Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia

Amati kendaraan yang melintas di depan sekolah. (Untuk aktivitas ini, siswa sanggup diajak ke luar kelas contohnya lapangan parkir, tepi jalan, ataupun lapangan sekolah) untuk mengamati kendaraan ataupun benda sekitar yang memakai roda. Roda yakni benda berbentuk lingkaran, yang bersama dengan sumbu, sanggup menghasilkan suatu gerakan dengan tabrakan kecil dengan cara bergulir. Contoh penggunaan roda sanggup ditemukan dalam penerapan dalam transportasi dan peralatan dalam kehidupan.

Apakah kau melihat roda pada) kendaraan itu? Bagaimana inovasi roda mempengaruhi kehidupan di dunia? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Amati
1. Amati aneka macam manfaat roda pada gambar di atas.
2. Diskusikan bersama temanmu wacana manfaat roda dalam kehidupan insan sehari-hari.
Manfaat roda dalam kehidupan sehari-hari antara lain : mempermudah insan dalam membawa barang, sebagai hal yang paling penting untuk menjalankan suatu kendaraan, mempersingkat waktu dalam membawa barang, mempermudah mobilitas, membantu memperlancar alur perekonomian suatu daerah

3. Kesimpulan: “Roda mempunyai banyak manfaat dalam mempermudah kehidupan manusia.”

Sekarang, tuliskan sebanyak mungkin pola kendaraan yang memakai roda dan bermacam-macam benda lain (bukan alat transportasi) yang memakai roda untuk sanggup bekerja. Tuliskan dalam denah berikut!

Tahukah Kamu?
Penemuan Roda dan Pengaruhnya pada Dunia
Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang mempunyai roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan insan yang menjalankan fungsinya dengan memakai roda. Roda merupakan salah satu inovasi terbesar insan yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Berkat inovasi roda, jarak antartempat di aneka macam cuilan dunia sanggup ditempuh dengan lebih gampang dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, alasannya yakni pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah.

Awalnya roda dibentuk oleh jago dengan memakai mesin pemintal. Artefak roda
paling renta berasal dari Mesopotamia yang dipakai untuk kendaraan sekitar tahun 3000 SM. Kemudian muncul juga di Cina, Arab, Eropa dan cuilan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, lalu diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda lingkaran utuh dengan pasak di tengahnya, sampai roda berjarijari. Bagian tengah roda lalu diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun
1839 berhasil membuat roda terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih berpengaruh terhadap tabrakan permukaan jalan. Kita mengenalnya dengan istilah ban.

Pada tahun 1845, Thomson dan Dunlop membuat ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, dikala ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau campuran dari beberapa jenis materi yang diadaptasi dengan fungsinya.

Setelah kau membaca teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut.
a. Bagaimana efek roda terhadap kehidupan insan di dunia?
Pengaruh roda terhadap kehidupan insan di dunia yaitu sebagai alat transportasi, roda mengakibatkan insan semakin cepat dan gampang dalam melaksanakan perjalanan ke aneka macam tempat di seluruh penjuru dunia. Hal tersebut lalu mempengaruhi perdagangan.
b. Apa jasa Goodyear dan Dunlop terhadap kehidupan di dunia? Bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia?
Jasa Goodyear dan Dunlop terhadap kehidupan bangsa di dunia pada umumnya dan kehidupan rakyat Indonesia pada khususnya yakni mempermudah transportasi dari satu kota ke kota lain atau bahkan dari satu pulau ke pulau lain, dengan adanya pesawat terbang.
Analisis garis waktu sejarah perkembangan roda berikut ini:

Berdasarkan garis waktu di atas, lakukan diskusi dan analisis efek roda terhadap perkembangan kehidupan masyarakat di lingkunganmu dalam aspek: sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya. Carilah gosip dari aneka macam sumber yang ada. Tuliskan pada tabel yang tersedia dan buatlah kesimpulannya.
No.AspekSebelum ditemukan Roda (dulu)Setelah ditemukan Roda (sekarang)
1.SosialMasyarakat mengalami kesulitan ketika akan bepergianMasyarakat sanggup pergi ke aneka macam tempat.
2.EkonomiHasil produksi tidak sanggup dipasarkan ke luar daerahTransportasi hasil produksi menjadi lebih gampang bahkan sanggup melaksanakan impor dan ekspor
3.BudayaBudaya yang ada masih belum bercampur dengan budaya asing.Budaya dari luar mulai masuk dan memperkaya budaya nasional.
4.PendidikanAnak-anak  mengalami kesulitan ketika harus bersekolah yang lokasinya jauh dari rumah.Pendidikan sanggup dinikmati oleh seluruh siswa alasannya yakni adanya alat transportasi yang baik.
Kesimpulan :
Dengan ditemukannya roda aktivitas transportasi menjadi lebih mudah. Kemudahan transportasi mempengaruhi perkembangan aspek sosial, budaya, pendidikan dan ekonomi masyarakat.

Ayo Lakukan
Tahukah kau untuk meningkatkan kebugaran jasmani kau sanggup melaksanakan latihan kekuatan, misalkan push up, pool up dan sit up. Kali ini kau akan mencoba melaksanakan Push Up. Awali aktivitas dengan do’a bersama. Kamu akan berlatih lima gerakan untuk melatih kebugaran: Gerobak dorong secara berpasangan dan Push Up.

Gerobak dorong
Gerakan ini mempunyai kegunaan untuk melatih kekuatan otot lengan. Cara melakukannya adalah:
  1. Siswa mencari pasangan yang seimbang.
  2. Latihan dilakukan dengan cara berjalan dengan memakai kedua lengan dan kedua kaki dipegang oleh pasangannya.
  3. Lakukan latihan ini berulang-ulang secara bergantian dengan teman.
  4. Jarak yang ditempuh 15-20 meter.
1. Push up
Cara melakukannya adalah:
  1. Mula-mula tidur telungkup, kedua kaki dirapatkan lurus dibelakang, ujung kaki bertumpu pada lantai.
  2. Kedua telapak tangan di samping dada, jari-jari tangan menunjuk ke depan dan kedua siku ditekuk.
  3. Kemudian angkatlah tubuh ke atas sampai kedua tangan lurus, tubuh dan kaki merupakan satu garis lurus.
  4. Lalu tubuh diturunkan kembali, dengan jalan membungkukkan kedua siku, tubuh dan kedua kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai.
  5. Gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang. Selama 15-30 detik
2. Bentuk aktivitas push up:
  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok secara berpasangan.
  2. Guru menjelaskan bagaimana melaksanakan gerakan push up yang benar.
  3. Siswa mencoba melaksanakan gerakan push up secara bergantian dengan pasangannya masing-masing.
  4. Setelah siswa mencoba, guru memperlihatkan pola gerakan push up yang benar.
  5. Siswa melaksanakan gerakan push up yang benar sesuai pola yang diberikan oleh guru.
Ayo Cari Tahu
Penemuan roda oleh Charles Goodyear membawa perubahan dan manfaat bagi besar dunia. Bagaimanakah bentuk roda? Apakah roda termasuk ke dalam poligon? Diskusikan karenanya dengan temanmu.

Poligon dibedakan menjdi poligon beraturan dan poligon tidak beraturan.

  1. Poligon beraturan mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar.
  2. Poligon Tidak Beraturan mempunyai panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama.
  3. Poligon Convex mempunyai setiap sudut yang kurang dari 180°.
  4. Poligon Concave mempunyai salah satu sudutnya lebih besar dari 180°.
Jelaskan berbedaan poligon beraturan dan tidak beraturan dalam diagram venn berikut.
Poligon beraturan mempunyai sisi dan sudut yang sama besar, sedangkan poligon tidak beraturan mempunyai panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama
Dari pengelompokan yang kau lakukan, manakah yang termasuk poligon beraturan dan tidak beraturan?

Buatlah diagram frayer untuk poligon concave.

Buatlah diagram frayer untuk poligon convex.

Jawablah soal-soal berikut.

Amati aneka macam benda di lingkungan rumahmu yang memakai roda. Diskusikan dengan orang tuamu mengenai fungsi roda pada benda-benda tersebut. Buatlah daftar benda tersebut sebanyak mungkin dan tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk peta pikiran dengan menarik.

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel