Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air

Hari ini siswa kelas 6 akan melanjutkan pelajaran pencak silat. Sambil menunggu jam pelajaran mulai, mereka berdiskusi ihwal kejuaraan pencak silat yang diselenggarakan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah pada tahun 2010 yang dihadiri sekitar 30 negara. Itu bukti bahwa pencak silat sudah mendunia.

Ayo Amati
Sekarang kau akan mempelajari tendangan dalam pencak silat. Amati gambar dan baca penjelasannya!

Dalam pencak silat, serangan sanggup juga dilakukan dengan memakai kaki. Serangan kaki lebih dikenal dengan tendangan. Berikut ialah uraian teknik dasar tendangan:
  1. Tendangan lurus, yaitu tendangan yang memakai ujung kaki dengan tungkai lurus. Tendangan ini mengarah ke depan pada target dengan meluruskan tungkai hingga ujung kaki. Bagian kaki yang kena ketika menendang ialah pangkal kepingan dalam jari-jari kaki. Posisi tubuh menghadap ke sasaran.
  2. Tendangan tusuk hampir sama dengan tendangan lurus, yakni mengarah ke depan, namun perkenaannya ialah ujung jari-jari kaki.
  3. Tendangan jejak disebut juga dorongan telapak kaki. Tendangan ini mengarah ke depan yang sifatnya mendorong ke target dada dengan perkenaan telapak kaki penuh.
  4. Tendangan T hampir sama dengan tendangan lurus, yakni memakai sebelah kaki dan tungkai. Lintasannya lurus ke depan dan perkenaannya pada tumit, telapak kaki, dan sisi luar telapak kaki. Tendangan ini biasanya dipakai untuk serangan samping dengan target seluruh kepingan tubuh. Tendangan celorong hampir sama dengan tendangan T, tapi dilakukan sambil merebahkan badan. Tendangan kepret dilakukan ke arah depan dan samping dengan kenaan punggung kaki.

  1. Tendangan belakang dilakukan dengan memakai sebelah kaki dan tungkai. Lintasannya lurus ke belakang tubuh dan membelakangi lawan. Tendangan ini sanggup dilakukan dengan atau tanpa melihat sasaran. Sasarannya, yaitu seluruh kepingan tubuh.
  2. Tendangan kuda dilakukan dengan memakai dua kaki dalam posisi menutup atau membuka. Lintasannya lurus ke belakang dengan target seluruh kepingan tubuh.
  3. Tendangan taji dilakukan dengan memakai sebelah kaki dan tungkai dengan kenaan tumit. Lintasannya ke arah belakang.
  4. Tendangan sabit dilakukan dalam lintasan setengah lingkaran. Perkenaannya, yaitu kepingan punggung telapak kaki atau pangkal jari telapak kaki dengan target seluruh kepingan tubuh
Ayo Bekerja Sama
Buat kelompok yang terdiri atas 4 orang siswa. Bagi teks menjadi 4 kepingan yang sama. Setiap siswa menerima kepingan untuk membaca dengan nyaring. Siswa yang tidak menerima giliran membaca akan memperhatikan dengan saksama dan menciptakan catatan penting, termasuk kosakata yang tidak dipahami.

Teknologi Hijau di Era Globalisasi
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam acara manusia. Pada kurun globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia sebab saling terkait dan memilih keberlangsungan hidup manusia.

Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan problem lingkungan. Persoalan lingkungan akhir proses teknologi sudah menjadi problem yang mendunia. Fakta mengambarkan bahwa permasalahan lingkungan semakin usang semakin memburuk. Oleh sebab itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan membuatkan teknologi yang ramah lingkungan.

Teknologi Hijau ialah salah satu balasan untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan ketika ini ialah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Indonesia ialah salah satu negara yang mempunyai tenaga surya yang berlimpah

Ayo Bertanya 
Setelah kau dan temanmu selesai membaca seluruh teks, tulis hal yang kau ingin ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan.
  1. Apa yang dimalsud dengan teknologi hijau?
  2. Mengapa teknologi hijau menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat?
  3. Apa penyebab problem lingkungan semakin usang semakin memburuk?
  4. Mengapa Indonesia mempunyai tenaga surya yang melimpah?
Ayo Diskusikan
Bahas setiap pertanyaan dalam kelompok. Setiap anggota kelompok diperlukan sanggup memberikan pemikirannya sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Jika ada pertanyaan yang tidak terjawab, kau sanggup mendiskusikan dengan guru.

Temukan Jawabannya
Jawab pertanyaan berikut menurut teks.
  1. Apa pokok pikiran dari bacaan di atas? Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kehidupan manusia.
  2. Mengapa problem lingkungan menjadi pembicaraan remaja ini? Kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia sebab saling terkait dan memilih keberlangsungan hidup manusia.
  3. Apa fakta yang terjadi dengan lingkungan? Permasalahan lingkungan semakin usang semakin memburuk
  4. Apa yang dimaksud dengan teknologi hijau? Teknologi hijau ialah teknik untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup
  5. Tulis kesimpulanmu memakai 4 kalimat. (1) Teknologi dan lingkungan sangat penting dalam kehidupan manusia. (2) Persoalan lingkungan akhir proses teknologi sudah menjadi problem yang mendunia. (3)  Perlu membuatkan teknologi yang ramah lingkungan. (4) Tenologi hijau ialah balasan atas permasalahan lingkungan.
Ayo Amati
Amati cara kerja panel listrik tenaga surya berikut.

Ayo Menulis
Tulis klarifikasi ihwal cara kerja panel listrik tenaga surya tersebut menurut pengamatanmu.

Cara kerja Panel Surya
Pembangkit listrik tenaga surya ialah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik.  Sel-sel surya disebut juga sel photovoltaic (PV), yang menyerupai namanya (photo berarti "cahaya" dan volta yang berarti "listrik"), Sel surya mengkonversi sinar matahari eksklusif menjadi listrik.

Cara kerja panel surya ialah sebagai berikut : sinar matahari mengenai solar panel, masuk kedalam solar charg controller, arus disini masih dalam keadaan DC (searah). Lalu dialirkan ke baterai, disini masuk kedalam inverter untuk mengubah arus DC menjadi AC (bolak-balik) kemudian sanggup dimanfaatkan untuk aneka macam alat-alat elektronik.

Energi surya sanggup dipakai di hampir semua peralatan yang memakai listrik: aplikasi rumah tangga (lampu, radio, TV, DVD player, parabola, komputer, kipas angin, rice cooker, kulkas, pompa air, air conditioner),

Panel surya ramah lingkungan dan tidak menunjukkan donasi terhadap perubahan iklim menyerupai pada masalah penggunaan materi bakar fosil sebab panel surya tidak memancarkan gas rumah beling yang berbahaya menyerupai karbon dioksida. Panel surya memanfaatkan energi matahari dan matahari ialah bentuk energi paling berlimpah yang tersedia di planet . Panel surya gampang dipasang dan mempunyai biaya pemeliharaan yang sangat rendah sebab tidak ada kepingan yang bergerak.

Presentasikan penjelasanmu dalam kelompok. Minta saran dan komentar dari teman-temanmu ihwal presentasi yang kau lakukan.

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel