Pembelajaran 2 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan

Indonesia mempunyai rumah Adat yang beragam. Rumah Adat yaitu bangunan yang mempunyai ciri khas khusus, dipakai untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu.Rumah watak merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas suku/masyarakat.

Rumah watak merupakan rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi kegenerasi dan tanpa atau dikit sekali mengalami perubahan. Rumah watak sanggup juga dikatakan sebagai rumah yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan, serta fungsi sosial dan arti budaya dibalik corak atau gaya bangunan. Rumah watak merupakan ungkapan bentuk rumah karya insan yang merupakan salah satu unsur kebudayaan yang tumbuh atau berkembang bersamaan dengan tumbuh kembangnya kebudayaan dalam masyarakat.

Keberagaman Indonesia tercermin pada rumah adat. Kita harus mensyukuri keberagaman dan keindahan rumah watak tersebut. Berikut yaitu beberapa rumah watak dari banyak sekali provinsi di Indonesia.

Ayo Mengamati
Salah satu keunikah dari rumah watak Indonesia yaitu bentuk sudut atapnya. Sudut-sudut pada segibanyak juga menjadi satu keunikan. Coba amati segibanyak berikut. Bisakah kau mengelompokkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan menurut sudutnya. Ya, segibanyak beraturan mempunyai sudut dan sisi yang sama. Ayo kita cari tahu lebih lanjut perihal keunikan sudut pada segibanyak beraturan.

Amatilah segibanyak beraturan berikut.

Ukurlah besar setiap sudut pada segibanyak. Hitung pula jumlah besar seluruh sudutnya. Apa yang sanggup kau simpulkan?
No.NamaBanyak SisiBesar sudut pada segibanyakJumlah besar sudut pada segibanyak
1.Segitiga samasisi360°90°
2.Persegi490°360°
3.Segilima beraturan5108°540°
4.Segitujuh beraturan7128,6°900,2°(pembulatan 900)
5.Segienam beraturan6120°720°
Kesimpulan :
Segibanyak beraturan mempunyai besar sudut dan jumlah sisi yang sama.

Ayo Berdiskusi
Mozaik Kreasi Bersama
Lani duduk termangu di meja ruang tengah rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak Burhan memberi kiprah kepada belum dewasa untuk menciptakan mozaik kreasi sendiri. Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo. Sejak kemarin Lani sudah mencari inspirasi untuk kiprah tersebut, tetapi ia belum menemukan yang sesuai.

“Ah, tunggu Edo saja,” pikir Lani.

Tugas bersama akan lebih baik jadinya jikalau dikerjakan bersama. Beberapa ketika lalu Edo datang. Benar saja dugaan Lani, Edo sudah mempunyai inspirasi untuk mozaik mereka. Usul Edo yaitu menciptakan mozaik rumah adat. Edo berasal dari Maluku, ia sudah punya referensi gambar rumah watak Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi permintaan untuk menciptakan juga mozaik rumah watak dari kawasan lain. Rumah Gadang dari Padang, Rumah Kebaya dari Betawi, Rumoh Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau Rumah Limas dari Sumatera Selatan. Rumah watak daerah-daerah di Indonesia memang bermacam-macam dan unik.

Mozaik rumah watak akan menjadi kreasi yang menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka akan berguru juga perihal keragaman rumah watak Indonesia.

Pak Burhan memang sengaja memperlihatkan kiprah menciptakan mozaik secara berpasangan. Bukan hanya untuk mengasah kreativitas, tetapi juga memunculkan diskusi, mengasah kerja sama, serta memecahkan dilema bersama-sama. Sama menyerupai mozaik. Ketika keping-kepingnya digabungkan berubah menjadi menjadi gambar yang indah.

Berdasarkan teks di atas. Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompokmu. Presentasikan jadinya di depan kelas.
  1. Apa inspirasi yang dimiliki Lani? Membuat rumah watak kawasan lain.
  2. Apa inspirasi yang dimiliki oleh Edo? Rumah watak Maluku
  3. Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda? Dengan cara menghormati inspirasi yang disampaikan oleh seseorang. jikalau inspirasi itu disasa kurang tepat sanggup dusempurnakan dengan inspirasi yang lainnya tanpa adanya perpecahan
  4. Apakah inspirasi mereka yang berbeda memperlihatkan manfaat? Jelaskan. Ide yang berbeda sanggup memperlihatkan manfaat yaitu memperkaya inspirasi yang sudah ada.
  5. Kerjasama apa yang terlihat pada dongeng di atas? Kerjasama menciptakan mozaik.
  6. Apa manfaat kerjasama dalam keberagaman? Agar tercipta kerukunan antar umat beragama. dan saling mendukung.
  7. Hal baik apa yang sanggup didapatkan ketika mereka berhubungan dalam keberagaman? Saling memahami dan menghargai bahwa setiap orang itu berbeda, berbeda bukan berarti tidak sanggup bersatu
  8. Nilai-nilai apa yang sanggup kita referensi dari dongeng Lani di atas? Kerjasma
Bagaimana dengan kamu, Pernahkah kau berhubungan dalam perbedaan. Coba ceritakan pengalamanmu
1. Jenis kerjasama
2. Perbedaan yang ada
3. Manfaat dari kerjasama dalam perbedaan
4. Nilai-nilai baik yang sanggup kau ambil.

Ayo Berkreasi
Berlatihlah kembali Tari Bungong Jeumpa dengan deretan berdiri dan duduk. Jangan lupa gunakan iringan musik. Kamu akan tampil di depan kelas pada pertemuan ke 6. Pastikan bahwa kau dan teman-teman kelompokmu hafal gerakannya.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagamaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel