Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air

Mencintai tanah air yaitu merupakan kewajiban setiap warga negara. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menawarkan rasa cinta kepada tanah air. Salah satunya gembira memakai produk dalam negeri.Dengan memakai produk dalam negeri, kita sudah turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Apakah kau sudah memakai produk dalam negeri?

Ayo Amati
Poster yaitu karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan aksara di atas kertas berukuran besar yang berisi pesan – pesan atau warta kesehatan yang biasanya di tempel di tembok – tembok, di kawasan – kawasan umum atau di kendaraan umum. Sifat sebuah poster yaitu mencari perhatian mata sekuat mungkin. Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal. Perhatikan beberapa poster di bawah ini.

Ayo Diskusikan
Secara berkelompok, diskusikan pertanyaan berikut.
  1. Apa tujuan dari poster tersebut? Tujuan paster yaitu usulan untuk menyayangi produk dalam negeri Indonesia.
  2. Apa makna dari masing-masing poster?  Makna dari poster pertama menurutku kita harus menyayangi Indonesia,seperti memakai produk dalam negeri. Makna poster kedua kita harus gembira terhadap negara Indonesia.Seperti gembira memakai produk dalam negeri,daripada produk impor. Makna poster ketiga hampir sama dengan poster pertama.Yaitu bahwa kita harus menyayangi Indonesia.Menjaga kesatuan dan persatuan.
  3. Untuk siapa poster tersebut dibuat? Poster tersebut dibuat untuk mengajak warga negara Indonesia menyayangi dan gembira terhadap produk dalam negeri.
  4. Apa pendapatmu wacana slogan yang terdapat pada poster? Slogan itu cukup menarik sehingga sanggup mengajak masyarakat untuk lebih menyayangi dan gembira terhadap produk Indonesia.

Ayo Ceritakan
Tulis pengalamanmu memakai produk dalam negeri. Deskripsikan produk tersebut secara detail.

Cinta Produk Dalam Negeri berarti kita benar-benar membeli dan menggunakannya dalam keseharian kita. Sejujurnya produk dalam negeri mempunyai kualitas yang mumpuni untuk bersaing di pasar, akan tetapi tidak banyak yang memberinya ruang untuk dipasarkan yang mungkin didalam ada andil kita semua.

Disatu sisi memang ada banyak juga produk yang mempunyai kualitas yang rendah sehingga kita pun lebih memilik produk impor untuk dibeli dan digunakan. Selain kualitasnya yang rendah, harga juga masih tidak bisa bersaing di pasaran, bila dibandingkan dengan barang impor yang harganya jauh lebih rendah dan kualitasnya unggul.

Sebenarnya banyak produk-produk dalam negeri yang berkulitas. Salah satunya yaitu tas punggungku yang berkualitas dan merupakan buatan dalam negeri. Salah satu brand ternama di Indonesia Eiger mempunyai kualitas yang tidak kalah bersaing dengan produk-produk buatan jepang dan jerman.

Saya memakai backpack eiger lebih dari 2 tahun dan masih belum ada kerusakan pada tas tersebut. harganya pun jauh lebih murah dibanding dengan produk-produk buatan luar negeri dengan jenis yang sama. Backpack yang menarik, terbuat dari materi kanvas yang baik dan dijahit dengan teliti, rapi dan kuat.

EIGER didirikan oleh Ronny Lukito seorang pengusaha tas yang lahir pada tanggal 15 Januari 1962 di Bandung. PT. Eksonindo Multi Product Industry milik Ronny Lukito telah berhasil menciptakan beberapa brand yang menguasai pasaran Indonesia dan luar negeri, menyerupai Libanon, Singapura, Filipina, dan Jepang. Masing-masing brand punya ciri khas dan sasaran pasar yang berbeda. Merk tersebut diantaranya adalah: Setiap tahun, perusahaan ini memproduksi 2.500.000 tas dengan 8.000 desain yang berbeda, yang mereka harapkan akan merajai pasaran. Dengan dikeluarkannya majemuk brand dengan fungsi dan nama yang lebih spesifik, diharapkan produk mereka tidak saling memakan dipasaran antara produk yang satu dengan yang lainnya.

Ayo Berkreasi
Sebagai bentuk rasa gembira dan cinta kepada tanah air, kau akan melaksanakan pameran. Kamu akan memamerkan batik yang telah kau buat dalam ekspo tersebut. Untuk itu, kau akan merancang kemasan untuk menyimpan batik tersebut. Kamu sanggup menciptakan bentuk kemasan sesuai dengan yang pernah kau pelajari sebelumnya. Tulis rencana untuk merancang kemasan pada denah berikut.

Kamu sanggup menciptakan kemasan berbentuk kubus, balok, silinder, limas, bahkan berbentuk kerucut. Perhatikan kesesuaian antara ukuran batik dengan kemasan yang dibuat.

Ayo Menulis
Tulis teks yang berisikan klarifikasi wacana cara menciptakan kemasan batik.

Rencana Kemasan Batikku
A. Langkah-langkah
Untuk menciptakan kemasan batik berbentuk balok sanggup dipakai dengan cara menggambar jaring-jaring balok. Jaring-jaring balok terdiri dari dua pasang persegi panjang kongruean dan sepasang persegi panjang lainnya yang berbeda ukuran. Alat-alat yang dipakai antara lain pensil, penggaris, gunting, lem, dan materi kertas. Untuk sanggup menciptakan kemasan batik sanggup dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Buatlah jaring-jaring balok pada kertas memakai penggaris dan pensil. 
  2. Tentukan ukuran masing masing bab dengan ukuran sebagai berikut. Panjang 20 cm, lebar 15 cm, dan tinggi 8 cm. Tambahkan pada bab tepi jaring-jaring dengan lebar 1,5 cm untuk menyatukan bab jaring-jaring dikala akan dibuat menjadi kemasan batik.
  3. Setelah jaring-jaring balok final dibuat guntinglah bagian-bagian tersebut sesuai dengan gambar rancangan yang telah dibuat.
  4. Satukan bagian-bagian jaring-jaring balok sehingga membentuk berdiri balok dengan memakai lem.
  5. Pastikan bagian-bagian sambungan kemasan dilem dengan tepat sehingga kemasan yang dibuat melekat dengan berpengaruh antara bab satu dengan bab yang lainnya.

B. Bentuk dan Ukuran
Kemasan berbentuk balok dengan panjang 20 cm, lebar 15 cm, dan tinggi 8 cm

C. Volume
Volume kemasan sanggup ditentukan dengan rumus volume balok yaitu Panjang x Lebar x Tinggi sehingga 20 x 15 x 8 = 2.400 cm³.

D. Jaring Jaring Kemasan

Pada pertemuan berikutnya, kau akan mempresentasikan proses pembuatan batik, mulai dari awal hingga menciptakan kemasan di depan teman-teman dan guru. Silakan berlatih dan siapkan bahan-bahan yang diperlukan.

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 4 Subtema 3 Globalisasi Dan Cinta Tanah Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel