Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali ditemukan aneka macam bentuk sudut. Hampir semua benda di sekitar kita memilili sudut. Sudut yakni bab yang terletak diantara 2 garis yang berpotongan, Atau Sudut yakni himpunan semua titik dari dua sinar yang bersekutu pangkalnya. Beberapa jenis susut yang kita kenal diantaranya yakni sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku. Pernahkah kau melihat bangkit datar yang berbeda-beda yang ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan bangkit gres yang indah? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Amati
Untuk mengetahui lebih banyak ihwal sudut sanggup dilakukan dengan mengaamati gambar berikut!

Ayo Bertanya
Setelah mengamati motif selimut tadi, tulis hal yang ingin kau ketahui lebih lanjut ihwal sudut yang kau temukan! Ketika kau melihat bangunan yang mempunyai sudut, bagaimana kau mengetahui jenis sudut tersebut? Untuk mengetahui jenis sudut sanggup dilakukan dengan cara memperkirakan besar sudut tersebut lebih besar, sama dengan atau lebih kecil dari 90 derajat. Berapa banyak cara untuk mengetahuinya? Ada tiga cara.

Sekarang amati benda-benda yang ada di sekitarmu! Tulis nama benda yang mempunyai sudut siku-siku! Gambar dan tulis benda tersebut pada denah berikut!

Di kelas sebelumnya kau telah berguru ihwal aneka macam jenis sudut, dapatkah kau memakai sudut siku-siku untuk mengidentifikasi jenis sudut lainnya? Jelaskan jawabanmu! Berdasarkan besarnya sudut, sudut dibedakan menjadi tiga yaitu sudut siku-siku, lancip dan tumpul. Sudut lancip lebih kecil dari sudut siku-siku dan sudut tumpul lebih besar dari sudut siku-siku,

Ayo Lakukan
Ambil sebuah kertas origami atau kertas lain yang mempunyai sudut sikusiku. Gunakan kertas origami tersebut untuk mengukur/mengidentifikasi jenis sudut yang ditemukan pada benda-benda di sekitarmu. Tulis hasil temuanmu pada kolom berikut! Cara yang kau lakukan tadi yakni memilih jenis dan besar sudut dengan memakai satuan tidak baku.

Ayo Berkreasi
Setelah mengidentifikasi aneka macam jenis sudut, kini kau akan menerapkan jenis sudut tersebut untuk gugusan tarian. Tema tarian yang akan kau tampilkan yakni Persatuan pada Masa Penjajahan. Tarian tersebut akan ditampilkan secara berkelompok. Sebelum kau bekerja secara berkelompok, baca teks berikut!

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia bisa mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ yakni semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada Masa Penjajahan.

Diskusikan teks di atas dalam kelompok dan jawab pertanyaan berikut!
1. Mengapa persatuan sangat penting pada masa Penjajahan?
Persatuan dan Kesatuan bagi bangsa Indonesia yakni sebagai alat untuk keinginan proklamasi kemerdekaan yakni masyarakat yang adil dan makmur. Persatuan sangatlah penting bagi sebuah negara yang ingin hidup sejahtera. Dengan persatuan pula sebuah negara bahkan bisa bersatu dengan negara lain.  Persatuan juga akan mewujudkan kerjasama yang baik diantara orang di dalamnya.

2. Menurut pendapatmu, apa yang akan terjadi kalau bangsa Indonesia tidak bersatu?
Jika bangsa Indonesia tidak bersatu negara ini tidak akan pernah merdeka dan dan terpecah belah sehingga negara ini akan selalu dijajah bangsa asing. Dengan bersatu bangsa Indonesia bisa memerdekakan diri dari penjajahan.

3. Apa maksud dari semboyan ‘Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.’?
Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh yakni kalau melaksanakan suatu pekerjaan atau berjuang tolong-menolong akan mempunyai kekuatan yang lebih besar daripada melaksanakan sesuatu sendiri-sendiri, atau bersatu lebih besar lengan berkuasa daripada terpecah belah yang akan menciptakan kita tercerai-berai.  Bangsa Indonesia berhasil merdeka alasannya yakni mereka, para pahlawan, menyingkirkan segala perbedaan yang ada, egoisme, nafsu amarah mereka dan kemudian bersatu dan berkorban merebut kemerdekaan.

Sekarang kau dan kelompokmu akan merancang tarian yang bertemakan ihwal Persatuan pada Masa Penjajahan dan memadukannya dengan gugusan yang membentuk aneka macam jenis sudut. Sebelumnya, amati pola aneka macam gugusan tarian berbentuk sudut berikut!

Buat rencana untuk tarian yang akan kau tampilkan secara berkelompok dan tuliskan rencana tersebut! Sekarang berlatihlah memakai rancangan tersebut! Tarian ini akan ditampilkan pada pertemuan berikutnya.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel