Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan

Manusia merupakan makhluk individu dan makhluk sosial. Tahukah kau maksud dari kalimat tersebut. Manusia sebagai makhluk individu mempunyai unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, serta unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai insan individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Setiap insan mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada insan yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata masing-masing mempunyai keunikan tersendiri.

Menurut kodratnya insan ialah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa nalar pikiran yang berkembang serta sanggup dikembangkan. Dalam hubungannya dengan insan sebagai makhluk sosial, insan selalu hidup bersama dengan insan lainnya.

Udin dan ternan-ternannya rnenanarn pohon di lingkungan sekolahnya. Tidak hanya Udin dan ternan-ternan, bapak ibu guru dan petugas kebersihan sekolah pun ikut rnenanarn pohon. Banyak pohon yang ditanarn di antaranya pohon pisang, rambutan, dan rnangga. Sernua warga sekolah tarnpak rukun dan kompak. Mereka bersatu padu rnenciptakan suasana sejuk di lingkungan sekolah.

Ayo Berlatih
Di kebun Dayu ada banyak pohon buah. Ada pohon mangga, pohon rambutan, pohon nangka, dan pohon jambu. Usia pohon tersebut bermacam-macam. Berikut ini data usia pohon (dalam tahun) di kebun Dayu.
6 3 8 4 5 4 2 1 3 5
3 4 3 1 4 7 3 2 3 4
1 2 6 3 2
Sajikan data tersebut dalam tabel berikut.
Usia Pohon
Usia Pohon (Tahun)TurusBanyak Pohon (Frekuensi)
1III3
2IIII4
3IIII II7
4IIII5
5II2
6II2
7I1
8I1
Frekuensi relatif ialah perbandingan antara frekuensi (banyak data) suatu nilai data dengan jumlah seluruh data. Frekuensi relatif biasanya disajikan dalam bentuk persen (%). Secara umum, rumus frekuensi relatif sanggup dituliskan sebagai berikut.

Hitunglah frekuensi relatif dari masing-masing usia pohon pada data di atas.
Usia Pohon
Usia Pohon (Tahun)FrekuensiFrekuensi Relatif
133/25 = 12%
244/25 = 16%
377/25 = 28%
455/25 = 20%
522/25 = 8 %
622/25 = 8%
711/25 = 4%
811/25 = 4 %
Jumlah25100%
Dengan menanam pohon bersama warga di sekolah, Udin dan teman-temannya telah menawarkan sikap persatuan dan kesatuan. Tahukah kau sikap persatuan dan kesatuan yang lainnya? Tuliskan sikap persatuan dan kesatuan yang pernah kau lakukan ketika di sekolah, rumah, dan masyarakat.

Ayo Menulis
Sikap Persatuan dan kesatuan
No.TempatContoh Sikap
1Rumah
  1. Saling menyayangi sesama anggota keluarga
  2. Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga
  3. Mengembangkan sikap empati dan tepa salira
  4. Tidak memaksakan kehendak orang lain
  5. Adanya keterbukaan antar anggota keluarga
2Sekolah
  1. Membersihkan lingkungan bersama-sama
  2. Menjenguk salah satu warga yang sakit
  3. Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan.
  4. Saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku.
  5. Bergotong royong membangun lingkungan sekitar
3Masyarakat
  1. Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat
  2. Setiap warga masyarakat menuntaskan duduk perkara sosial secara bersama-sama
  3. Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran
  4. Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa
  5. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
Ayo Amati
Amatilah gambar berikut. Kemudian, tuliskan pendapatmu mengenai gambar tersebut. Apakah sikap atau sikap orang-orang pada gambar mencerminkan persatuan dan kesatuan? Tuliskan pada kolom di sampingnya.

Ayo Bacalah
Warga Kelurahan Rawa Badak Utara Rutin Kerja Bakti
Warga di wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, bersama pegawapemerintah pemerintah kelurahan melaksanakan kerja bakti bersama. Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah banjir. Kegiatan kerja bakti yang dilakukan antara lain membersihkan selokan di depan tiap-tiap rumah warga serta membersihkan sampah yang ada di lingkungan.

Lurah Rawa Badak Utara, Suranta, menjelaskan bahwa kegiatan kerja bakti atau gotong royong itu dilakukan rutin di Kelurahan Rawa Badak Utara. Dalam kegiatan itu, warga juga melaksanakan penghijauan semoga jalan lingkungan menjadi asri, hijau, dan indah. Manfaat lain dari kerja bakti ialah terjalinnya kolaborasi dan kebersamaan di antara warga.

Ayo menulis
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Apa yang sanggup dilakukan dalam kerja bakti untuk perjuangan pelestarian lingkungan? Kerja bakti termasuk perjuangan pelestarian lingkungan, alasannya dalam kerja bakti terdapat acara membersihkan dan merawat lingkungan.
  2. Apa manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga? Kerja bakti mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan, alasannya di dalamnya seluruh warga masyarakat saling membantu tanpa memandang perbedaan
  3. Mengapa kerja bakti perlu dilakukan?Karena demi menjaga lingkungan tetap bersih, sehat, rapi, indah dan untuk menjaga kerukunan masyarakat.

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel