakan lampu. Dengan lampu listrik kita sanggup mencar ilmu dengan baik. Bayangkan jaman dulu ketika belum ada listrik. Sumber penerangan hanya memakai lampu minyak tanah. Selain sinarnya kurang terang harga minyak tanah mahal harganya, sehingga pada ketika acara mencar ilmu terganggu.
  2. Sumber Energi. Energi listrik dijadikan sebagai sumber energi alasannya ialah listrik bisa dijadikan sebagai penghasil energi bagi peralatan lainnya. Misalnya saja ialah sumber energi untuk menghidupkan aneka macam macam peralatan rumah tangga dan juga peralatan elektronik lainnya.
  3. Sarana Hiburan. Sarana hiburan yang biasa kita gunakan sebagian memanfaatkan energi listrik. Sarana hiburan yang ada di rumah contohnya televisi, radio, tape recorder, dan CD player memakai energi listrik untuk menjalankannya.. 
  4. Penghasil Panas. Energi listrik bisa sanggup diubah menjadi energi panas yang dipakai aneka macam alat rumah tangga. Panas yang dihasilkan inilah yang dipakai dan juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Peralatan yang mengubah energi listrik menjadi energi panas diantaranya ialah setrika listrik, panggangan listrik, pengering rambut, solder, dan masih banyak lainnya.
  5. Penghasil Gerak. Energi listrik yang ada di dalam kehidupan ini juga bisa diubah menjadi energi gerak. Banyak peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik. Energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa dipakai untuk menggerakkan motor, mobil, kipas angin , blender dan masih banyak lagi lainnya.
Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan listrik kita sanggup menonton telivisi, mendengarkan radio, menyalakan lampu, dan lain-lain.

Menurut kalian, apa yang akan terjadi dengan kehidupan kita bila tidak ada listrik?
Apabila tidak ada listrik, jelaslah smua acara vital yang insan modern kini lakukan sebagai rutinitas akan sangat terganggu, baik dalam komunikasi (hp, laptop,), transportasi (mobil listrik, penerangan jalan), domestik (lampu rumah, kulkas, tv, hp, laptop), pekerjaan (las, komputer, dll)

Tahukah Kamu?
Nikola Tesla
Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, ialah penemu sistem pembangkit dan transmisi
listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola mempunyai rasa ingin tahu yang besar wacana berbagai
hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika. Ia pernah berhubungan dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo.

Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola membuatkan inovasi tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan gerojokan Niagara di Amerika. Maka semenjak ketika itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.

Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Berdasarkan teks tersebut, hal apa saja yang dilakukan oleh Nikola Tesla? Nikola Tesla menemukan sistem pembangkit dan transmisi listrik.
  2. Bagaimana inovasi Nikola Tesla tersebut bisa mengubah kehidupan warga dunia? Jelaskan dengan singkat. Setelah Michael Faraday memembangun menemukan energi listrik Nikola Tesla membuatkan inovasi tersebut dengan PLTA sehingga semenjak ketika itu listrik menerangi dunia hinga sekarang.
  3. Menurutmu, apa yang akan terjadi dengan kehidupan di dunia ketika ini, bila Nikola Tesla tidak menemukan pembangkit listrik. Tuliskan dalam satu paragraf sederhana! Nikola Tesla menemukan sistem pembangkit dan transmisi listrik sehingga listrik sanggup kita nikmati ketika ini. Jika ia tidak menemukan sistem pembangkit dan transmisi listrik mungkin kehidupan kita tidak akan sebaik ketika ini. Hal ini dikarenakan dengan inovasi sistem pembangkit dan transmisi listrik ilmu pengetahun berkembang dengan sangat cepat. Dengan berkembangnya ilmu pengetahun tercipta banyak alat yang memudahkan pekerjaan insan sehingga kesejahteraan insan menjadi lebih baik
Nikola Tesla ialah tokoh yang pertama kali membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia hingga listrik sanggup menerangi dunia. Tahukah kau bagaimana proses hingga listrik itu sanggup hingga ke rumahmu?

Tahap I
Di Pembangkit Listrik Di sentra pembangkit listrik, terjadi proses perubahan energi menjadi energi listrik. Turbin dan generator merupakan komponen utama dalam beberapa jenis pembangkit listrik. Contohnya di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Energi kinetik yang dihasilkan oleh aliran air diubah menjadi energi listrik oleh generator.

Tahap 2
Di Transformator Penaik Tegangan Di sini energi listrik dinaikkan tegangannya hingga 500 kV oleh generator. Hal ini diharapkan biar arus listrik yang mengalir di jalan masuk tidak terlalu tinggi. Dengan demikian perpindahan arus listrik berlangsung secara efektif dan efisien.

Tahap 3
Di Gardu Induk Melalui SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi), listrik dialirkan
ke Gardu Induk. Di sini tegangan listrik diturunkan menjadi tegangan menengah 20 kV oleh transformator penurun tegangan.

Tahap 4
Di Gardu Distribusi Di sini, energi listrik kembali diturunkan lagi tegangannya menjadi
tegangan rendah 220 Volt. Tegangan listrik sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan di
rumah. Setelah itu, energi listrik dialirkan ke rumah-rumah dan industri melalui jaringan distribusi.

Tahap 5
Di Rumahmu Nah, energi listrik sudah hingga di rumahmu. Kamu sanggup memanfaatkannya
untuk menonton TV, mendinginkan lemari es, menyerika, penerang ruangan, dan lain-lain.

Perjalanan yang panjang, dan tentunya membutuhkan biaya yang juga besar. Itulah mengapa, kalian harus bijak dan ekonomis dalam pemakaian listrik.

Berdasarkan teks yang kau baca jawablah pertanyaan berikut.
Jelaskan proses transmisi dan distribusi listrik sehingga hingga di rumahmu.
  1. Tenaga listrik awalnya dibangkitkan dari pusat-pusat listrik yang pada umumnya berupa PLTA. 
  2. Tenaga listrik yang dihasilkan dari sentra lisrik, tegangannya dinaikkan oleh Trafo Step Up yang ada di setiap gardu induk. Tujuan penaikan tegangan ini untuk memperbesar daya hantar listrik. 
  3. Setelah tegangan dinaikkan kemudian disalurkan melalui transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan/atau Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) menuju Gardu Induk (GI) untuk diturunkan tegangannya kembali menjadi tegangan menengah. 
  4. Setelah tegangan dari tenaga listrik yang dihasilkan diturunkan menjadi tegangan menengah 20 kV maka kemudian disalurkan ke jalan masuk distribusi atau dalam istilah Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), yang kemudian dari SUTM menuju Trafo distribusi untuk diturunkan kembali tegangannya menjadi 220 V.
  5. Setelah tegangan menurun menjadi 220 volt listrik dibagikan ke setiap konsumen rumah tangga melalui Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) hingga kita semua bisa menyalakan TV, Radio, AC dan lainnya.
Apa manfaat SUTET?
Fungsi SUTET ialah untuk menyalurkan energi listrik dari sentra pusat pembangkit listrik menuju sentra pusat Beban atau Konsumen dengan cara yang Efisien. Dengan SUTET PLN sanggup menyalurkan energi listrik dari sentra pembangkit menuju sentra beban (pelanggan) yang jarak Ratusan kolimeter dengan efisien.

Proses apa yang terjadi pada bab pembangkit tenaga listrik?
Pada proses pembangkitan tenaga listrik telah terjadi proses perubahan energi mekanik menjadi energi listrik. Turbin mekanik dipakai pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Turbin berfungsi mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, dengan cara mengubah potensi energi mekanik dari air,  menggerakkan atau memutar turbin yang porosnya dikopel dengan generator, selanjutnya dengan sistem pengaturannya generator tersebut akan menghasilkan daya listrik.

Ayo Berdiskusi
Teks yang kau baca tadi ialah teks eksplanasi ilmiah. Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah apa saja ciri-ciri teks eksplanasi ilmiah menurut teks yang telah kau baca tadi.

Pengertian Teks Penjelasan (Eksplanasi)
Teks eksplanasi ialah teks yang dibentuk untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun sosial secara ilmiah.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
Strukturnya terdiri atas:
  1. Pernyataan Umum: merupakan citra awal wacana apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum
  2. Deretan klarifikasi (eksplanasi): merupakan inti klarifikasi apa yang disampaikan
  3. Interpretasi: berisi pandangan atau simpulan penulis bersifat pilihan, boleh ada atau boleh juga tidak ada.
  4. Memuat informasi menurut fakta (faktual)
Ayo Membuat Laporan
Tulislah semua informasi wacana proses transmisi dan proses distribusi listrik dalam bentuk teks eksplanasi. Perhatikan hal-hal berikut:
  1. Tuliskan informasi hasil pengamatan wacana proses transmisi dan distribusi listrik hingga hingga di sekolahmu.
  2. Tuliskan fakta manfaat listrik yang kau rasakan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitarmu.
  3. Perhatikan penggunaan kosakata, abjad besar, tanda baca, dan kerapian tulisan.
Ayo Temukan
Tulislah jawaban kelompokmu pada selembar kertas dan tempelkan di papan tulis. Untuk memerkaya pengetahuanmu mengenai proses transmisi dan proses distribusi listrik, kau sanggup melaksanakan wawancara kepada narasumber PLN atau bila hal itu tidak memungkinkan, orang yang mempunyai pengetahuan wacana listrik di daerahmu. Buatlah daftar pertanyaan wacana proses transmisi dan proses distribusi yang akan kau tanyakan kepada narasumber.
  1. Apa yang dimaksud dengan transmisi dan distribusi listrik?
  2. Bagaimana proses transmisi dan distribusi listrik sehingga hingga di rumah?
  3. Apa yang dimaksud dengan jaringan SUTET?
  4. Apa kesimpulan wacana transmisi dan ditribusi listrik/
Contoh Teks Eksplanasi:
Pernyataan Umum
Transmisi dan distribusi ialah proses hantaran listrik yang berawal dari stasiun pembangkit listrik. Energi listrik dibangkitkan dengan memanfaatkan bermacam-macam sumber daya alam ibarat aliran air sungai atau air terjun, panas bumi, angin, atau gas alam.

Deretan penjelasan(eksplanasi)
Saat energi listrik dibangkitkan, Energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kV, biar arus listrik yang mengalir disaluran tidak terlalu tinggi. Sehingga efektif dan efisien. Energi listrik kemudian disalurkan melalui SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kV. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 Volt. Tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan di rumah.

Interpretasi.
Saat ini sistim transmisi memakai SUTET masih merupakan pilihan yang dipakai di sebagian besar wilayah Indonesia. Karena selain murah juga lebih gampang menjangkau aneka macam wilayah di Indonesia. Tetapi ketika ini banyak keluhan dari warga yang rumahnya berada di sekitar jaringan SUTET. Keluhan yang sering dirasakan warga antara lain sakit kepala, kejutan aliran listrik ringan, selain juga dampak secara psikis alasannya ialah kekhawatiran akan jaringan yang putus atau tiang roboh alasannya ialah peristiwa alam.

Ayo Analisis
Identifikasi dan tuliskan kembali setiap bab dari peralatan listrik pada proses transmisi dan distribusi listrik pada gambar di bawah ini.

No.Nama bagianFungsi
1.Pusat pembangkit energi listrik.Tempat proses perubahan energi gerak dari sumber daya alam menjadi energi listrik.
2.Saluran penghantar.Menyalurkan energi listrik ke transformator penaik tegangan.
3.Transformator penaik tegangan.Berfungsi untuk menaikan tegangan menjadi 500 kV
4.Jaringan transmisi tiang SutetSaluran transmisi, menyalurkan energi listrik tegangan tinggi.
5.Transformator penurun teganganMenurunkan tegangan sebelum didistribusikan ke gardu-gardu di aneka macam wilayah.
6.Jaringan distribusiMenyalurkan energi listrik bertegangan rendah dari gardu ke rumah-rumah warga 
7.Kotak listrik di rumahBerfungsi untuk menyalurkan energi listrik ke bagian-bagian dalam rumah
8.Jaringan distribusiMenyalurkan energi listrik bertegangan rendah dari gardu ke rumah-rumah warga
2. Nomor berapakah yang merupakan bab dari proses transmisi?
Proses transmisi yaitu nomor 3-5.

3. Apakah yang dimaksud dengan proses transmisi?
Proses transmisi yaitu jaringan untuk menyalurkan energi listrik tegangan tinggi dari sentra pembangkit listrik ke gardu-gardu induk.

4. Nomor berapakah yang merupakan bab dari proses distribusi?
Proses distribusi yaitu nomor 6.

5. Apakah yang dimaksud dengan proses distribusi?
Proses distribusi yaitu jaringan untuk menyalurkan energi listrik bertegangan rendah dari gardu induk ke rumah-rumah warga.

Ayo Temukan
Dari gambar sebelumnya, bentuk apa saja yang kau temukan? Bentuk-bentuk bangun
persegi panjang, persegi, segitiga, trapesium, lingkaran, dan lain-lain.

Beberapa bentuk yang kau temukan itu ialah poligon. Apakah poligon itu?
Poligon ialah bentuk tertutup dengan sisi yang terdiri atas garis lurus.

Berdasarkan bentuk yang kau temukan di kelas, kelompokkan mana yang termasuk poligon dan bukan poligon.

Tahukah kau bahwa sarang lebah juga terdiri atas poligon.
Poligon, apakah itu?
Sungguh menakjubkan bahwa Tuhan membuat sarang lebah yang tersusun dari sekumpulan bentuk segienam. Ahli matematika meneliti bahwa bentuk segienam ialah bentuk geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bab secara maksimum. Seandainya sarang lebah dibangun dengan bentuk lain akan banyak bab yang tidak terpakai. Akan lebih sedikit madu yang sanggup disimpan dan lebih sedikit lebah yang mendapat manfaatnya.

Setelah kau mencar ilmu wacana poligon, kini saatnya kau mengisi diagram Frayer untuk poligon.

Kerjakan latihan berikut.

1. Dari gambar berikut, manakah gambar yang merupakan bentuk poligon? Jelaskan.
2. Berapa jumlah poligon kau lihat pada gambar berikut.
3. Tariklah garis dalam bidang gambar berikut sehingga menghasilkan minimal 10 poligon.
4. Gambarlah suatu bangun yang terdiri atas adonan dua bangun datar yang telah kau pelajari. Kemudian hitung luasnya.

Seorang penemu mengawali penemuannya dengan rasa ingin tahu yang tinggi serta kemauan untuk bekerja tekun dan berpikir kritis. Nikola Tesla telah berusaha keras untuk menemukan cara supaya energi listrik sanggup disalurkan ke aneka macam wilayah. Ia berpikir keras, kemudian melaksanakan aneka macam percobaan dengan tekun hingga balasannya menemukan proses transmisi dan distribusi.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel