Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin

Bergotong royong menunjukan bahwa kita saling membutuhkan dan kita bukan mahluk paling sempurna. Siapkah kau menjadi pemimpin yang sanggup menghargai sesama?

Rancanglah teks pidato. Kamu sanggup memakai teks perihal sejahtera bersama koperasi yang telah kau baca sebagai ide. Secara umum bab pidato sanggup dibagi menjadi 3 bab yaitu pembuka, inti, dan penutup.Bagian pembuka biasanya terdiri atas ucapan syukur, salam pembuka, dan tujuan pidato . Bagian Isi menjelaskan permasalahan atau bahan yang diungkapkan dalam pidato. Bagian epilog berisi simpulan, saran dan imbuhan, ucapan terima kasih, ucapan permohonan maaf, serta salam epilog . Dari teks pidato di bawah ini, tentukanlah bab pembuka, inti, dan penutup.
No.BagianKalimat
1.Pembuka“Bapak dan ibu guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang aku hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun aku menjalankan kepercayaan dari bapak dan ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita. Sudah beberapa tahun kita bantu-membantu mencicipi manfaat organisasi kecil kita ini. Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya perjuangan bersama ini.”
2.IntiBapak dan ibu, kekeluargaan dan kebersamaan ialah modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya perjuangan koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya kiprah ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara berdikari kita memutuskan jenis perjuangan koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”

“Keuntungan pribadi tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita menetapkan bersama secara musyawarah. Begitupun dengan laba koperasi di tahun ini. Apakah laba tersebut akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”

“Bapak dan ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru aku ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang sanggup dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua mencicipi bahwa kesejahteraan bersama sanggup diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”
3.Penutup“Bapak dan ibu, aku tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu dikala nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan laba pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”

Desain Pidato Persuasif Tentang Pentingnya Bermusyawarah

  1. Pembukaan
  2. Inti : manfaat musyawarah
  3. Penutup
Ayo Bekerja Sama
Kelas Udin berencana mengadakan kunjungan ke suatu forum budaya. Guru kelasnya sangatlah demokratis. Ia mengajak para siswa untuk bermusyawarah memilih tujuan kunjungan. Akhirnya, Bu Guru mendapat empat tujuan untuk dipilih yaitu: Taman Mini Indonesia Indah; Taman Budaya Puspo Budoyo; Taman Ismail Marzuki; dan Bentara Budaya. Bagaimana kelas memilih tujuannya? Udin bersama teman-temannya berdiskusi untuk memberi masukan kepada Bu Guru.

Menurutmu, berapa peluang untuk setiap tujuan?
  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) = 1/4
  2. Puspo Budoyo =1/4
  3. Taman Ismail Marzuki (TIM)=1/4
  4. Bentara Budaya =1/4
Ayo, coba kegiatan berikut!
  1. Putarlah bulat sebanyak dua kali, lima kali, dan sepuluh kali. Catatlah akibatnya dengan memakai turus. Apakah hasilmu sama dengan temanmu? Jelaskan!
  2. Ubahlah bulat menjadi mempunyai dua tujuan saja. Berapa peluang untuk setiap tujuan?
  3. Putarlah bulat dua kali, lima kali dan sepuluh kali. Catat akibatnya dengan memakai turus. Bandingkan akibatnya dengan temanmu!
Peluang bila diputar 2, 5 dan 10 kali :
Tempat TujuanTurusPeluang
Diputar 2 x
Taman Mini Indonesia IndahI1/4 
Taman Izmail MarzukiI1/4
Puspo Budoyo--
Bentara Budaya--
Diputar 5 x
Taman Mini Indonesia IndahI1/5
Taman Izmail MarzukiII2/5
Puspo BudoyoI1/5
Bentara BudayaI1/5
Diputar 10 x
Taman Mini Indonesia IndahIIII5/10
Taman Izmail MarzukiII2/10
Puspo BudoyoII2/10
Bentara BudayaI1/10

Jika diubah menjadi dua tujuan saja maka :
Tempat TujuanTurusPeluang
Diputar 2 x
Taman Mini Indonesia IndahI1/2
Puspo BudoyoI1/2
Diputar 5 x
Taman Mini Indonesia IndahIII3/5
Puspo BudoyoII2/5
Diputar 10 x
Taman Mini Indonesia IndahIIII I6/10
Puspo BudoyoIIII4/10

Ayo Cari Tahu
Taman Mini Indonesia Indah Mendekatkan Masyarakat pada Budaya Nusantara
Sebagai warga negara kepulauan terbesar di dunia, rasanya tidak mungkin kita sanggup mengunjungi belasan ribu pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Padahal begitu banyak hal yang menarik dan perlu kita pelajari dari kekayaan ragam budaya yang dimiliki oleh setiap suku di Indonesia.

Inilah mengapa keberadaan forum budaya menyerupai Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi sangat bermakna bagi bangsa kita. Melalui konsep objek wisata yang diwujudkan dalam bentuk anjungan daerah, taman, museum, tempat rekreasi, kita sanggup mengelilingi area miniatur Indonesia seluas 160 hektar dalam sehari.

Dari anjungan setiap propinsi, kita sanggup mengenal ragam bentuk dan filosofi rumah adat, upacara dan permainan tradisional serta pagelaran kesenian. Selain itu, terdapat juga taman-taman tumbuhan dan fauna. Di sana kita sanggup menemukan aneka tumbuhan dan binatang yang hidup di penjuru tanah air, menyerupai anggrek, melati, reptilia, serangga, dan unggas.

Sebagai forum budaya, Taman Mini Indonesia Indah telah berhasil dalam tujuannya sebagai representasi kebhinekaan sekaligus kekayaan khasanah budaya Indonesia. Melalui kegiatan rekreasi, Taman Mini Indonesia Indah mendekatkan masyarakat Indonesia maupun gila pada budaya Nusantara.

Setelah membaca teks, jawablah pertanyaan berikut:
  1. Apa saja yang ada di TMII? Aneka ragam bentuk dan filosofi rumah adat, upacara dan permainan tradisional serta pagelaran kesenian, tumbuhan dan fauna.
  2. Siapa pengunjungnya? Masyarakat Indonesia maupun asing
  3. Apa yang sanggup dipelajari dari anjungan-anjungan yang ada? Ragam bentuk dan filosofi rumah adat, upacara dan permainan tradisional serta pagelaran kesenian.
  4. Seberapa besar manfaat TMII bagi Bangsa? TMII memberi kesempatan kepada kita semua untuk mencar ilmu eksklusif aneka budaya sekaligus menghormatinya.
  5. Apa yang ingin kau ketahui dari TMII?
Bersama temanmu, diskusikanlah forum budaya yang ada di wilayahmu. Catat hasil diskusimu.

TMII merupakan forum budaya yang sangat bermakna bagi kita. Banyak para wisatawan domestik yang tiba kesana untuk menyaksikan ragam budaya Indonesia. TMII memberi kesempatan kepada kita semua untuk mencar ilmu eksklusif aneka budaya sekaligus menghormatinya.

Saat memimpin, terkadang kita banyak menemui perbedaan pendapat. Namun perbedaan tersebut sanggup diselesaikan melalui musyawarah. Bukankah musyawarah ialah bab dari nilai-nilai kepemimpinan? Dan pemimpin yang bijak ialah pemimpin yang tidak merasa dirinya paling hebat

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel