Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia

Siti sangat tertarik untuk mempelajari ihwal kemerdekaan Indonesia. Konon Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan oleh Soekarno dan Hatta dan disiarkan oleh stasiun radio Antara. Kebetulan kakek Siti memiliki pengalaman ihwal insiden itu. Simaklah percakapan Siti dan kakeknya berikut.

Ayo Bacalah
Bacalah teks berikut dengan nyaring.
Teks 1
Cerita Kakek Siti
Menghabiskan sore hari bersama kakek dan nenek di teras yaitu aktivitas favorit Siti dikala berlibur ke rumah kakek dan nenek di kampung. Biasanya, sambil minum teh dan menyantap ubi serta pisang goreng buatan nenek, kakek akan menceritakan aneka macam pengalaman di waktu mudanya. Bagi Siti, dongeng kakek sangat menarik.

............

Ayo Diskusikan
Berdasarkan teks di atas, diskusikan dengan kelompok pertanyaanpertanyaan di bawah ini.
1. Tulislah bab dari teks tersebut yang merupakan fakta-fakta sejarah.
  1. Pemilik rumah ini berjulukan Djiauw Kie Siong. Mereka keluarga keturunan Tionghoa.
  2. Tokoh-tokoh penting Bangsa Indonesia yaitu Bung Karno dan Bung Hatta.
  3. Rumah mereka dipinjam untuk diskusi penting yang dilakukan oleh para perjaka anggota PETA dengan Bung Karno dan Bung Hatta. Para perjaka ingin Bung Karno dan Bung Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
  4. Setelah kembali dari Rengasdengklok, Bung Karno dan Bung Hatta kemudian melanjutkan negosiasi di rumah Laksamana Maeda, di kawasan Menteng, Jakarta. Di sana, Bung Karno dan Bung Hatta merumuskan naskah proklamasi bersama tokoh-tokoh lain. Naskah proklamasi tersebut kemudian diketik oleh Bapak Sayuti Melik, dan ditandatangani oleh Bung Karno dan Bung Hatta.
  5. Esok harinya, tanggal 17 Agustus 1945, jam 10:00 pagi, rakyat sudah berkumpul di halaman rumah Bung Karno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Di sana naskah proklamasi tersebut dibacakan oleh Bung Karno, dan diberitakan ke seluruh penjuru negeri oleh stasiun Radio Antara. Oleh alasannya yaitu itu tanggal 17 Agustus 1945 dinyatakan sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
2. Tulislah bab dari teks tersebut yang merupakan fiksi.
  1. Dulu kakek waktu kecil pernah tinggal didekat rumah ini.
  2. Ternyata kakek pernah bertemu dengan pemilik rumah ini.
  3. Suatu malam rumah ini didatangi tokoh-tokoh penting Bangsa Indonesia.
  4. Pada malam tersebut keluarga Kie Siong diminta keluar dari rumah, kemudian mereka menumpang tidur di rumah kakek.
Ayo Cari Tahu
Teks 2
Hari Jumat pukul 05.00 pagi, fajar 17 Agustus 1945 memancar di ufuk timur. Para pemimpin bangsa dan para tokoh perjaka keluar dari rumah Laksamana Maeda, dengan diliputi kebanggaan. Hingga dini hari mereka bekerja keras merumuskan teks Proklamasi.

........................
Ayo Menulis
Tulislah persamaan dan perbedaan teks sejarah dan fiksi sejarah dalam bentuk diagram venn berikut.

Kini saatnya kau menciptakan diagram frayer mengenai teks fiksi sejarah.

Tahukah Kamu?
Betapa besar peranan radio dalam perjalanan kemerdekaan bangsa. Tahukah kamu, siapa tokoh yang berperan menemukan radio?

Guglielmo Marconi
Lahir di Bologna, Italia pada 25 April 1874, semenjak kecil Marconi mengatakan minat pada bidang fisika dan elektro. Pada tahun 1895 ia memulai penelitiannya hingga menemukan telegrafi tanpa kabel, yang merupakan cikal bakal radio. Pada tahun 1897 Marconi mempresentasikan hasil temuannya yaitu alat komunikasi dengan memakai sinyal tanpa kabel yang bisa menjangkau jarak lebih 12 mil. Itulah radio yang hingga dikala ini dirasakan keuntungannya oleh manusia.

Tahun 1901, Marconi berhasil mengambarkan bahwa gelombang tanpa kabel temuannya tidak akan terganggu oleh lekukan bumi dengan cara berbagi sinyal radio pertama yang bisa menyeberangi Samudera Atlantik hingga 2.100 mil jauhnya. Penelitian Marconi terus berkembang. Selain pemancar radio, perangkat komunikasi lain yang memakai gelombang tanpa kabel temuannya antara lain yaitu telegram, radio dan teknologi radar. Atas jasanya yang sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan itu, Marconi mendapatkan banya penghargaan dan gelar kehormatan akademis, antara lain hadiah Nobel di bidang Fisika dan gelar kehormatan dari Kaisar Rusia.

Menurutmu apa efek inovasi Guglielmo Marconi bagi warga dunia?
  1. Di bidang komunikasi dan informasi, radio menjadi awal mula infomasi sanggup tersebar dengan cepat, murah dan mudah.
  2. Di bidang politik, radio kuat pada perpolitikan dunia. Contohnya bagi bangsa Indonesia dikala kemerdekaan, yaitu informasi mengenai insiden kemerdekaan Indonesia yang bersejarah.
  3. Di bidang seni dan hiburan, radio sangat membantu perkembangan industri musik dunia, dan banyak lahir musisi-musisi dunia

Apa yang akan terjadi jikalau Guglielmo Marconi tidak menemukan radio? Diskusikan jawabanmu dengan temanmu.
Warga dunia akan kesulitan untuk mendapatkan informasi dan hiburan dengan cepat, murah dan mudah. Selain itu juga perkembangan teknologi akan terhambat, tidak secepat dikala ini.

Ayo Bernyanyi
Amatilah teks lagu Mariam Tomong berikut.

Diskusikan dengan sahabat sebelahmu, simbol apa saja yang kau temui pada teks lagu Mariam Tomong. Carilah arti simbol tersebut dari aneka macam sumber.

Ayo Lakukan
Ketika Siti mendengarkan radio di kamarnya, volume bunyi radio itu cukup keras, hingga adiknya yang sedang berguru merasa terganggu. Menurutmu, apakah Siti sudah memakai hak dan kewajibannya secara seimbang? Jelaskan alasanmu.
Siti belum melakukan kewajiban dan haknya secara seimbang, sebaiknya ketika siti memakai haknya dihentikan mengganggu hak orang lain. Karena dengan membunyikan radio keras-keras berarti mengganggu hak adiknya.

Di lingkungan rumahnya, Siti sebagai warga harus menjalankan hak dan kewajibannya secara seimbang. Menurutmu, apa saja hak dan kewajibanmu ketika di rumah?
Hak di rumahKewajiban di rumah
  1. Mendapatkan makan dan minum
  2. Mendapat pinjaman dan keamanan
  3. Mendapatkan bimbingan dikala belajar
  4. Mendapatkan kesejahteraan hidup
  1. Menjaga kebersihan rumah
  2. Patuh terhadap nasihat orangtua
  3. Menghormati, menyayangi, dan menghargai anggota keluarga
  4. Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh orang tuanya
Ayo Ceritakan
Sekarang ceritakan bagaimana kau menjalankan hak dan kewajibamu di rumah. Hal-hal yang perlu kau tulis:
  1. Contoh hak yang sudah kau dapatkan.
  2. Contoh kewajiban yang sudah kau laksanakan.
  3. Penilaianmu mengenai hak dan kewajiban tersebut. Apakah hak yang kau dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang sudah kau laksanakan?
  4. Manfaat dari melakukan hak dan kewajiban secara seimbang.
  5. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melakukan hak dan kewajiban
  6. Apa yang sanggup kau perbaiki dari pelaksanaan kewajibanmu di masa yang akan datang?

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel