Pembelajaran 1 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan

Indonesia mempunyai keberagaman etika istiadat, makanan, permainan tradisional, lagu, tarian, serta lainnya. Kita perlu mensyukurinya alasannya sanggup menikmatinya.

Ayo Berdiskusi
Makanan tradisional Indonesia membutuhkan waktu dalam mengolahnya. Pembuatnya pun harus mahir membuatnya. Kamu akan berguru perihal seorang ibu pembuat dodol Betawi, masakan tradisional Betawi.

Dodol Betawi Mak Salmah
Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mak Salmah mendapatkan banyak pesanan. Mak Salmah ialah pembuat dodol tradisional betawi di kampungnya. Biasanya, saat menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang mengadakan Festival Betawi. Makanan betawi menjadi jajanan di festival. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona masakan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.

Sudah semenjak seminggu yang kemudian Mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu-ibu tetangganya menciptakan adonan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu. Membuat dodol betawi membutuhkan kerja sama. Tidak hanya perempuan. Laki-laki pun terlibat dalam pembuatannya. Biasanya, Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan. Adonan dituang kawa, kemudian diaduk sampai kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus menerus selama 8-12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh alasannya itu, pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.

Untuk memenuhi pesanannya, Mak Salmah selalu melibatkan tetangga- tetangganya. Mak Salmah ingin rejeki yang diperolehnya dari dodol betawi tidak dirasakannya sendiri. Mak Salmah juga ingin dodol betawi selalu dikenal. Ia ingin warga di sekitarnya juga ikut melestarikan masakan tradisional milik kampung sendiri. Dodol Betawi Mak Salmah ikut melestarikan budaya, memupuk kerja sama, serta menjalin keakraban antarwarga.
PargrafGagasan UtamaGagasan Pendukung
Paragraf 1Jakarta berulangtahunBanyak pesanan. Pembuat dodol. Festifal Betawi. Jajanan Betawi
Paragraf 2Mak Salmah bekerja kerasMembuat adonan dodol. Membutuhkan kerjasam. Proses mengadikm dodol.
Paragraf 3Dodol Betawi Mak SalmahMelibatkan tetangga. Dodol Betawi dikenal. Melestarikan masakan tradisional. Melestarikan budaya.
Aku suka sekali makan nasi uduk dengan irisan bawang goreng dan telur dadar. Itu masakan tradisional Betawi. Apa masakan favorit daerahmu? Apakah kau juga menyukai masakan khas kawasan lain? Bagaimana pendapatmu dengan beragamnya masakan khas negeri kita?

Ayo Menulis
Tahukah Kamu bahwa berbagai masakan khas kawasan di negeri kita ini? Berikut ialah beberapa contohnya. Ayo, kita kenali beberapa di antaranya!
  1. Sega jamblang (nasi jamblang dalam bahasa Indonesia) ialah masakan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Nama jamblang berasal dari nama kawasan di sebelah barat Kota Cirebon.
  2. Nasi pecel ialah sarapan kesukaan masyarakat Madiun, Jawa Timur.
  3. Lontong sayur sangat gampang kau temui di Jakarta dan Jawa Barat sebagai sajian sarapan favorit.
  4. Nasi krawu ialah masakan khas Kota Gresik yang terbuat dari gabungan nasi dan daging sapi dengan kadar minyak yang cukup tinggi.
  5. Nasi gudeg, atau dalam bahasa Jawa disebut sego gudeg, ialah masakan favorit di Yogyakarta.
Diskusikanlah dengan teman sekelompokmu perihal masakan tradisional yang kau ketahui. Sampaikan asal daerahnya, bagaimana membuatnya, kapan biasanya masyarakat setempat mencicipinya.
Baca Juga : Makanan Khas Daerah Indonesia

Pernahkah kau mencoba salah satu masakan tradisional? Ceritakan pengalamanmu dalam bentuk tulisan. Tulisanmu sanggup memuat tempat kau makan, asal masakan tradisional, bagaimana masakan dibuat, siapa yang sering makan masakan tersebut.

Wah, berbagai ya masakan di Indonesia ini. Apa lagi yang ingin kau ketahui perihal keberagaman masakan tradisional Indonesia. Di beberapa daerah, masakan tradisional ditawarkan penjual dengan berkeliling kampung. Terkadang mereka berteriak atau membunyikan alat mengatakan masakan tersebut. Suaranya nyaring terdengar.

Ayo Mencoba
Ingatkah kau bahwa suara memerlukan penghantar untuk sanggup terdengar? Media penghantar untuk perambatan suara ialah udara, zat cair, dan benda padat. Tahukah kau sifat-sifat suara lainnya?
Ayo kita lakukan percobaan berikut!

Baca Juga : Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Bunyi sebagai sebuah gelombang mempunyai sifat sanggup dipantulkan dan diserap. Bunyi akan dipantulkan dengan baik kalau mengenai benda-benda yang keras, ibarat permukaan dinding batu, semen, besi, beling dan seng. Bunyi akan diserap kalau mengenai benda-benda yang lunak, ibarat gabus, kapas, dan spons.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel