Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi Dan Manfaatnya

Di abad global ini bermacam-macam produk buatan luar negeri dengan gampang sanggup kita dapatkan tanpa harus berkunjung ke negara di mana produk tersebut dibuat. Contohnya produk-produk di bawah ini yang sanggup kau temui di sekitar kita. Sekarang perhatikanlah kemasan dari masing-masing produk. Bisakah kau temukan bentuk silinder diantara kemasan-kemasan tersebut?

Ayo Amati
Bersikap cermatlah ketika memutuskan untuk membeli bermacam-macam jenis minuman. Pilihlah minuman yang menyehatkan badan! Bagaimana cara mengetahui volume sebuah botol minum berbentuk silinder menyerupai pada gambar? Ingatkah kau dengan bagian-bagian silinder? Sekarang kau akan mencari volume silinder memakai juring dan busur.

Sebuah kaleng minuman berbentuk silinder, mempunyai bantalan berbentuk bundar yang terdiri dari empat juring yang sama besar. Panjang busur setiap juring ialah 2,5 cm dan tinggi kaleng ialah 12 cm.
a. Hitung keliling bantalan kaleng tersebut. Keliling bantalan = 2 . π . r = 2 . 3,14 . 2,5 = 15,7 cm
b. Hitung volume kaleng tersebut. Volume = π . r² . t = 3,14 . (2,5)² . 12 = 235,5 cm³

Ayo Berlatih
Buatlah satu bentuk benda (mainan) dari kaleng bekas berbentuk silinder!

Bahan dan alat :
  1. Botol plastik bekas
  2. Karet sandal bekas
  3. Gunting
  4. Pisau dan alat tajam homogen untuk melubangi botol
  5. Lidi
  6. Tali (untuk menarik mobil-mobilan)
Proses Pembuatan :
  1. Buatlah 4 buah bundar yang sama besar pada karet sandal bekas. Sebagai ukuran sanggup memakai tutup botol yang ukurannya sesuai dengan roda kendaraan beroda empat yang akan dibuat.
  2. Bentuklah roda dengan memakai gunting atau cutter (hati-hati ketika memakai cutter, mintalah sumbangan pada gurumu).
  3. Buatlah 2 buah lobang pada botol plastik bekas pada bab depan dan belakang botol. Pastikan lobang yang dibentuk menembus botol dengan posisi yang tepat.
  4. Potonglah lidi sesuai dengan kebutuhan, kemudian bacokan pada roda yang telah kita buat. Masukan ujung lidi pada lobang yang ada pada botol, kemudian ujung lidi ditusukan kembali ke roda yang kedua.
  5. Lakukan acara nomor 4 untuk roda bab belakang.
  6. Buatlah lobang pada tutup botol untuk memasukkan tali sebagai penarik kendaraan mainan.
  7. Mainan siap digunakan.

Ayo Analisis
Bersama seorang teman, temukan beberapa pola efek aktual dan efek negatif globalisasi. Diskusikan sikap kalian dalam menghadapi efek tersebut. Tuliskan hasil diskusi dalam skema berikut!

Indonesia sebagai negara berkembang tidak sanggup menutup diri dari modernisasi dan globalisasi. Oleh alasannya ialah itu, semua orang harus mempersiapkan diri biar sanggup menarik manfaat dari arus globalisasi dan sanggup menangkal pengaruh-pengaruh negatif yang sanggup mengancam jati diri dan identitas bangsa.

Ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh kita sebagai bangsa yang bermartabat dan mempunyai jati diri yang luhur, di antaranya sebagai berikut.
  1. Mempertebal keimanan dan meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Ikut berperan dalam acara organisasi keagamaan dalam mengatasi perubahan.
  3. Belajar dengan ulet untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi biar sanggup berperan maksimal dalam menjalani abad globalisasi.
  4. Mencintai dan memakai produk dalam negeri.
  5. Mencintai kebudayaan bangsa sendiri dari pada kebudayaan asing.
  6. Melestarikan budaya bangsa dengan mempelajari dan menguasai kebudayaan tersebut, baik seni maupun susila istiadatnya.
  7. Memilih info dan hiburan dengan selektif biar menjaga dari efek negatif.
  8. Menjauhi kebiasaan jelek gaya hidup dunia barat yang bertentangan nilai dan norma yang berlaku, menyerupai meminum minuman keras, memakai narkotika dan obatobatan terlarang, dan pergaulan bebas.\
Globalisasi sangat dekat dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh alasannya ialah itu, biar tidak berdampak jelek terhadap kehidupan kita sehari-hari, perlu meng usahakan perubahan nilai dan perilaku. Adapun sikap tersebut,  antara lain sebagai berikut.
  1. Terbuka terhadap penemuan dan perubahan.
  2. Berorientasi pada masa depan daripada masa lampau.
  3. Dapat memanfaatkan iptek.
  4. Menghargai jenis pekerjaan sesuai dengan prestasi.
  5. Menggunakan potensi lingkungan secara sempurna untuk pembangunan berkelanjutan.
  6. Menghargai dan menghormati hak-hak asasi manusia.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 4 Subtema 2 Globalisasi Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel