Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air

Bangga dan memakai produksi dalam negeri yaitu merupakan perilaku cinta tanah air. Aku oke dengan pendapatmu. Mari kita menciptakan kemasan untuk menyimpan batik yang akan kita pamerkan di ekspo nanti. Pengemasan merupakan suatu cara atau perlakuan pengamanan terhadap makanan atau materi pangan, semoga makanan atau materi pangan baik yang belum diolah maupun yang telah mengalami pengolahan, sanggup hingga ke tangan konsumen dengan “selamat”, secara kuantitas maupun kualitas.

Tahukah kau bahwa kemasan untuk produk bentuknya sanggup beragam? Selain berbentuk kubus, balok, dan silinder, ada juga kemasan yang berbentuk piramida dan kerucut. Bagaimana cara membuatnya ya?

Ayo Bertanya
Setelah mengamati kemasan di atas, tulis hal yang ingin kau ketahui lebih lanjut perihal bentuk dan cara menciptakan kemasan-kemasan tersebut dalam bentuk pertanyaan.
  1. Bagaimana cara menciptakan kemasan berbentuk limas segiempat?
  2. Berapa jumlah sisi limas segiempat?
  3. Berapa jumlah sisi berdiri kerucut?

Ayo Lakukan
Sebelumnya kau telah mencar ilmu perihal banyak sekali berdiri ruang beserta sifat-sifatnya. Sekarang saatnya kau menerapkan pengetahuanmu dengan menciptakan kemasan untuk batik hasil karyamu. Kamu bebas memilih jenis berdiri yang akan kau buat. Bangun yang dibentuk harus memenuhi kriteria berikut:
  1. Sesuai ukuran batik yang telah dilipat.
  2. Menggunakan materi sehemat mungkin.
  3. Desain menarik.

Ayo Diskusikan
Setelah mengamati jaring-jaring limas segi empat dan kerucut tadi, diskusikan dalam kelompok yang terdiri atas 3 orang. Menggunakan pengetahuan yang telah kalian dapatkan sebelumnya, temukan dan sepakati langkah-langkah yang paling gampang berdasarkan kelompokmu.

Ayo Menulis
Tulis langkah-langkah yang telah kalian sepakati pada kolom berikut.

Membuat Jaring Jaring Kerucut
Untuk jaring jaring kerucut sanggup dilakukan dengan menggambar 1/2 lingkaran, lalu salah satu sisinya diberi daerah untuk melekat (Jika diminta menciptakan bentuk 3 dimensi). Pada bab bantalan kerucut sanggup memakai sebuah lingkaran.

Membuat Jaring Jaring Limas Segiempat
Untuk menciptakan jaring-jaring limas segiempat sanggup dilakukan dengan menciptakan alasnya terlebih dahulu. Alas berbentuk persegi panjang maupun persegi. Setelah menciptakan bantalan dilanjutkan dengan menciptakan sisi tegaknnya. Pada bab sisi tegak berikan sedikit potongan (1,5 cm) untuk menyatukan bab kepingan limas segiempat.

Ayo Lakukan
Kamu dan kelompokmu akan menciptakan kemasan berbentuk limas segiempat dan kerucut. Kalian harus berhubungan untuk menghasilkan kemasan rapi dan menarik. Untuk itu perlu dilakukan pembagian kiprah sebagai berikut.

  1. Siswa A : bertugas menciptakan jaring-jaring.
  2. Siswa B : bertugas merakit dan melekat jaring-jaring menjadi kemasan.
  3. Siswa C : bertugas melukis hiasan bernuansa batik dalam potonganpotongan kertas kecil yang akan ditempel pada kemasan

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel