Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 2 Ketampakan Rupa Bumi

Di setiap tempat di muka bumi ini terdapat kehidupan. Sekarang, mari perhatikan tempat tinggal kita. Di manakah sebagian besar insan tinggal dan membangun rumah? Di daratan atau perairan? Umumnya penduduk bumi hidup dan tinggal di darat.

Manusia menetap dan menyebar di daratan yang berbeda-beda. Manusia ada yang menetap di gunung, perbukitan, dataran tinggi, dataran rendah, lembah, dan ngarai. Gunung ialah permukaan daratan yang tertinggi, berbentuk menyerupai kerucut.

Bukit dan perbukitan lebih rendah dari gunung. Daerah yang luas dan rata di pegunungan atau bukit disebut dataran tinggi. Dataran rendah biasanya terletak bersahabat dengan maritim atau pantai. Lembah dan ngarai merupakan dataran yang dikelilingi oleh tebing terjal, pegunungan ataupun perbukitan.

Ayo Mendengarkan
Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Dieng sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Di yang artinya tempat tinggi dan Hyang artinya dewa-dewi. Dieng lalu diartikan sebagai tempat kediaman para tuhan dewi.

Penduduk setempat kadang mengartikannya sebagai tempat yang indah penuh suasana keagamaan.

Dataran Tinggi Dieng bagaikan negeri di atas awan. Terhampar di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Hal ini menciptakan udaranya sejuk dan menyegarkan serta ditutupi kabut tebal. Menurut kepercayaan masyarakat, Dieng dipilih sebagai tempat suci dewa-dewi alasannya ialah keindahannya yang menakjubkan.

Di tempat ini kita akan melihat lumpur mendidih yang mengeluarkan gelembung dan danau welirang yang berwarna cerah. Selain itu, kita sanggup melihat kabut tebal yang menyelimuti Dataran Tinggi Dieng.

Kawasan Dieng juga mempunyai banyak candi bercorak Hindu dengan arsitektur yang indah dan unik. Kawasan Dataran Tinggi Dieng ialah sebuah tempat yang istimewa dengan budayanya yang memikat. Di sana tersimpan keindahan yang harus kita jaga dan lestarikan.

Di kawasan berpermukaan apakah tempat inggalmu? Pegunungan, dataran tinggi ataukah dataran rendah? Masing-masing kawasan tentu mempunyai ciri yang istimewa. Amatilah kawasan sekitar tempat tinggalmu. Apa saja yang istimewa dari tempat tinggalmu? Bagaimana keadaan alam dan suhu udaranya? Bagaimana kebiasaan masyarakatnya? Tanaman apa yang paling banyak tumbuh di sana?

Ayo Menulis
Buatlah sebuah dongeng ihwal keistimewaan daerahmu.
Aku tinggal di kawasan pegunungan. Tidak juh dari rumahku terdapat pegunungan dengan ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut, Karena ketinggian tempat tinggalku sehingga daerahku berhawa dingin.

Hawa yang masbodoh sangat cocok untuk flora sayuran. Hampir sebagian besar masyarakat sekitarku bekerja sebagai petani. Mereka menenam aneka sayuran menyerupai kobis, wortel dan sayuran lainnya. Hasil flora mereka jual ke pasar yang terletak tak jauh dari rumahku, Ada juga masyarakat yang memelihara ternak seperti, sapi dan kambing. Di daerahku makanan ternak tersedia melimpah.

Selain itu di daerahku juga terdapat sumber air mineral yang keluar dari kaki gunung. Air tersebut dimanfaatkan penduduk untuk mencuci, memasak dan kebutuhan lainnya. Keistimewwaan kawasan pegunungan ialah tersedianya sumber air higienis yang melimpah. Walaupun kemarau panjang kami tidak kekurangan air.

Masyarakat sekitarku hidup rukun dan saling tolong-menolong. Jika ada orang yang membutuhkan sumbangan maka mereka dengan ihklas membantu. Misalnya ketika mendirikan rumah seluruh tetangga niscaya akan tiba membantu tanpa diminta dan tanpa meminta upah. Itulah beberapa keistimewaan daerahku yang berada di kawasan pegunungan.
Ayo Cari Tahu
Tuhan menawarkan kekayaan alam yang melimpah pada negeri kita, Indonesia. Setiap kawasan mempunyai ciri alam yang berbeda dengan kawasan lain.

Keragaman tempat tinggal, bahasa, dan budaya yang dimiliki termasuk kekayaan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia tinggal di wilayah yang berbeda dan mempunyai rumah etika yang berbeda-beda pula. Rumah etika dari kawasan mana sajakah yang ada di gambar berikut? Tanyakan pada sahabat atau orang tuamu.

Ayo Berdiskusi
Walaupun berbeda, kita harus tetap bersatu dan saling menghormati. Masih ingatkah kau dengan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Artinya, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu. Cari tahu salah satu teladan perbedaan bahasa dan budaya daerahmu dengan kawasan lain di Indonesia. Menurut pendapatmu, mengapa kita harus menghargai perbedaan? Apa keuntungannya saling menghargai perbedaan? Diskusikan dengan guru atau temanmu.

Menurut pendapatmu, mengapa kita harus menghargai perbedaan? Perbedaan yang ada merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Jika ingin kebudayaan kawasan kita sendiri dihargai orang lain, maka kita harus menghargai dulu kebudayaan mereka. Manfaat menghargai perbedaan ialah akan terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayo Pikirkan
Berilah tanda centang (√ ) untuk perilaku atau perbuatan yang mencerminkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.
No.Sikap/perbuatanTanda
1.Mempelajari budaya dari kawasan lain
2.Membantu tetangga yang berbeda agama
3.Menertawakan logat bahasa sahabat yang gres tiba dari kawasan lainx
4.Gotong royong membersihkan lingkungan RT
5.Mengadakan pementasan lagu-lagu dari banyak sekali daerah
6.Tawuran dengan sekolah lainx
7.Mengatakan budaya sendiri lebih baik dari budaya lain kepada sahabat yang berbeda sukux
Ayo Lakukan
Beni tinggal di kawasan dataran rendah. Ia bahagia bermain di lapangan luas bersama teman-teman. Permainan apa yang sering dimainkan di kawasan tempat tinggalmu? Apakah permainan itu sanggup dimainkan di air dan di darat? Beberapa permainan hanya sanggup dimainkan di air. Misalnya berenang dan bermain rakit. Beberapa permainan hanya sanggup dimainkan di darat menyerupai sepak bola, lompat tali, sepak takraw dan lain-lain.

Ayo bermain lompat tali bersama teman-teman. Kamu sanggup memainkan permainan ini sendiri atau berkelompok. Jika kau bermain sendiri, peganglah kedua ujung tali dan putarkan melewati kepala. Kemudian lompati tali ketika melewati kakimu. Sekarang coba mainkan permainan lompat tali dengan temanmu.

Minta dua orang temanmu memegang dan memutar kedua ujung tali. Kamu dan teman-teman lain melompati tali yang sedang diputar. Selain itu kau juga sanggup bermain lompat tinggi memakai tali.

  1. Pertama, regangkan dan letakkan tali di bawah pinggang.
  2. Lompatilah secara bergantian.
  3. Naikkan tinggi tali bertahap, setinggi pinggang, dagu, telinga, kepala, dan sejengkal di atas kepala.
  4. Seberapa tinggi kau sanggup melompat? Silahkan bermain bergantian dengan temanteman.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 2 Ketampakan Rupa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel