Pembelajaran 5 Tema 3 Subtema 2 Inovasi Dan Manfaatnya

Tahukah kau apa saja manfaat dari inovasi banyak sekali alat musik? Apa saja alat musik yang kau sukai? Ceritakan pengalamanmu memainkannya.

Ayo Lakukan
Sebelumnya kau telah berlatih bersama kelompokmu untuk penampilan musik ansambel.

Ansambel
Ansambel yakni bentuk penyajian musik atau vokal yang melibatkan beberapa pemain. Pada setiap jenis aliran musik, hukum yang diterapkan berbeda. Aturan ini dikembangkan untuk memilih komposisi musik dari tiap ansambel yang berbeda. Secara umum, terdapat dua jenis ansambel musik:

1. Ansambel Sejenis
Pada jenis ansambel ini, hanya satu tipe alat musik yang dipakai oleh para pemain. Contoh :
  • Ansambel Tiup yakni ansambel yang semua pemain memainkan alat musik tiup, seperti: terompet, flute, tuba, trombon, saksofhone
  • Ansambel Petik yakni ansambel yang semua pemain memainkan alat musik petik, seperti: gitar, harpa, bass
  • Ansambel Gesek yakni ansambel yang semua pemain memainkan alat musik gesek, seperti: biola, cello, contra bass
  • Ansambel Campuran yakni ansambel yang terdiri  dari beberapa jenis alat musik dimainkan dengan paduan harmonisasi oleh suatu kelompok.  Contoh: Ansambel yang menampilkan alat musik piano, gitar, biola, harpa, serta flute
Menampilkan ansambel musik merupakan bab dari bahan kurikulum seni budaya. Melalui ansambel musik, dibutuhkan siswa sanggup menyebarkan beberapa hal berikut ini:
  • Memainkan alat musik sesuai tuntutan partitur
  • Meningkatkan kemampuan bermain alat musik melalui latihan rutin
  • Meningkatkan kecerdasan bermusik (mengenal notasi, harmonisasi nada, serta ketukan irama)
  • Mengembangkan kerjasama untuk menghasilkan harmonisasi nada
  • Menerapkan perilaku disiplin, tertib, dan tidak berputus asa
Untuk tingkat pelajar, guru sanggup mengajak siswa berlatih ansambel dengan alat musik sederhana. Misalnya, untuk 10 orang pemain sanggup dipakai alat-alat musik sebagai berikut:
  • 2 buah pianika
  • 4 buah recorder
  • 2 buah gitar
  • 2 jenis alat musik perkusi (seperti: gendang/jimbe, kastanyet, marakas, atau tamborine).
Selain memakai alat-alat musik modern, guru juga mengajak siswa berkreasi untuk menampilkan ansambel musik yang memanfaatkan peralatan sederhana, ibarat peralatan dapur atau material daur ulang. Ansambel musik dapur hanya membutuhkan beberapa peralatan sederhana, seperti:
  1. drum/ember + sutil/sendok kayu
  2. panci + sutil/sendok kayu
  3. galon air mineral
  4. botol beling + sendok/garpu
  5. botol plastik yang diisi beras/biji-bijian (untuk dijadikan alat musik perkusi)
  6. tutup panci.
Peralatan musik sederhana ini sanggup dipadukan dengan alat musik melodis ibarat pianika dan recorder untuk menghasilkan tampilan musik yang harmonis.

Amati gambar berikut dan diskusikan dengan temanmu, apa saja yang harus diperhatikan ketika bermain musik bersama-sama. Sekarang saatnya kau menyanyikan lagu Mariam Tomong dengan iringan pola irama yang telah kau dan kelompokmu ciptakan pada pertemuan sebelumnya. Kamu bisa memakai banyak sekali media ibarat botol, meja, pensil, kerikil dan alat musik sederhana lainnya.

Sebelum tampil, ada beberapa hal yang perlu kau perhatikan semoga penampilannya maksimal, yaitu: kualitas nada, intonasi, tempo, keterpaduan dan keseimbangan, dan faktor penampilan. Setelah seluruh kelompok jawaban melaksanakan penampilan, kau sanggup memperlihatkan komentar wacana penampilan temanmu.

Ayo Cari Tahu
Sekarang saatnya kau berdiskusi secara berpasangan untuk mencari tahu manfaat yang kau rasakan dengan adanya inovasi alat musik. Apa yang akan terjadi apabila alat musik tidak ditemukan?
Belajar memainkan alat musik membutuhkan waktu dan usaha, yang benar-benar mengajarkan Anda kesabaran dan ketekunan. Alat musik merupakan sesuatu yang bisa menciptakan pikiran merasa tenang, hidup terasa lebih ceria dan bersemangat, serta menciptakan perasaan lebih senang. Jika tidak ada alat musik maka lagu yang dinyanyikan kurang menarik.

Ayo Lakukan
Selain inovasi alat musik, banyak lagi inovasi lainnya yang bermanfaat. Salah satunya yakni origami yang telah diperkenalkan di pembelajaran sebelumnya.

Dengan santunan kertas origami, kita juga sanggup mengenal simetri putar. Kamu akan bekerja dalam kelompok. Bagaimana langkah-langkah melaksanakan pekerjaan tersebut? Perhatikan aba-aba dari guru.

Ayo Amati
Amati gambar berikut.

Apa perbedaan gambar yang mempunyai simetri putar dan tidak mempunyai simetri putar? Bangun yang mempunyai simetri putar mempunyai sumbu simetri, sedangkan berdiri yang lain tidak.

Apa itu simetri putar? Bagaimana caramu mengetahuinya?
Simetri putar yakni putaran pada suatu berdiri datar hingga dengan satu kali putaran penuh pada sentra simetri sehingga kembali pada bingkainya ibarat semula
Berikut yakni cara menemukan simetri putar.

Setelah mengenal banyak sekali simetri putar pada poligon, kini saatnya kau mengamati inovasi yang ada di sekitarmu yang mempunyai simetri putar. Tulis nama benda tersebut. Ada berapa simetri putar dan simetri lipat yang terdapat pada benda tersebut? Tulis pengamatanmu pada tabel berikut.
No.Nama BendaJumlah Simetri PutarManfaat inovasi tersebut
1.Buku2Kita sanggup mencatat apa yang kita telah pelajar
2.Jam DindingTak terhinggaKita sanggup memilih waktu suatu acara dengan tepat
3.Tempat pensil2Alat-alat tulis yang kita bawa tidak gampang hilang dan berantakan
4.KompasTak terhinggaKita sanggup memilih arah dengan tepat
5.Penggaris segitiga3Kita sanggup menciptakan garis lurus dan menciptakan sudut.
Presentasikan hasil temuanmu dalam kelompok.

Kerjakan soal berikut!
Carilah banyaknya simetri putar untuk bentuk-bentuk berikut.

Beberapa pola benda di sekitar kita yang mempunyai simetri putar antara lain Jamdinding, daun pintu, buku, bingkai foto, meja, kotak pensil, dan kalender.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 3 Subtema 2 Inovasi Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel