Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan

Bagaimana cara menjaga ketersediaan air bersih? Apakah lingkungan mempengaruhi? Tidak sanggup terbantahkan lagi bahwa ketika ini air higienis sangat sulit untuk kita dapatkan. Hal ini tentunya sangat menyulitkan masyarakat yang sehari-harinya sangat membutuhkan air higienis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari supaya sanggup hidup sehat.

Pada ketika air higienis sedang melimpah mungkin saja sangat jarang ada yang berpikiran menyerupai itu. Kita sering membuang-buang air higienis dan tak pernah berpikir kemana air higienis itu pergi dan apakah sanggup kembali lagi nantinya. Kita tidak pernah berpikir bagaimana kedepannya lantaran kita hanya tahu bahwa "kita bebas memakai air" tanpa memperhatikan bahwa masih banyak orang lain yang lebih membutuhkan air higienis daripada kita.

Ayo Amati
Amatilah gambar berikut!

Gambar di atas mengatakan lingkungan rumah yang bersih, sejuk, dan asri. Penghuninya perduli dengan lingkungan rumah. Penghuni rumah itu menjaga kebersihan dan kesejukkan rumahnya. Tidak hanya itu, sebelum masuk lingkungan rumah pun terlihat tanda larangan merokok. Siapa pun yang masuk di lingkungan rumah itu dihentikan untuk merokok. Bagaimana tanggapanmu mengenai gambar di atas. Tuliskan pada kolom berikut.
Rumah yang bersih, sehat, dan asri tentunya sangat menyenangkan kalau tinggal didalamnua. Keadaan rumah yang higienis menciptakan penghuninya betah tinggal di rumah.

Ayo Bacalah
Akibat dan Bahaya Rokok
Merokok menjadi kebiasaan jelek yang dilakukan banyak orang. Padahal ancaman rokok bagi kesehatan sebetulnya sudah dicantumkan dalam bungkus rokok yang dijual di pasaran. Apa saja zat ancaman yang terkandung dalam rokok? lnilah zat-zat berbahaya dalam rokok.
  1. Nikotin mengakibatkan seseorang ketagihan untuk terus mengisap rokok.
  2. Tar sebetulnya merupakan materi dasar pembuatan aspal. Zat ini sanggup melekat pada paru-paru-paru dan sanggup mengakibatkan iritasi bahkan kanker.
  3. Gas karbon monoksida sanggup mengakibatkan penyakit jantung lantaran gas ini sanggup mengikat oksigen dalam tubuh.
Zat-zat berbahaya dalam rokok sanggup mengakibatkan banyak sekali macam penyakit. Berikut penyakit-penyakit yang disebabkan oleh rokok.
  1. Penyakit jantung. Rokok mengakibatkan terjadinya pengerasan pada pembuluh darah. Pembuluh darah menjadi menyempit. Akibatnya jantung horus bekerja keras untuk memompa darah. Jnilah yang mengakibatkan jantung terasa nyeri. Keadaan yang terus memburuk akan sanggup mengakibatkan seseorang terkena serangan jantung.
  2. Penyakit paru-paru. Para perokok suka mengisap dalam-dalam asap rokok sampai ke paru-paru. Tar dalam rokok akan melekat pada paru-paru dan sanggup mengakibatkan penyakit.
  3. Kanker. Merokok do pat mengakibatkan kanker pada banyak sekali organ tubuh: mulut, pita suara, tenggorokan, kerongkongan, dan paru-paru. Bahkan, kanker ginjal, kanker kandung kemih, dan kanker leher rahim juga dikaitkan dengan merokok.
  4. Diabetes. Merokok meningkatkan resiko terjadinya diabetes. Merokok juga sanggup mengakibatkan meningkatnya komplikasi diabetes, menyerupai penyakit mota, penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal, dan dilema kaki.
  5. Penyakit mulut. Penyakit lisan yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, serta penyakit pada gigi dan napas.
  6. Gangguan Janin. Merokok sanggup berakibat jelek terhadap kesehatan kehamilan dan janin, bahkan sanggup mengakibatkan keguguran.
  7. Gangguan Pernapasan. Merokok meningkatkan risiko kematian lantaran penyakit paru-paru kronis sampai sepuluh kali lipat. Sekitar 90% kematian lantaran penyakit paru-paru kronis disebabkan oleh merokok.

Ayo Simpulkan
Zat berbahaya apa yang terdapat pada rokok? Apa saja penyakit yang diakibatkan oleh kebiasan merokok?
Rokok tenyata mengandung banyak sekali zat berbahaya. Misalnya sajan Nikotin yang sanggup mengakibatkan seseorang ketagihan untuk terus mengisap rokok. Tar sanggup mengakibatkan iritasi bahkan kanker. Gas karbon monoksida sanggup mengakibatkan penyakit jantung.

Akibat yang ditimbulkan oleh gas-gas berbahaya tersebut antara lain : penyakit jantung, penyakit paru-paru, kanker, diabetes, penyakit lisan dan gangguan janin dan pernapasan.

Ayo Amati
Air sungai yang jernih, bersih, tanpa pencemaran tentu banyak keuntungannya bagi kehidupan. Apa manfaat air bersih? Tuliskan pada kolom berikut.
  1. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Tubuh makhluk hidup, membutuhkan cairan. Jika tubuh tidak mempunyai cairan sama sekali maka tubuh akan mengalami dehidrasi, lemas, pingsan atau bahkan kematian.
  2. Menyegarkan badan. Air akan menjadikan tubuh kita menjadi lebih segar dan bugar.
  3. Membantu pekerjaan rumah sehari- hari. Jika tidak ada air yang di rumah kita, maka bagaimana kita akan membersihkan peralatan- peralatan makan yang sangat banyak.
  4. Membersihkan badan. Air tentu juga sanggup dipakai untuk membersihkan tubuh contohnya untuk mandi dan basuh kaki dan tangan.
  5. Menjaga kesehatan tubuh. Kita sanggup membandingkan antara orang yang cukup mengonsumsi air dan tidak orang yang cukup mengonsumsi air tubuhnya lebih sehat .
  6. Menjaga kecantikan kulit. Air selain manjaga kesehatan insan juga sanggup menjaga kecantikan kulit. Kulit yang sehat yaitu kulit yang mempunyai kelembaban yang cukup. Kelembaban yang ada di kulit sanggup didapatkan dari mengonsumsi air yang cukup. 

Ayo Melakukan Wawancara
Buatlah kelompok yang terdiri atas lima anak. Carilah lingkungan yang mempunyai sumberairbersih,jernih,sehat, tanpa pencemaran. Lakukan wawancara kepada salah satu penduduk di lingkungan tersebut. Hal-hal yang perlu kau tanyakan di antaranya sebagai berikut.
  1. Apa saja sumber air higienis yang ada di lingkungan ini?
  2. Bagaimana perjuangan warga dalam melestarikan lingkungan terlebih dalam memelihara ketersediaan air bersih?
Tuliskan hasil wawancaramu dalam kolom berikut.
Air higienis yaitu salah satu jenis sumberdaya air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh insan untuk dikonsumsi atau dalam melaksanakan kegiatan mereka sehari-hari. Sumber air higienis antara lain  Air Atmosfer, Air Permukaan menyerupai air sungai dan danau, dan air tanah.

Kegiatan yang dilakukan oleh warga untuk menjaga ketersediaan air higienis antara lain sebagai berikut.
  1. Mengurangi penggunaan air. Warga memanfaatkan air dengan cara yang bijak yaitu memakai air sesuai kebutuhan saja.
  2. Membuang sampah pada tempatnya lantaran dengan membuang sampah pada tempatnya maka kebersihan air tetap terjaga dari materi pencemar air.
  3. Melakukan penanaman flora hjau di sekitar rumah. Dengan menanam flora hijau diharapkan sanggup menampung air hujan dan menggunakannya pada ketika kemarau.
  4. Menggunakan shower ketika mandi lantaran shower lebih hemat daipada kita memakai gayung plastik.
Ayo Cari Tahu
Coba cari tahu Kamu sanggup bertanya kepada orang yang kau anggap tahu. Kamu juga sanggup membaca artikel atau membuka internet. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Manfaat dari kertas bekas:
  1. Dekorasi Rumah. Kertas bekas sanggup dibentuk banyak sekali kreasi unik dekorasi rumah dengan memakai materi kertas koran atau majalah bekas. Kreasi ini sanggup berupa hiasan dinding, bunga, lukisan, dan masih banyak lagi.
  2. Aksesoris. Kertas koran maupun majalah bekas sanggup dijadikan aksesoris menyerupai liontin kalung, mata cincin, dan hiasan penjepit rambut yaitu beberapa diantaranya.
  3. Mainan. Pesawat terbang, kapal laut, maupun banyak sekali binatang yang dilipat dengan teknik origami sanggup menciptakan kertas bekas menjadi menarik. 
  4. Penyerap Air. Ketika menyimpan sepatu, tas, barang pecah belah, maupun peralatan besi dalam waktu lama, gunakanlah kertas bekas untuk melapisi atau menyumpal barang-barang tersebut sehingga kelembapan berkurang.
  5. Menjaga Kesegaran Sayuran. Agar sayur yang disimpan dalam lemari es ataupun suhu ruangan tidak cepat kering atau layu, gunakan kertas bekas untuk membungkus sayur tersebut.
  6. Penutup Rak. Untuk mencegah rak dari kotor dan kerusakan, gunakan kertas koran atau majalah bekas untuk menutup rak buku, sepatu, maupun pakaian supaya tetap bersih.
  7. Membersihkan Kaca. Kaca jendela rumah maupun pajangan dari beling sanggup dibersihkan dengan memakai kertas koran bekas. 
Ayo Berkarya
Kamu sanggup memanfaatkan kertas-kertas bekas yang ada di sekitarmu.

Kotak Tisu dari Koran Bekas
1. Bahan:
Karton, Kardus bekas sepatu, kertas Koran/majalah bekas secukupnya.

2. Alat:
Beberapa alat yang dipakai dalam proses pembuatan daerah tisu dari koran bekas antara lain sebagai berikut: Gunting, Penggaris, Pena/pensil (jika diperlukan), Double tape, dan Lakban

3. Cara menciptakan daerah tisu:
Bagian 1 menciptakan gulungan kertas.
  1. Potong kertas koran bekas menjadi dua penggalan kemudian gulung kertas tersebut sehingga menjadi bentuk menyerupai tongkat. Buatlah gulungan kertas ini sebanyak yang dibutuhkan. Usahakan gulungan mempunyai besar yang sama dan gulungan tersebut rajin. Agar gulungan kertas tidak terlepas atau membuka kemabali, pada final gulungan kertas dikunci dengan memakai double tape.
  2. Potong gulungan kertas sesuai dengan panjang, lebar,dan tinggi kotak sepatu yang ada.

Bagian 2 menempelkan gulungan kertas
  1. Untuk penggalan atas kotak tisu yang akan kita buat, buatlah lobang sesuai dengan ukuran tisu yang akan kita masukan. Ukurlah memakai penggaris panjang dan lebar yang akan dibentuk lobang tersebut. Potonglah penggalan yang tidak dipakai tersebut memakai gunting (kardus sepatu berlobang penggalan atasnya)
  2. Pasanglah double tape pada masing-masing ujung kotak sepatu, supaya lebih berpengaruh penggalan tengah juga diberi dauble tape (ada tiga double tape untuk tiap sisi kotak sepatu).
  3. Tempelkan gulungan kertas  yang sudah dipotong sesuai dengan ukuranya satu persatu dan usahan gulungan kertas tertata dengan rapi. Ikatlah penggalan pinggir gulungan kertas yang sudah tertata tersebut dengan memakai lakban. Pemasangan lakban juga harus rapi supaya kotak tisu yang kita buat nantinya juga rapi.
  4. Tutuplah semua penggalan kotak sepatu tersebut dengan memakai gulungan kertas, sehingga semua penggalan kotak sepatu tersebut tertutup oleh gulungan kertas. Rapikan dengan menempelkan lakban pada ujung masing-masing sisi kotak sepatu.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel