Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi Dan Manfaatnya

Sekarang kita akan melanjutkan latihan pencak silat, supaya badan kita lebih sehat dan kuat! Pencak silat merupakan beladiri orisinil warisan budaya nenek moyang kita. Produk hasil olah nalar pikiran insan Indonesia yang mempunyai ciri khas menempel pada masing-masing suku bangsa dari Sabang hingga Merauke. Tidak sanggup dipungkiri dan telah diketahui hampir semua orang. Tetapi jarang yang tahu bagaimana Pencak Silat sudah begitu merasuk pada usaha Indonesia meraih kemerdekaannya. Jauh sebelum kemerdekaan itu diraih.

Pada zaman penjajahan Belanda, kisah–kisah heroik para pesilat yang juga pimpinan usaha di tanah aslinya, beredar cukup banyak. Pencak Silat dipelajari dan dipergunakan dengan baik oleh punggawa kerajaan, kesultanan, maupun para pejuang dalam melawan penjajahan.

Ayo Lakukan
Berdoalah dahulu sebelum memulai latihan. Sekarang kau akan berguru perihal tangkisan dalam pencak silat. Amati gambar berikut dan baca penjelasannya.

TANGKISAN DALAM PENCAK SILAT
Dalam olah raga Pencak silat selain dikenal dengan teknik bantingan, tendangan dan pukulan. Dikenal juga Teknik tangkisan, Tangkisan yaitu teknik belaan dengan cara mengadakan kontak eksklusif (benturan) terhadap serangan lawan, dengan jalan membendung atau mengalihkan serangan.

Berbagai posisi dalam menangkis sanggup dilakukan, baik dengan melangkah maupun membisu di tempat, dengan memperhitungkan posisi terbaik atau menguntungkan untuk melaksanakan serangan akibat yang cepat. Berikut ini beberapa macam tangkisan yang dikenal di Pencak Silat.

  1. Tangkisan Dalam merupakan tangkisan dari luar ke dalam sejajar dengan bahu
  2. Tangkisan Luar merupakan tangkisan dari dalam ke luar sejajar dengan bahu
  3. Tangkisan Atas merupakan tangkisan dari bawah ke atas, untuk melindungi kepala dari serangan
  4. Tangkisan Bawah merupakan tangkisan dari atas ke bawah
Ayo, kita lanjutkan menghitung volume prisma segitiga dan silinder dari mainan yang telah
kau buat di hari sebelumnya! Lanjutkan aktivitas di pembelajaran hari ke lima, menghitung volume mainan bangkit ruang dari benda-benda kreasimu yang terbuat dari bermacam-macam kotak kemasan bekas makanan. Amati bentuk bangkit ruang pada mainan kreasimu. Hitunglah total volumenya!

EVALUASI
1. Amati kehidupan di lingkungan sekitarmu, buatlah goresan pena dalam bentuk teks eksplanasi. Tulisanmu harus mencantumkan:
  • Contoh manfaat yang dirasakan masyarakat alasannya yaitu imbas globalisasi.
  • Pengaruh energi listrik terhadap terjadinya globalisasi.
  • Sikap kau dalam menyikapi arus globalisasi.
Perhatikan penggunaan karakter besar, tanda baca, pemilihan kosa kata baku, serta kerapian tulisan.
Struktur teksKalimat
Pernyataan UmumIstilah Globalisasi berasal dari kata “globe” (peta dunia yang berbentuk bola).  Dari kata “globe” ini selanjutnya lahir istilah “global” (yang artinya mencakup seluruh dunia). Dari kata “global” ini lahirlah istilah “globalisasi” yang bermakna sebuah  proses mendunia.Globalisasi yaitu suatu proses tatanan sosial yang mendunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan ibarat bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan lain- lain.
Deretan Penjela Globalisasi dalam kehidupan sehari-hari sanggup membantu dan meringankan semua aktifiatas sehari hari kita, selain itu dampak dari globalisasi mencangkup beberapa faktor yaitu : budaya, teknologi , transportasi , ekonomi , politik , aturan dan lingkungan. Beberapa manfaat globalisasi bagi masyarakat yaitu sebagai berikut :
  1. Semakin dimudahkannya masyarakat untuk mendapat sebuah isu dalam hitungan detik setiap hari dan sepanjang waktu, semua orang akan lebih cepat mengetahui kejadian apa yang terjadi di potongan bumi yang lain.
  2. Semakin majunya aktifitas ekonomi, disini yaitu ditandainya dengan adanya pasar bebas yang akan melanda seluruh perekonomian seluruh dunia, selain itu aktivitas ekonomi akan semakin gampang dan cepat alasannya yaitu adanya kala globalisasi.
  3. Kebebasan masyarakat untuk berekspresi dan memperoleh isu dan hal itu yaitu sangat menjunjung HAM bagi umat manusia.
  4. Masyarakat tidak perlu repot untuk salng berafiliasi dan tidak mengenal jarak wilayah.
  5. Semakin banyaknya penanam modal abnormal dari semua negara didunai ke suatu negara.
  6. Dimudahkannya masyarakat untuk membuatkan usahanya hingga ke selurh dunia, tidak mencangkup hanya satu wilayah saja.
  7. Manfaat dari globalisasi yaitu teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.
Peran Listrik Terhadap Terjadinya Globalisasi
Sebagai insan yang hidup di zaman modern, kita tidak sanggup menyangkal betapa pentingnya tugas listrik dalam hidup kita. Setiap hari, setiap jam, bahkan mungkin setiap menit kita memakai listrik untuk beraktifitas. Salah satunya yaitu dikala memakai perangkat teknologi informasi.

Perangkat teknologi isu merupakan segala jenis peralatan yang dipakai untuk mendapat isu yang diharapkan baik melalui media cetak atuapun elektronik yaitu : televisi, laptop, komputer, radio, telepon genggam, dan kamera digital,

Benda-benda tersebut memakai energi listrik sebagai sumber energinya. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memperlihatkan tugas yang sangat besar terhadap terusan isu ke banyak sekali potongan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, alasannya yaitu dengan adanya listrik kemudian terjadi arus isu yang dengan cepat sanggup diakses oleh warga di banyak sekali penjuru dunia.

Cara Menyikapi Era Globalisasi
Kita sanggup menyaring budaya abnormal yang masuk ke negara kita harus yang sesuai dengan kepribadian bangsa, menyayangi atau membeli produk dalam negeri sendiri, meningkatkan produksi dalam negeri supaya sanggup bersaing dengan produksi negara negara maju,

Kita  juga harus berusaha mengikuti perkembangan IPTEK, dan yang paling penting meningkatkan kepercayaan dan takwa kepada Tuhan YME, menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, contohnya semangat menyayangi produk dalam negeri, menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya,

Kita juga selalu menanamkan dan melaksanakan fatwa agama dengan sebaik-baiknya, serta mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan aturan dalam arti sebenar-benarnya dan seadil- adilnya, selektif terhadap imbas globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.
InterpretasiGlobalisasi yaitu suatu proses tatanan sosial yang mendunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan ibarat bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan lain- lain. Perangkat teknologi isu merupakan segala jenis peralatan yang dipakai untuk mendapat isu yang diharapkan baik melalui media cetak atuapun elektronik Benda-benda tersebut memakai energi listrik sebagai sumber energinya. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memperlihatkan tugas yang sangat besar terhadap terusan isu ke banyak sekali potongan dunia.

Dalam menghadapi imbas globalisasi kita harus menyaring budaya abnormal yang masuk ke negara kita harus yang sesuai dengan kepribadian bangsa, menyayangi atau membeli produk dalam negeri sendiri, meningkatkan produksi dalam negeri supaya sanggup bersaing dengan produksi negara negara maju, 

2. Sebuah kerucut untuk wadah es krim diketahui mempunyai ganjal berbentuk bulat yang terdiri atas empat juring. Panjang busur pada setiap juring yaitu 8 cm. Hitunglah:
a. Keliling ganjal lingkaran keliling ganjal = 4 x 8 = 32 cm

b. Kapasitas wadah es krim tersebut.
Carilah jari-jarinya terlebih dahulu
2 x π x r = kell
2 x 3,14 x r = 32
r = 32 / 6,28
r = 5,09 cm
Kapasitas wadah = π x r² = 3,14 x 5,09² = 81,35 cm²

3. Kita telah mempelajari busur dan juring lingkaran. Sekarang cobalah untuk menggambar silinder dan kerucut, perhatikan kriteria berikut:
  • Gambarkan bangkit silinder dan kerucut.
  • Tentukan banyaknya juring pada ganjal bulat setiap bangun.
  • Tentukan panjang busur setiap juring.
  • Hitung volume masing-masing bangkit tersebut.
  • Warnai bangkit yang kau buat sehingga tampak menarik.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel