Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 2 Inovasi Dan Manfaatnya

Tahukah kau bahwa kita berhak mendapat pelayanan penyediaan energi listrik? Betul, namun kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat energi listrik dan membayar iuran sempurna waktu sesuai dengan yang kita gunakan.

Ayo Amati
Energi Listrik
Penemuan energi listrik membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat di dunia. Listrik mempunyai banyak manfaat, seperti: mempermudah pekerjan manusia, mempermudah komunikasi antar manusia, serta mempermudah penyebaran informasi.

Tahukah kau bahwa untuk membangkitkan dan mengalirkan listrik dari sentra pembangkit listrik hingga ke rumahmu, PLN mengeluarkan biaya yang tidak sedikit? Itulah sebabnya, untuk menjamin hakmu mendapat pasokan listrik, maka kau wajib untuk membayar biaya pemakaiannya. Bisakah kau bayangkan? Apa yang akan terjadi kalau semua orang tidak menjalankan kewajiban untuk membayar pemakaian energi listrik?

Ayo Bertanya
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, tuliskan hal yang kau ingin ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan. Tulis pertanyaan pada potongan kertas dan tempatkan potongan kertas tersebut di tengah-tengah meja.
  1. Apa perubahan jawaban inovasi energi listrik?
  2. Mengapa pembangkit listrik membutuhkan baiaya yang besar?
  3. Apa kewajibanmu sebagai pengguna listrik milik PLN?
  4. Apa jawaban kalau tidak membayar biaya listrik?
Ayo Diskusikan
Ambil setiap pertanyaan secara acak dan diskusikan jawabannya dalam kelompok yang terdiri atas 4-6 siswa.

Ayo Ceritakan
Tulis pengalamanmu memakai energi listrik dalam kehidupan sehari-hari. Kaitkan hal tersebut dengan hak, kewajiban, dan tanggung jawabmu sebagai warga negara yang baik.
Penggunaan energi listrik di rumah sangat beragam. Energi listrik dipakai untuk banyak sekali keperluan. Sebagai seorang siswa saya memakai energi listrik sebagai sumber penerangan ketika berguru di malam hari. Dengan adanya listrik berguru pada malam hari sanggup dilakukan dengan baik. Sebagai warga negara yang baik kita wajib membayar biaya listrik yang dipakai kepada PLN. Kita wajib membayar lantaran kita sudah mendapat hak yaitu menikmati layanan penyaluran listrik ke rumah-rumah yang dilakukan oleh PLN.
Ayo Lakukan
Hari ini kau akan mengenal Kebugaran Jasmani lainnya, yaitu: Baring Duduk (sit up) amati gambar berikut.

Ayo Bertanya
Tulis hal yang kau ingin ketahui lebih lanjut perihal ketiga jenis Tes Kebugaran Jasmani tadi dalam bentuk pertanyaan.
  1. Apa yang dimaksud dengan tes kebugaran jasmani?
  2. Mengapa tes kebugaran jasmanai penting?
  3. Apa saja bentuk tes kebugaran jasmani?
  4. Apa manfaat tes kebugaran jasmani?
Ayo Lakukan
Sekarang saatnya kau mempraktikkan ketiga jenis Tes Kebugaran Jasmani tersebut. Perhatikan klarifikasi guru perihal kriteria yang harus dipenuhi dalam tes tersebut.
  1. Gantung Siku Tekuk (Pull-Up). Pull-Up bertujuan untuk mengukur kekuatan otot lengan dan bahu.
  2. Baring Duduk (Sit-Up). Sit-up bertujuan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot perut.
  3. Loncat Tegak (Vertical Jump). Tes ini bertujuan untuk mengukur daya ledak otot tungkai.
Ketentuan Tes
  1. TKJI merupakan satu rangkaian tes, oleh lantaran itu semua butir tes harus dilaksanakan secara berurutan, terus-menerus, dan tidak terputus dengan memperhatikan kecepatan perpindahan butir tes kebutir tes berikutnya dalam 3 menit.
  2. Butir tes dalam TKJI bersifat bakudan dihentikan dibolak- balik.
Peralatan dan Sarana
  1. Lintasan lari/lapangan yang datar dan tidak licin
  2. Stopwatch
  3. Bendera start
  4. Tiang pancang
  5. Nomor dada
  6. Palang tunggal untuk gantung siku
  7. Papan berskala untuk papan loncat
  8. Serbuk kapur
  9. Penghapus
  10. Formulir tes
  11. Peluit
  12. Alat tulis dll

Pull-Up
Pull-Up bertujuan untuk mengukur kekuatan otot lengan dan bahu. Untuk penilaian kelompok umur 06 – 09 tahun dan umur 10 – 12 tahun melaksanakan pull-up selama 60 detik dengan penilaian.
Umur 6 s/d 9 tahunNilaiUmur 10 s/d 12 tahun
PutraPutriPutraPutri
17 keatas15 keatas523 keatas20 keatas
13-16 kali11-14 kali418-22 kali14-19 kali
07-12 kali04-10 kali312-17 kali07-13 kali
02-06 kali02-03 kali204-11 kali02-06 kali
00-01 kali00-01 kali100-03 kali00-01 kali

Sit-Up
Sit-Up bertujuan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot perut. Kelompok umur 6-9 tahun dan 10-12 tahun melaksanakan selama 30 detik dengan kreteria penilaian.
Umur 6 s/d 9 tahunNilaiUmur 10 s/d 12 tahun
PutraPutriPutraPutri
08-18 kali03-08 kali210-20 kali03-09 kali
00-07 kali00-02 kali100-09 kali00-02 kali

Vertical Jump
Tes ini bertujuan untuk mengukur daya ledak otot tungkai. Ukuran papan sekala selebar 30 cm dan panjang 150 cm, dimana jarak antara garis sekala satu dengan yang lainnya masing-masing 1 cm. Papan skala ditempelkan di tembok dengan jarak sekala nol (0) dengan lantai 150 cm. Pertama berdiri menyamping papan sekala dengan mengangkat tangan keatas ukur tinggi yang didapat, kemudian lakukan lompatan setinggi mungkin sebanyak tiga kali, tiap lompatan dicatat tinggi yang diperoleh kemudian ambil yang tertinggi, selisih antara capaian tertinggi dengan pengukuran yang pertama ketika tidak melompat ialah hasil vertical jump. Dengan kriteria penilaiannya.
Umur 6 s/d 9 tahunNilaiUmur 10 s/d 12 tahun
PutraPutriPutraPutri
38 cm keatas38 cm keatas546 cm keatas42 cm keatas
30-37 cm30-37 cm438-45 cm34-41 cm
22-29 cm22-29 cm331-37cm28-33 cm
13-21 cm13-21 cm224-30 cm21-27 cm
Di bawah 13 cmDi bawah 13 cm1Di bawah 24 cmDi bawah 21 cm

Temukan Jawabannya
Selesaikan soal latihan berikut untuk mengevaluasi pemahamamu terhadap konsep yang dipelajari perihal inovasi dan keuntungannya bagi kehidupan.

1. Poligon
a. Buatlah sebanyak mungkin gambar poligon yang kau ketahui.

b. Tulis sifat-sifat poligon tersebut.
No.Nama PoligonSifat-Sifat
1.Persegi
  1. Semua sisinya sama panjang dan sisi-sisinya yang berhadapan sejajar.
  2. Setiap sudutnya siku-siku.
  3. Mempunyai dua buah diagonal yang sama panjang, berpotongan di tengah-tengah, dan membentuk sudut siku-siku.
  4. Setiap Sudutnya dibagi dua sama besar oleh diagonal-diagonalnya.
  5. Memiliki 4 sumbu simetri.
2.Persegi Panjang
  1. Sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar.
  2. Setiap sudutnya siku-siku.
  3. Mempunyai dua buah diagonal yang sama panjang dan saling berpotongan di titik sentra persegi panjang. Titik tersebut membagi diagonal menjadi dua pecahan sama panjang.
  4. Mempunyai 2 sumbu simetri, yaitu sumbu vertikal dan horisontal.
3.SegitigaSifat-sifat segitiga
a. Segitiga siku-siku
Segitiga siku-siku mempunyai dua siku-siku yang mengapit sudut sikusiku dan satu sisi miring(hypotenusa).

b. Segitiga sama kaki
Didalam segitiga sama kaki terdapat:
  1. Dua sisi yang sama panjang, sisi tersebut sering disebut kaki segitiga.
  2. Dua sudut yang sama besar yaitu sudut yang berhadapan dengan sisi yang panjangnya sama.
  3. Satu sumbu simetri
Segitiga sama sisi
Didalam segitiga sama sisi terdapat:
  • Tiga sisi yang sama panjang.
  • Tiga sudut yang sama besar.
  • Tiga sumbu simetri.
4.Jajar Genjang
  1. Sifat-sifat yang dimiliki oleh jajargenjang adalah:
  2. Sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar.
  3. Sudut-sudut berhadapan sama besar.
  4. Mempunyai dua buah diagonal yang berpotongan di satu titik dan saling membagi dua sama panjang.
  5. Mempunyai simetri putar tingkat dua dan tidak mempunyai simetri lipat.
5.TrapesiumSifat-sifat yang dimiliki oleh trapesium adalah:
  1. Sisi-sisi yang berhadapan sejajar.
  2. ⦟A + ⦟D=180°. (sudut dalam sepihak)
  3. ⦟B + ⦟C=180°. (sudut dalam sepihak)
Sifat-sifat khusus yang dimiliki oleh trapesium sama kaki adalah:
  1. Terdapat dua pasang sudut berdekatan yang sama besar.
  2. Dalam trapesium sama kaki terdapat diagonal – diagonal yang sama panjang.
6.Layang-layang
  1. Pada layang – layang terdapat dua pasang sisi yang sama panjang.
  2. Pada layang – layang terdapat sepasang sudut berhadapan yang sama besar.
  3. Pada layang – layang terdapat satu sumbu simetri yang merupakan diagonal terpanjang.
  4. Pada layang – layang salah satu diagonalnya membagi dua sama panjang diagonal lainnya secara tegak lurus.
7.Belah Ketupat
  1. Semua sisinya sama panjang.
  2. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar dan dibagi dua sama besar oleh diagonal-diagonalnya.
  3. Kedua diagonalnya saling membagi dua sama panjang dan saling tegak lurus.
  4. Kedua diagonal belah ketupat merupakan sumbu simetrinya.
2. Jelaskan manfaat inovasi lampu kemudian lintas dan gambarkan rangkaian listrik serta cara kerjanya.
  1. Untuk membuat ketertiban dan keteraturan kemudian lintas.
  2. Menghindari terjadinya kecelakaan.
  3. Rangkaian listrik pada kemudian lintas ialah merupakan rangkaian paralel.

Rangkaian seri ialah rangkaian yang mempunyai komponen dan beban (lampu, resistor atau lain - lain) saling terhubung satu sama lain dengan sejajar, maka dari itu rangkaian ini akan mengurutkan satu komponen ke komponen lain. Karena pemasangan dari rangkaian seri ini berjajar, maka pembagian tegangan dari sumber tegangan akan merata ke seluruh komponen.
3. Sebutkan banyak sekali inovasi yang memakai listrik dan tuliskan keuntungannya bagi kelangsungan hidup umat manusia.
No.Nama PenemuanManfaat Penemuan
1.Setrika listrikUntuk menyetrika pakaian
2.Bola LampuUntuk penerangan ketika gelap
3.TelevisiUntuk mendapat hiburan dan informasi
4.PensilDigunakan untuk menulis dan menggambar
5.RadioUntuk mendapat gosip dan hiburan
4. Tuliskan referensi hak, kewajiban, dan tanggung jawab sehubungan dengan pemanfaatan energi listrik.
  • Setiap anggota masyarakat berhak untuk mendapat pelayanan dalam pengadaan energi listrik.
  • Setiap anggota masyarakat yang berlangganan listrik mempunyai kewajiban membayar iuran.
  • Setiap anggota masyarakat bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dalam penggunaan energi listrik.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 2 Inovasi Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel