Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 2 Bumiku Dan Musimnya

Di bulan – bulan tertentu curah hujan sangat tinggi, namun ada juga di bulan lainnya hujan hampir tidak pernah terjadi. Antara bulan Oktober – Maret, umumnya dikepulauan Indonesia terjadi demam isu hujan. Antara bulan April – September, di Kepulauan Indonesia terjadi demam isu kemarau. Mengapa demikian? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Amati
Saat membaca koran, Edo terlihat keheranan. Mengapa? Karena di koran diinformasikan bahwa dikala ini di Argentina sedang terjadi demam isu panas. Namun disaat yang bersamaan, di Kanada sedang terjadi demam isu dingin. Mengapa terjadi perbedaan demam isu di antara negara-negara di dunia? Mari kita amati gambar berikut!

Dengan bola dunia yang ada di sekolahmu, amati dan temukan negaranegara yang termasuk wilayah belahan Bumi penggalan utara dan belahan Bumi penggalan selatan.
  1. Belahan selatan yakni setengah permukan Bumi yang terletak di selatan garis khatulistiwa. Belahan Bumi selatan terdiri dari benua Antarktika, Australia, sebagian Amerika Selatan, sebagian Afrika dan Asia.
  2. Belahan bumi utara yakni setengah bumi yang terletak di sebelah utara khatulistiwa. Belahan bumi utara terdiri dari Benua Eropa, Amerika Utara, Sebagian besar Asia dan Afrika.
Diskusikan dengan sobat dan gurumu.
  1. Di belahan Bumi penggalan mana posisi Kanada? Belahan bumi utara
  2. Di belahan Bumi penggalan mana posisi Argentina? Belahan bumi selatan
  3. Apakah kedua negara itu berada di belahan Bumi yang sama? Tidak
  4. Apa akhir dari posisi kedua negara tersebut terhadap perbedaan demam isu yang terjadi? Tuliskan prediksimu. Akibat kedua negara berada di belahan bumi yang berbeda menimbulkan demam isu yang dialami kedua negara juga berbeda.
Kanada merupakan salah satu negara yang berada di belahan Bumi penggalan utara, sedangkan Argentina merupakan salah satu negara yang berada di belahan Bumi penggalan selatan. Pada dikala posisi negara Argentina condong ke Matahari dan memanasi Bumi penggalan selatan, maka di sana sedang mengalami demam isu panas. Sebaliknya, belahan Bumi penggalan utara ibarat Kanada sedang mengalami demam isu dingin. Amati gambar berikut untuk memperjelas jawabanmu!

Bacalah fakta-fakta sains dari gambar di atas!
  1. Planet Bumi menciptakan sebuah jalur atau orbit berbentuk elips melalui ruang angkasa untuk mengelilingi Matahari yang disebut revolusi Bumi.
  2. Jalur atau orbit ini memerlukan waktu satu tahun untuk mengelingi Matahari.
  3. Selama setahun, masing-masing kutub secara bergantian condong ke Matahari sehingga menimbulkan terjadinya demam isu yang berbeda.
  4. Akibat perputaran Bumi terhadap Matahari mengakibatkan negara yang berada di belahan Bumi penggalan utara dan selatan setiap 3 bulan sekali akan mengalami perubahan musim.
Berdasarkan gambar di atas dan bola dunia yang kau miliki, lengkapi tabel demam isu di wilayah belahan Bumi penggalan utara dan belahan Bumi penggalan selatan!
Pembagian Musim
WaktuBagian SelatanBagian Utara
21 Maret – 21 Juni Musim GugurMusim Semi
21 Juni – 23 Sept Musim Dingin Musim Panas
23 Sept – 22 Des Musim SemiMusim Gugur
22 Des – 21 Maret Musim PanasMusim Dingin

Ayo Lakukan
Saatnya kau mempraktikkan gerakan Bumi mengelilingi Matahari.

  1. Bentuklah orbit Bumi berbentuk elips (seperti gambar) dan Matahari sebagai titik tengahnya di lapangan sekolahmu!
  2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu!
  3. Siswa yang berada di tengah memegang senter dan berperan sebagai Matahari.
  4. Satu siswa lainnya memegang globe dan berperan sebagai Bumi.
  5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibuat sambil memutar bola dunia yang dibawanya. Siswa ini pun sanggup pula berputar ibarat bola dunia yang dipegangnya.
  6. Berputarlah ibarat posisi yang terlihat pada gambar (berlawanan dengan arah jarum jam)!
  7. Saat kau berpindah dari satu titik ke 3 titik lainnya, jelaskanlah demam isu yang sedang terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan!
Perhatikan juga posisi siswa yang menjadi Bumi terhadap Matahari.
  1. Apakah jarak sobat yang menjadi Bumi dengan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama? Tidak.
  2. Apa imbas jarak Bumi ke Matahari dikala Bumi mengelilingi Matahari? Terjadinya perbedaan musim.
  3. Apakah sinar yang kau terima di seluruh tubuh selalu sama pada seluruh penggalan tubuhmu? Apa pengaruhnya? Tidak, pengaruhnya yakni ada sebagian tubuh yang panas sedangkan yang lainnya tidak.
  4. Bagian tubuh mana yang selalu mendapatkan panas yang sama?
Ayo Menulis
Tulislah dengan memakai teks eksplanasi dan kata baku untuk laporan perihal percobaan revolusi Bumi yang kau lakukan! Hal yang perlu kau tulis yakni proses, hasil, dan kesimpulan dari percobaan.

Teks Eksplanasi Percobaan Revolusi Bumi
Revolusi Bumi yakni peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi mengelilingi matahari pada orbitnya sekali dalam waktu 365¼.waktu 365¼ atau satu tahun surya disebut kala revolusi bumi. Ternyata poros bumi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23,50 terhadap matahari, sudut ini diukur dari garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan sumbu rotasi. Revolusi ini menimbulkan beberapa tanda-tanda alam yang berlangsung secara berulang tiap tahun diantaranya perbedaan usang siang dan malam, gerak semu tahunan matahari, perubahan musim, dan perubahan penampakan rasi bintang, serta kalender masehi.

Untuk menunjukan kejadian revolusi bumi sanggup dilakukan dengan percobaan sederhana. Percobaan rotasi bumi dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Bentuklah orbit Bumi berbentuk elips  dan Matahari sebagai titik tengahnya di lapangan sekolah.
  2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu.
  3. Siswa yang berada di tengah memegang senter dan berperan sebagai Matahari.
  4. Satu siswa lainnya memegang globe dan berperan sebagai Bumi.
  5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibuat sambil memutar bola dunia yang dibawanya. Siswa ini pun sanggup pula berputar ibarat bola dunia yang dipegangnya.
  6. Berputarlah dengan posisi berlawanan dengan arah jarum jam.
  7. Saat berpindah dari satu titik ke 3 titik lainnya, jelaskanlah demam isu yang sedang terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan.
Belahan bumi utara dan selatan mengalami empat musim. Empat demam isu itu yakni demam isu semi, demam isu panas, demam isu gugur,, dan demam isu dingin. Berikut ini yakni demam isu pada waktu dan kawasan tertentu di belahan bumi. Musim-musim dibelah bumi utara
  1. Musim semi : 21 Maret – 21 Juni
  2. Musim panas : 21 Juni – 23 September
  3. Musim gugur : 23 September – 22 Desember
  4. Musim Dingin : 22 Desember – 21 Maret
Musim-musim dibelah bumi selatan
  1. Musim semi : 23 September – 22 Desember
  2. Musim panas : 22 Desember – 21 Maret
  3. Musim gugur : 21 Maret – 22 Juni
  4. Musim Dingin : 21 Juni – 23 September
Pada tanggal pengamatan 21 Maret – 23 Sptember, ketika Bumi berputar, akan terlihat bahwa Kutub Utara akan mendapatkan sinar terus-menerus meski Bumi berputar pada porosnya sebanyak satu kali. Hal ini menunjukkan bahwa dalam rentang waktu tersebut, matahari tidak akan tampak karam di kawasan bundar Kutub Utara, sementara Matahari tidak akan tampak terbit di kawasan bundar Kutub Selatan.

Di belahan Bumi utara selain kawasan bundar kutub, akan terlihat bahwa tempat-tempat tersebut mengalami siang lebih usang dari malam dan oleh karenanya mengalami demam isu semi dan demam isu panas. Sementara hal sebaliknya terjadi di belahan bumi selatan: tempat-tempat tersebut mengalami malam lebih usang daripada siang dan karenanya mengalami demam isu gugur dan demam isu dingin.

Untuk tanggal pengamatan 23 September – 21 Maret, akan terlihat bahwa kutub selatan akan mendapatkan sinar terus-menerus meski bumi berputar pada porosnya sebanyak satu kali. Hal ini menunjukkan bahwa dalam rentang waktu tersebut, Matahari tidak akan tampak karam di kawasan bundar kutub selatan, sementara Matahari tidak akan tampak terbit di kawasan bundar Kutub Utara.

Di belahan Bumi selatan selain kawasan bundar kutub, akan terlihat bahwa tempat-tempat tersebut mengalami siang lebih usang dari malam dan oleh karenanya mengalami demam isu semi dan demam isu panas. Sementara hal sebaliknya terjadi di belahan bumi utara: tempat-tempat tersebut mengalami malam lebih usang daripada siang dan karenanya mengalami demam isu gugur dan demam isu dingin.

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan sanggup disimpulkan bahwa : bumi melaksanakan mempunyai dua gerakan yakni rotasi dan revolusi. Rotasi yakni gerakan bumi mengitari sumbunya atau porosnya. Sedangkan Revolusi yakni gerakan bumi mengitari matahari. Gerak revolusi Bumi juga menimbulkan fenomena yang sanggup dialami penduduk bumi yakni pergantian musim. Perubahan demam isu diakibatkan oleh sumbu bumi yang miring ke bidang orbitnya, melainkan menyimpang ke sudut sekitar 23,5 derajat. Dengan demikian, pada waktu tertentu selama demam isu panas atau demam isu dingin, salah satu penggalan dari planet ini lebih eksklusif terkena sinar matahari. Pada waktu tertentu belahan utara dan selatan mengalami demam isu yang berlawanan.

Fakta Sains
Ketika puncak demam isu panas, tempat- tempat di akrab kutub utara miring sehingga hampir sepanjang hari terang. Siang hari berlangsung selama 21 jam!. Sebaliknya, daerah–daerah akrab kutub selatan dikala itu dalam keadaan gelap. Keadaan gelap ini merupakan malam hari yang berlangsung selama 21 jam juga.

Gerak revolusi Bumi dengan sumbu rotasi yang miring juga mengakibatkan Matahari tampak bergeser ke arah belahan Bumi utara dan selatan. Padahal bekerjsama Matahari tidak bergerak. Hal ini disebut sebagai gerak semu tahunan Matahari.

Ayo Bacalah
Dari dongeng di atas, temukan penyakit yang biasa timbul di demam isu hujan! Apakah penyakit tersebut sanggup menular kepada orang lain? Mengapa? Berikan pendapatmu. Carilah isu dari banyak sekali sumber (buku, koran, wawancara dengan orang-orang di sekolah dan lainnya) untuk menunjukan jawabanmu! Temukan penyakit lain yang biasa terjadi di demam isu hujan.
Nama PenyakitJenis PenyakitGejalaPenyebabCara Pencegahan
Influenza MenularMenggigil, demam,
sakit kepala, nyeri otot punggung,
tubuh terasa lemas, lelah,
berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggi
VirusMengkonsumsi air putih sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup
Demam Berdarah MenularDemam secara datang – tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulitNyamuk Aedes AegyptiPenyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat
Diare MenularGejala luka, alergi zat tertentu, penyakit dari makanan,
kelebihan mengkonsumsi
vitamin C
VirusMengkonsumsi cairan oralit
Tuberkulosis MenularBatuk lebih dari 2 minggu.
Rasa nyeri di dada.
Batuk yang mengeluarkan
dahak bercampur dengan darah.
Penurunan berat tubuh tanpa
ada suatu alasan yang jelas.
Mengalami demam,
terutama sore hari.
Keringat di malam hari.
Menurunnya nafsu makan.
BakteriMencegah kontak eksklusif dengan penderita dan Pemberian vaksin BCG
Cacar MenularDemam, sakit kepala, nyeri
tubuh dan ruam.
Virus Varicella ZosterMenjaga kebersihan dan Vaksinasi yakni cara terbaik untuk mencegah cacar air.
Malaria MenularMenggigil, demam tinggi, dan berkeringat, Nyeri pada otot,
tulang, dan sakit kepala.
Rasa lemah dan gampang lelah.
Badan menjadi kuning, Anemia, Mual, muntah, dan nafsu makan menurun.
Parasit PlasmodiumMembersihkan kolam mandi dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.

Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.
Disentri MenularDi samping diare, tanda-tanda disentri lainnya mencakup kram perut, mual atau muntah, serta demam.BakteriSenantiasa mencuci tangan dengan air bersih.
Selalu mencuci tangan sebelum makan, memasak, serta menyiapkan makanan
Jangan memakai handuk atau peralatan makan yang sama dengan pengidap.
Temukan Jawabannya
Saat demam isu hujan terjadi, curah hujan tinggi. Hal ini juga berdampak pada nelayan. Jika curah hujan tinggi, Pak Ali yang bekerja sebagai nelayan tidak sanggup melaut, ia hanya sanggup bekerja memperbaiki jaring ikan yang rusak. Beberapa jaring sanggup diperbaikinya. Berikut data banyak jaring yang sanggup diperbaikinya selama 4 hari kerja.
Data
Data MasukData Keluar
11 x 2 = 2
22 x 2 = 4
33 x 2 = 6
44 x 2 = 8
55 x 2 = 10
66 x 2 = 12
77 x 2 = 14
Berdasarkan tabel yang ada, berapa banyak jaring yang sanggup diperbaiki Pak Ali setiap harinya? Buktikan. 2 buah
Jika Pak Ali menambah waktu bekerja selama 7 hari, berapa banyak jaring yang sanggup diperbaikinya? 7 x 2 = 14.

1. Sekarang amati contoh di bawah ini!

  1. Apakah gambar tersebut mempunyai data yang sama dengan data pada tabel sebelumnya? Ya, sama
  2. Komunikasikan jawabanmu kepada gurumu!
  3. Apa yang sanggup kau simpulkan perihal hubungan data pada tabel dengan data gambar pada peta grid itu? Data keluar sama dengan data masuk kali 2.
2. Amati gambar contoh berikut.

Buatlah tabel masukan dan keluaran menurut gambar segitiga di atas!
Data
Data MasukData Keluar
11 x 3 - 2 = 1
22 x 3 - 2 = 3
33 x 3 - 2 = 7
44 x 3 - 2 = 10
55 x 3 - 2 = 13
Temukan contoh yang ada pada kolom gambar dan banyak segitiga satuan. Data keluar yakni data masuk x 3 - 2. Berapa segitiga yang terbentuk pada gambar 5?13.

3. Buatlah contoh gambar dan tabel masukan dan keluaran sesuai data yang kau buat sendiri pada kertas berpetak!

Data
Data MasukData Keluar
11 + 3 - 2 = 2
22 + 3 - 2 = 3
33 + 3 - 2 = 4
44 + 3 - 2 = 5
55 + 3 - 2 = 6

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 2 Bumiku Dan Musimnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel