Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin

Semut dan Belalang
Di bawah terik matahari animo panas, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir kuliner di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir sanggup dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.

Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.

“Hai semut-semut! Apa sih yang kalian lakukan? Sibuk sekali semenjak pagi? Tidakkah mondarmandir di tengah terik matahari menciptakan kalian lelah berkeringat?” seru belalang kepada barisan semut.

“Kami bekerja keras mengumpulkan persediaan kuliner untuk animo hambar nanti. Barisan kami memang panjang, tetapi daya angkut kami tidak banyak. Oleh alasannya ialah itu, kami harus mondar-mandir” ujar komandan semut menjawab belalang.

“Haaah? Mengumpulkan kuliner untuk animo dingin? Repot sekali! Musim dinginkan masih lama? Sekarang nikmati saja teriknya matahari dan kuliner yang melimpah. Buat apa sibuk dari sekarang?” ujar belalang sambil terkekeh menertawakan semut-semut.

“Hai belalang! Harusnya kau melaksanakan hal yang sama. Serangga menyerupai kita harus berkemas-kemas menghadapi animo dingin. Nanti, semua tanaman dan sumber kuliner lain akan beku tertutup salju. Hembusan angin hambar juga akan menciptakan kita yang bertubuh kecil sulit keluar sarang untuk mencari makan” balas komandan semut.

“Benar belalang! Harusnya kau mengumpulkan teman-temanmu untuk berhubungan mengisi sarang dengan persediaan makanan. Justru alasannya ialah animo panas masih panjang, kita masih punya banyak waktu untuk mencicil pekerjaan,” semut kecil menambahkan dari barisan belakang.

“Ah, semua temanku juga sedang bersantai. Terserah kalian sajalah bila ingin merepotkan diri!” tukasnya.

Begitulah adanya. Sepanjang animo panas barisan semut sibuk bekerja, sementara belalang santai bermalas-malasan. Hingga datang saatnya animo dingin. Semut-semut nyaman bercengkerama di sarangnya yang berlimpah makanan. Bagaimana dengan belalang? Ia meringkuk kedinginan dan kelaparan di balik dinginnya batu.

Jika demikian, mana yang patut dijadikan teladan? Semut atau belalang?
-ditulis ulang berdasarkan fabel “The Ant and the Grasshopper”.

Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Apa yang dilakukan sekelompok semut? Mengapa mereka harus melakukannya?. Sekelompok semut mengumpulkan makanan, biar pada animo hambar datang mereka tidak perlu lagi mencari makanan, dimana kuliner sulit didapatkan..
  2. Bagaimana menurutmu perilaku belalang? Sikap belalang yang hanya bermalas-malasan kurang baik alasannya ialah untuk menghadapi animo hambar para serangga harus mengumpulkan makanan.
  3. Bagaimana cara semut bekerja? Semut bekerja secara kelompok mengumpulkan makanan. Seekor semut hanya bisa membawa sebulir kuliner di atas tubuhnya sehingga pekerjaan tersebut harus dilakukan berulang-ulang.
  4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kau teladani dari dongeng di atas? Kerjasama semut dalam mengumpulkan kuliner untuk persiapan animo hambar dan kerja keras semut yang melaksanakan pekerjaan tersebut secara berulang-ulang alasannya ialah ukuran tubuhnya yang kecil.
Ayo Temukan
Seorang pemimpin harus tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Semut mencontohkan kondisi dirinya yang tidak bisa bekerja di animo dingin. Untuk mengatasinya, semut bekerja di animo panas biar mereka tidak kelaparan di animo dingin. Semut tahu kelebihan dan kekurangannya. Ia tidak sombong. Nilai-nilai itulah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Apakah kau tahu kelebihan dan kekurangan dirimu? Ayo, isi diagram berikut!

Ayo Diskusikan
Menyadari kekurangannya, semut hidup dengan bergotong royong. Mereka sadar bahwa mustahil mereka sanggup mengumpulkan kuliner tanpa bekerja sama. Kamu sudah berguru ihwal pentingnya gotong royong ahad lalu. Catatlah kegiatan-kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolahmu. Bandingkan alhasil dengan sobat sebelahmu.
KegiatanAlasan
  1. Membangun masjid sekolah
  2. Membersihkan ruang kelas
  3. Membersihkan halaman sekolah
  4. Melaksanakan upacara bendera
  5. Melaksanakan kegiatan permainan kasti
  1. Membangun masjid membutuhkan banyak tenaga dan biaya
  2. Membersihkan ruang kelas harus dilakukan bersama teman.
  3. Membersihkan halaman sekolah yang luas membutuhkan banyak orang
  4. Melaksanakan upacara bendera membutuhkan banyak petugas upacara
  5. Permainan kasti membutuhkan kerjasama beberapa orang pemain.
Ayo Bacalah
Sejahtera Bersama Koperasi
Secara sukarela, sebagian besar guru dan karyawan di SD Palapa menjadi anggota koperasi karyawan. Koperasi ini didirikan semenjak lima tahun yang lalu. Terasa benar oleh mereka manfaat menjadi anggota koperasi ini. Sebagian guru dan karyawan yang mempunyai perjuangan kecil, sanggup bekerja sama dengan unit perjuangan koperasi untuk membuatkan perjuangan mereka. Sebagian lagi mencicipi manfaat dari unit simpan pinjam.

..............................

“Bapak dan Ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu ketika nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan laba pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.” Suasana tenang sejenak, sebelum gemuruh tepuk tangan menyambut pidato Pak Badru. Di dalam hati, semua mengangguk setuju. Kesejahteraan bersama ialah tanggung jawab semua.

Baca sekali lagi isi pidato Pak Badru. Tuliskan pesan-pesan yang kau temukan!
Beberapa pesan yang yang disampaikan Pak Badru ialah sebagai berikut.
  1. Tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan.
  2. Koperasi karyawan didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.
  3. Kekeluargaan dan kebersamaan ialah modal utama dalam koperasi, dan seterusnya.
Isi teks di atas ialah ihwal koperasi dan kepemimpinan Pak Badru. Pak Badru mengedepankan musyawarah dan gotong royong serta kepentingan anggotanya.

Rakyat Indonesia banyak yang menjadi anggota koperasi. Banyak manfaat yang dirasakan oleh anggota koperasi. Indonesia mempunyai forum ekonomi untuk mensejahterakan rakyatnya. Bisakah kau menemukan forum ekonomi lainnya dan keuntungannya bagi rakyat? Tulis jawabanmu pada tabel berikut!
Lembaga EkonomiKegiatan yang
dilakukan
Manfaat
KoperasiMelayani kebutuhan
masyarakat dan usaha
simpan pinjam
  1. Membangun dan membuatkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya;
  2. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan insan dan masyarakat
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya
  4. Berusaha untuk mewujudkan dan membuatkan perekonomian nasional, yang merupakan perjuangan bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi
  5. Mengembangkan kreativitas dan membangun jiwa berorganisasi bagi para pelajar bangsa.
Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Melayani kepentingan
umum atau pelayanan
kepada masyarakat.

  1. Memberi akomodasi kepada masyarakat luas dalam memperoleh banyak sekali alat pemenuhan kebutuhan hidup yang berupa barang atau jasa.
  2. Membuka dan memperluas kesempatan kerja bagi penduduk angkatan kerja.
  3. Mencegah monopoli pasar atas barang dan jasa yang merupakan kebutuhan masyarakat banyak oleh sekelompok pengusaha swasta yang bermodal kuat.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi komoditi ekspor sebagai sumber devisa,baik migas maupun non migas.
  5. Menghimpun dana untuk mengisi kas negara ,yang selanjutnya dipergunakan untuk memajukan dan membuatkan perekonomian negara.
  6. Memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Badan Usaha Milik Daerah BUMD)Memupuk pendapatan
orisinil tempat guna membiayai pembangunan daerah.
  1. Memberikan sumbangsih pada perekonomian nasional dan penerimaan kas negara
  2. Mengejar dan mencari keuntungan
  3. Pemenuhan hajat hidup orang banyak
  4. Perintis kegiatan-kegiatan usaha
  5. Memberikan pemberian dan proteksi pada perjuangan kecil dan lemah
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)Bidang perjuangan yang
diberikan kepada pihak
swasta ialah mengelola
sumber daya ekonomi yang
bersifat tidak vital
dan strategis.
  1. Sebagai rekan kerja pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat 
  2. Sebagai rekan dalam pengelolaan sumber daya 
  3. Merupakan dinamisator dalam perekonomian masyarakat 
  4. Memberikan pelayanan bagi masyarakat
YayasanYayasan sanggup melakukan
kegiatan perjuangan untuk
menunjang pencapaian
maksud dan tujuannya
dengan cara mendirikan tubuh perjuangan dan/atau ikut serta dalam suatu tubuh usaha
  1. Yayasan bermanfaat untuk membantu atau meningkatkan kesejahteraan hidup orang lain.
  2. Yayasan mempunyai cakupan yang luas, termasuk antara lain hak asasi manusia, kesenian, olah raga, proteksi konsumen, pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan, dan ilmu pengetahuan.
Sampaikan data pada tabel di depan kelas. Lembaga ekonomi ternyata banyak keuntungannya bagi bangsa Indonesia. Bergotong royong dan bermusyawarah merupakan proses yang bisa kita lihat di forum tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa rakyat Indonesia pundak membahu untuk kebaikan.

Ayo Lakukan
Pidato Pak Badru di dalam teks sungguh menggugah. Bisakah kau menciptakan teks pidato menyerupai itu?

Kamu bisa merancang teks terlebih dahulu sebelum dijadikan sebagai teks pidato. Dengan topik ‘Bermusyawarah Untuk Kepentingan Bersama’, buatlah rancangan teks pidato untuk disampaikan di depan sobat kelasmu. Rancangan berisi ihwal pentingnya bemusyawarah. Struktur teks pidato.harus memuat
  1. Salam pembuka. Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain)
  2. Pendahuluan. Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Kamu akan  menyampaikan pentingnya bermusyawarah
  3. Inti. Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat undangan atau bujukan dipakai untuk mengajak pendengar melaksanakan kegiatan yang diharapkan. Keterangan lengkap ihwal topik disampaikan secara rinci. 
  4. Penutup. Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
  5. Salam penutup. Berisikan kalimat salam epilog menyerupai ‘terima kasih’.
Bermusyawarah Untuk Kepentingan Bersama
Assalamualaikum Wr Wb.

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, juga teman-teman yang saya cintai. Sebelumnya mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh SWT atas Rahmat-NYA yang telah dilimpahkan kepada kita semua, sehingga kita sanggup berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Musyawarah merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membahas suatu duduk kasus dengan tujuan biar mendapat solusi. Kata musyawarah berasal dari bahasa arab “syawara” yang berarti mengadakan suatu negosiasi atau penyampaian sesuatu, yaitu pendapat.

Musyawarah sering juga kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai pola kecil di ketika kita ingin makan bersama teman-teman kita niscaya bermusyawarah untuk menentukan kuliner apa dan di mana akan makan. Sering juga kita melaksanakan voting untuk menentukan yang paling banyak dipilih untuk menentukan tempat dan kuliner apa yang akan dimakan bersama-sama. Hal-hal kecil menyerupai ini secara tidak sadar kita lakukan dan sering kita jumpai dalam setiap sisi kehidupan kita.

Beberapa manfaat musyawarah antara lain sebagai berikut : Pertama musyawarah melatih untuk menyuarakan pendapat (ide). Setiap orang niscaya mempunyai wangsit atau gagasan yang sanggup diungkapkan dalam memecahkan suatu permasalahan yang sedang dibahas. Dengan mengikuti musyawarah, seseorang bisa dilatih untuk mengutarakan pendapat yang nantinya akan dijadikan sebagai materi pertimbangan dalam mencari jalan keluar.

Kedua melalui musyawarah duduk kasus sanggup segera terpecahkan. Dengan bermusyawarah, akan bisa didapatkan beberapa jalan alternatif dalam menuntaskan suatu permasalahan yang menyangkut kepentingan bersama. Pendapat yang berbeda dari orang lain mungkin akan lebih baik dari pendapat kita sendiri. Untuk itu sangat penting untuk mengadakan dengar pendapat dengan orang lain.

Ketiga musyawarah sanggup mengambil keputusan yang mempunyai nilai keadilan. Musyawarah merupakan proses dengar pendapat yang nantinya keputusan yang diambil ialah merupakan akad bersama antar sesama anggota. Kesepakatan yang diambil tentunya tidak mengandung unsur paksaan di dalamnya. Sehingga semua anggota sanggup melaksanakan hasil keputusan tersebut dengan penuh tanggung jawab dan tanpa ada unsur pemaksaan.

Keempat musyawarah menghasilkan keputusan yang sanggup menguntungkan semua pihak. Keputusan yang diambil dalam suatu musyawarah dilarang merugikan salah satu pihak atau anggota dalam musyawarah. Agar nantinya hasil yang diputuskan tersebut sanggup diterima dan dilaksanakan oleh seluruh anggota dengan penuh keikhlasan.

Marilah mulai kini kita membudayakan musyawarah dalam kehidupan sehari-hari alasannya ialah melalui musyawarah kepentingan bersama akan tetap terjaga. Musyawarah mempunyai kelebihan, salah satu diantaranya ialah keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama yang merupakan jalan tengah yang menciptakan duduk kasus teratasi. Namun tidak bisa dipungkiri musyawarah juga mempunyai kekurangan yaitu musyawarah membutuhkan waktu yang usang alasannya ialah pendapat satu individu dengan individu lainnya belum tentu sama.

Dari pidato yang telah saya sampaikan di atas maka sanggup saya simpulkan ihwal musyawarah untuk kepentingan bersama yaitu: pertama musyawarah sanggup melatih menyuarakan ide. Kedua musyawarah sanggup memecahkan duduk kasus yang sedang kita hadapi dan yang ketiga musyawarah sanggup menghasilkan keputusan yang menguntungkan semua pihak.

Demikian pidato singkat ini saya sampaikan. mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang kurang jelas. Terima kasih.

Wasalamualaikum wr.wb

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel