Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi Dan Manfaatnya

Kita telah mengetahui imbas globalisasi yang tejadi di sekitar kita. Tahukah kamu, apa manfaat
globalisasi? Globalisasi dalam kehidupan sehari-hari sanggup membantu dan meringankan semua aktifiatas sehari hari kita, selain itu dampak dari globalisasi mencangkup beberapa faktor yaitu : budaya, teknologi , transportasi , ekonomi , politik , aturan dan lingkungan.

Bagaimana globalisasi sanggup terjadi? Salah satu penyebab terjadinya globalisasi yaitu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi komunikasi, ibarat teknologi media cetak dan media elektronik. Media elektronik sanggup menembus ruang dan waktu dan fakta informasi yang terjadi di suatu negara sanggup diakses oleh negara lain yang beribu-ribu kilometer jaraknya dalam waktu yang sama.

Amati gambar berikut! Bagaimana pendapatmu?

Tahukah Kamu?
Simak teks yang akan dibacakan secara berantai oleh teman-temanmu!

Listrik dan Globalisasi
“Edo, nasinya sudah matang, ambil sendiri ya”, ucap ibu menyambut Edo pulang sekolah. Sambil menyendok nasi, Edo mengamati perabot elektronik di rumahnya. Ia memperhatikan betapa menanak nasi sangat gampang dengan pemberian alat penanak nasi. Apabila ingin menyeduh teh, tekan saja tombol mesin pemanas air. Begitupun jikalau ingin minuman dingin, tinggal membuka lemari es. Saat cuaca panas, ada kipas angin. Esoknya dini hari, Edo bersama ayah berjalan menuju balai desa untuk menonton final pertandingan sepak bola yang disiarkan pribadi oleh salah satu stasiun televisi. Banyak warga, termasuk Edo dan keluarganya tak mempunyai pesawat televisi di rumahnya, dan oleh alasannya itu bapak Kepala Desa mengadakan kegiatan nonton bersama di balai desa bagi seluruh warga.

Perjalanan pada dini hari itu tidak terasa gelap bagi Edo, alasannya sepanjang jalan desa sudah benderang diterangi lampu jalanan. Sepanjang jalan, Edo berpikir wacana akomodasi yang ia rasakan berkat adanya listrik. Bayangkan, pertandingan final sepak bola yang diselenggarakan di suatu tempat di benua lain, sanggup disaksikannya secara langsung!

“Hmm...apa kesudahannya jikalau tidak ada listrik...”, gumam Edo dalam hati. Lamunan Edo terhenti oleh dering telepon genggam ayahnya. Rupanya Paman dari Papua yang menanyakan apakah final pertandingan bola sudah dimulai. Paman Edo tinggal di desa yang aliran listriknya terbatas di pagi hingga sore hari, sehingga ia tak mungkin sanggup menyaksikan siaran pertandingan pribadi melalui televisi.

Jawab pertanyaan berikut:
1. Sebutkan akomodasi dalam kehidupan sebagai akhir dari adanya listrik!
Kemudahan dalam kehidupan yang terjadi alasannya adanya listrik pada bacaan! Memasak nasi jadi lebih mudah, mesin pemanas air, minuman hirau taacuh dari kulkas. Saat cuaca panas ada kipas angin.

2. Benda-benda apa saja yang memakai energi listrik dan berperan atas terjadinya globalisasi?
Benda-benda memakai energi listrik yang berperanan hingga terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer.

3. Menurutmu, adakah imbas listrik terhadap globalisasi? Jelaskan.
Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu menawarkan kiprah yang sangat besar terhadap jalan masuk informasi ke aneka macam belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, alasannya dengan adanya listrik kemudian terjadi arus informasi yang dengan cepat sanggup diakses oleh waga di aneka macam penjuru dunia.

Beragam benda elektronik yang berperanan terhadap terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer.

Ayo Analisis
Perhatikan beberapa pernyataan berikut! Beri tanda V jikalau merupakan imbas globalisasi dan tanda X jikalau bukan merupakan imbas globalisasi. Jangan lupa berikan alasannya.
No.PeristiwaPengaruh
Globalisasi
Alasan
1.Mencari informasi di Internet untuk menuntaskan kiprah sekolah.Karena memanfaatkan teknologi informasi berupa komputer dan internt
2.Mengikuti lomba balap karung.xKarena balap karung mrupakan permainan tradisional Indonesia
3.Nonton siaran pribadi pertandingan piala dunia sepak bola yang diadakan di Brazil.Karena memakai teknologi penyiaran jarak jauh dari tlevisi
4.Mengerjakan ujian simpulan sekolahxKarena mengerjakan ujian idak mnggunakan teknologi
5.Mengabarkan informasi penting pada kerabat di luar negeri melalui telepon.Karena memakai knologi handphone
6.Makan nasi, tempe, dan sayur asam masakan ibu di rumah.xKarena nasi,tempe,sayur asam itu masih masakan tradisional
7.Memakai sepatu bola buatan luar negeri.Karna melaksanakan kegiatan prdagangan internasional
8.Makan burger, pizza, dan ayam goreng di restoran cepat saji waralaba luar negeri.Karena kuliner trsebut mrupakan produk luar ngeri
9.Memakai seragam batikxKarena batik merupakan kain tradisional Indonsia
10.Membeli jajanan kuliner kemasan dengan merek luar negeriKarena kuliner tersebut merupakan produk luar negri
Berdasarkan tabel analisis yang sudah kau isi, apa kesimpulanmu wacana globalisasi?
Globalisasi yaitu suatu proses dimana bata-batas suatu negara menjadi semakin sempit alasannya akomodasi interaksi antara negara baik berupa pertukaran informasi, perdagangan, teknologi, gaya hidup dan bentuk-bentuk interaksi yang lain.
Ayo Diskusikan
Amati beberapa foto di awal subtema 2! Diskusikan bersama temanmu wacana imbas listrik dan perkembangan teknologi terhadap terjadinya globalisasi. Perhatikan beberapa hal berikut sebagai materi diskusi!
  1. Temukan sebanyak mungkin teladan pemakaian listrik dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Temukan sebanyak mungkin teladan perkembangan teknologi yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Temukan teladan benda-benda hasil perkembangan teknologi yang memakai listrik.
  4. Identifikasi: apakah benda-benda tersebut menawarkan imbas terhadap terjadinya globalisasi!
Tulis kaitan antara inovasi listrik dan globalisasi

Ayo Cari Tahu
Amati lingkungan sekitar sekolahmu! Tuliskanlah fakta yang pertanda bahwa globalisasi juga terjadi di daerahmu. Tuliskan dalam tabel berikut!
FaktaKeterangan
  1. Pada jam istirahat, kawan-kawan lebih menentukan bermain telefon genggam
  2. Saat guru menerangkan, dia memakai internet sebagai sumber pembelajaran
  3. Siswi mengerjakan ulangan pada akun edmodo/brainly
  1. Hal ini pertanda bahwa globalisasi masuk melalui teknologi canggih yaitu HP
  2. Hal ini pertanda bahwa globalisasi masuk melalui internet
  3. Hal ini pertanda bahwa globalisasi masuk melalui sosial media
Ayo Menulis
Tuliskan hasil pengamatan dan hasil diskusi kalian dalam bentuk teks eksplanasi wacana kiprah listrik di periode globalisasi. Perhatikan beberapa informasi yang perlu dicantumkan:
  1. Penjelasan wacana terjadinya globalisasi.
  2. Peran listrik terhadap terjadinya globalisasi.
  3. Contoh-contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Manfaat globalisasi.
Struktur teksKalimat
Pernyataan
Umum
Globalisasi yaitu proses interaksi saling keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar insan di seluruh dunia melalui aneka macam bidang, sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi kuat di semua bidang kehidupan ibarat bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan. Globalisasi membawa imbas bagi kehidupan suatu negara di dunia termasuk Indonesia.
Deretan PenjelasProses Terjadinya Globalisasi
Teknologi informasi dan komunikasi yaitu faktor pendukung utama terjadinya globalisasi. Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dalam aneka macam bentuk sanggup tersebar luas dan begitu gampang didapatkan di seluruh dunia.

Bagi masyarakat kini teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu kebutuhan khusus yang telah membawa manfaat luar biasa. Teknologi dianggap sanggup menuntaskan problem pada dikala ini bahkan sebagian masyarakat memuja kecanggihan yang ditawarkan oleh teknologi. Masyarakat meyakini teknologi sanggup menawarkan kesejahteraan dan aneka macam kebutuhan lainnya namun teknologi juga mendatangkan malapetaka bagi kehidupan bangsa kita.

Peran Listrik Terhadap Terjadinya Globalisasi
Listrik sangat berperan dalam proses globalisasi. Kita tidak sanggup menyangkal akan betapa pentingnya kiprah listrik dalam hidup. Listrik memudahkan pekerjaan manusia. Sebagian besar masyarakat memakai listrik untuk beraktifitas. Mulai dari yang paling sesahidupan sehari-hari. Tanpa danya listrik globalisasi tidak akan secepat dikala ini.

Sebagai insan yang hidup di zaman modern, kita tidak sanggup menyangkal betapa pentingnya kiprah listrik dalam hidup kita. Setiap hari, setiap jam, bahkan mungkin setiap menit kita memakai listrik untuk beraktifitas. Salah satunya yaitu ketika memakai perangkat teknologi informasi.

Perangkat teknologi informasi merupakan segala jenis peralatan yang dipakai untuk mendapat informasi yang diharapkan baik melalui media cetak atuapun elektronik yaitu : televisi, laptop, komputer, radio, telepon genggam, dan kamera digital,

Benda-benda tersebut memakai energi listrik sebagai sumber energinya. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu menawarkan kiprah yang sangat besar terhadap jalan masuk informasi ke aneka macam belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, alasannya dengan adanya listrik kemudian terjadi arus informasi yang dengan cepat sanggup diakses oleh warga di aneka macam penjuru dunia.

Contoh-contoh Globalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Tanpa disadari budaya abnormal yang masuk ke Indonesia telah mensugesti sikap masyarakat Indonesia, Berikut ini beberapa teladan globalisasi di lingkungan sekitar.
  1. Gaya Hidup. Gaya hidup tradisional di zaman globalisasi ini sudah semakin berkurang dan bahkan cenderung untuk ditinggalkan oleh masyarakat. Mereka menentukan menerapkan gaya hidup modern yang serba mudah, cepat, dan ekonomis. 
  2. Makanan Cepat Saji. Makanan pokok bangsa indonesia sebagian besar yaitu nasi, jagung, dan sagu. Makanan pokok tersebut sebelum disajikan harus diolah terlebih dahulu dan proses pengolahannya membutuhkan waktu yang lama. Dengan adanya globalisasi orang mulai cenderung beralih mengonsumsi kuliner yang cepat saji biasa disebut fasts food. Beberapa teladan kuliner cepat saji yang berasal dari luar negeri diantaranya pizza, spagheti, dan hamburger.
  3. Pakaian. Model atau bentuk pakaian kini ini kebanyakan pakaian minim dan terbuka yang dianggap tidak sesuai dengan kebudayaan indonesia. Contoh lain yaitu baju jas yang merupakan budaya bangsa barat sudah dipakai oleh sebagian masyarakat kita pada acara-acara resmi atau resepsi. Begitu pula dengan celana jeans dan T-shirt. Masyarakat kita sudah terbiasa menggunakanya dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Komunikasi. Jaman dahulu komunikasi antara wilayah dengan memakai jasa pos yaitu surat yang sampainya sanggup mencapai satu atau dua hari, kemudian berkembang dengan telepon rumah. Namun kini ini di periode globalisasi jikalau akan berkomunikasi sangat gampang dan cepat memakai telepon seluler, internet, email dan taksimile. Dengan adanya alat komunikasi yang canggih kita sanggup melaksanakan korelasi dengan siapa saja didunia ini.
Manfaat Globalisasi
Bangsa Indonesia sebagai pecahan dari masyarakat internasional tidak akan terlepas dari imbas globalisasi. Namun, dari perubahan itu justru globalisasi juga mempunyai dampak dan manfaat yang positif bagi bangsa indonesia. Beberapa manfaat globalisasi antara lain sebagai berikut.
  1. Bidang ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara sehingga akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
  2. Bidang sosial budaya, kita sanggup menggandakan pola pikir yang baik ibarat etos kerja yang tinggi dan disiplin dan penggunaan IPTEK bangsa lain yang lebih maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa.
  3. Bidang politik, sistem pemerintahan yang lebih terbuka dan demokratis alasannya pemerintahan yaitu pecahan besar dari negara. Jika suatu negara di jalankan secara higienis dan jujur makan akan meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap negara.
  4. Bidang Pendidikan. Globalisasi dalam bidang pendidikan akan membuat insan yang professional dan berstandar Internasional dalam bidang pendidikan. Globalisasi akan membawa dunia pendidikan Indonesia sanggup bersaing dengan negara-negara lain.
Selain membawa dampak positif globalisasi juga mengakibatkan beberapa dampak negatif yang tentunya sangat merugikan. Beberapa dampak negatif globalisasi antara lain.
  1. Globalisasi sanggup merubah nilai-nilai masyarakat Indonesia. Khususnya anak muda dikhawatirkan akan lupa dengan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, alasannya gaya hidup yang cenderung menggandakan budaya barat. Jika hal tersebut terus terjadi maka tidak menutup kemungkinan nilai-nilai pancasila dan rasa nasionalisme akan hilang.
  2. Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antar sesama warga, sehingga orang tidak lagi peduli dengan kehidupan bangsa
  3. Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri alasannya banyak produk luar negeri membanjiri Indonesia.
InterpretasiGlobalisasi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dikala ini kuat dalam aneka macam aspek kehidupan. Pengaruh tersebut sanggup bersifat positif dan negatif. Untuk mengurangi dampak negatif globalisasi yang terjadi sanggup dilakukan dengan cara menyaring budaya-budaya abnormal yang masuk ke negara kita harus yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan meningkatkan kepercayaan dan takwa pada Tuhan YME.

Listrik  berperan besar dalam proses globalisasi terutama dalam hal jalan masuk informasi ke aneka macam belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, alasannya dengan adanya listrik kemudian terjadi arus informasi yang dengan cepat sanggup diakses oleh warga di aneka macam penjuru dunia.
Ayo Mencoba
Di periode globalisasi ini bermacam-macam benda sudah sangat mendunia, ibarat benda-benda berikut:

Benda-benda tersebut berbentuk lingkaran. Apa yang kau ketahui wacana lingkaran? Ceritakan aneka macam hal yang kau ketahui wacana lingkaran. Diskusikan bersama seorang sahabat untuk mengetahui aneka macam hal wacana lingkaran, yaitu:

Lingkaran yaitu kurva tertutup sederhana yang merupakan tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Jarak yang sama tersebut yaitu jari-jari bulat dan titik tertentu disebut sentra lingkaran.

a. Bagian-bagian lingkaran.

Keterangan:
  • O : Titik sentra bulat yaitu titik tertentu pada lingkaran.
  • OA/OB/OC : Jari-jari lingkaran, yaitu garis yang menghubungkan titik sentra bulat dan titik pada keliling lingkaran.
  • AB : Diameter (d), yaitu tali busur yang melalui sentra lingkaran. Panjang diameter sebuah bulat sama dengan dua kali panjang jari-jari bulat tersebut, sehingga sanggup ditulis d=2r.
  • AC : Tali busur, yaitu ruas garis yang menghubungkan sebaran dua titik pada lingkaran.
  • AC : Busur Lingkaran, yaitu garis lengkung bulat yang terletak di antara dua titik pada lingkaran. Busur bulat dinotasikan dengan ( AC ).
  • Juring Lingkaran yaitu tempat bulat yang dibatasi oleh busur bulat dan dua buah jari-jari bulat yang melalui ujung busur bulat tersebut.
  • Tembereng Lingkaran yaitu tempat bulat yang dibatasi oleh busur bulat dan tali busur yang melalui kedua ujung busur lingkaran.
b. Keliling dan Luas lingkaran.

Ambil sebuah roda sepeda. Tandai suatu titik pada pecahan tepi roda bulat dengan karakter A. Kemudian, gelindingkan roda tersebut dimulai dari titik A dan kembali ke titik A lagi. Lintasan yang dilalui roda dari A hingga kembali ke A lagi disebut satu putaran penuh atau satu keliling lingkaran.
  1. Ukur bulat roda sepeda tersebut memakai tali.
  2. Ukur jarak yang telah ditempuh oleh roda tersebut untuk berputar mulai dari titik A, hingga hingga kembali ke titik A tersebut.
  3. Apakah panjang tali pada dua variabel tersebut sama? Mengapa? Jelaskan dengan singkat! sama karna panjang tali dan jarak yang ditempuh roda dalam satu putran yaitu keliling lingkaran.
Analisis roda sepeda berikut dan jawab pertanyaan.
Jika diketahui panjang busur pada setiap juring roda sepeda tersebut yaitu 25 cm, maka:
a. Berapa keliling roda tersebut?
Keliling Lingkaran  = 2 × π × r
r = juring ÷ 2
= 2 × 3,14 × (25 ÷ 2)
= 2 × 3,14 × 12,5
= 2 × 39,25
= 78,5 cm
b. Jelaskan apa yang kau pahami wacana juring roda sepeda tersebut.
Juring Lingkaran yaitu tempat bulat yang dibatasi oleh busur bulat dan dua buah jari-jari bulat yang melalui ujung busur bulat tersebut.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel