Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 3 Lestarikan Binatang Dan Tumbuhan

Perhatikan lingkungan di sekitarmu! Ada banyak hewan, bukan? Tahukah kau bahwa menyayangi binatang ialah wujud dari rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ayo, Sayangi Hewan di Sekitar Kita
Seringai kegembiraan tampak di wajahnya. Mata bundar dengan bola berwarna hijau terang bergerak ke sana ke mari mengikuti potongan ikan goreng yang acak-acakan di piringnya. Mulutnya penuh dengan gigigigi tajam yang dengan cepat menguyah dan menghabiskan serpihan ikan tanpa sisa. Wajahnya yang penuh diliputi dengan bulu-bulu halus berwarna cokelat tampak puas dengan sarapannya pagi ini.

Si Belang ialah kucing peliharaan Alia. Alia ialah sepupu Lani. Alia merawat si Belang dengan penuh kasih sayang. Setiap hari Alia memberi makan si Belang dengan kuliner kesukaannya. Alia menyisihkan sebagian uang jajannya untuk membeli kuliner kesukaan si Belang.

Si Belang tampak sehat dan kuat. Si Belang juga sangat menyayangi Alia. Setiap pagi, si Belang dengan sabar menunggu Alia yang sedang menyiapkan sarapan untuknya. Pernah suatu ketika, Alia tidur sangat larut sehingga tidak terbangun di pagi hari. Si Belang tiba-tiba melompat ke kasurnya dan menarik selimut Alia serta menggosok-gosokkan ujung hidungnya di kaki Alia. Alia pun terbangun dan segera berkemas-kemas untuk ke sekolah. Berkat si Belang, pada hari itu pula Alia sanggup datang di sekolah sempurna waktu.

Jawab pertanyaan berikut dengan teliti!
1. Bagaimana kekerabatan antara Alia dan si Belang? Alia dan si Belang saling menyayangi

2. Apa pesan moral yang terkandung dalam bacaan tersebut?“Sayangilah Hewan”,
alasannya ialah binatang juga makhluk ciptaan Tuhan.

Ayo Analisis
Amati hewan-hewan berikut!

Jawab pertanyaan berikut.
1. Apa perbedaan binatang peliharaan, binatang ternak, dan binatang liar?
Hewan peliharaan: jinak
Hewan ternak: untuk dikonsumsi
Hewan liar: buas

2. Apakah kita perlu melestarikan ketiga jenis binatang tersebut? Jelaskan.
Kita perlu melestarikan ketiga jenis binatang tersebut semoga keseimbangan ekosistem terjaga.

3. Sebutkan manfaat ketiga jenis binatang tersebut bagi kehidupan di Bumi!
Untuk menjaga keseimbangan ekosistem sehingga kehidupan di Bumi tetap berlangsung.

Ayo Diskusikan
Cermati beberapa perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila berikut ini! Buatlah kekerabatan dengan memakai tanda panah yang menghubungkan antara perilaku dengan sila Pancasila.

Diskusikan bersama seorang sahabat wacana manfaat sikap-sikap tersebut terhadap:
kelestarian lingkungan alam,
kehidupan masyarakat,
perilaku syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Tuliskan kesimpulanmu dari hasil diskusi bersama teman-teman.
Kesimpulan: nilai-nilai Pancasila mengatur kekerabatan antara sesama manusia, dengan lingkungan alam, dan dengan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga tercipta kehidupan yang nyaman dengan saling menghargai antarsesama.
Ayo Cari Tahu
Lakukan kiprah wawancara. Wawancara ini dilakukan kepada seorang temanmu di kelas, guru, atau staf sekolah lainnya yang mempunyai binatang peliharaan atau binatang ternak di rumah mereka. Informasi yang harus kau cari ialah sebagai berikut.
1. Jenis binatang dan ciri-ciri khususnya.
2. Alasan atau tujuan mempunyai binatang tersebut.
3. Cara perawatan dan alasan mereka merawatnya.
4. Perasaan mereka terhadap binatang tersebut.

Olah gosip yang telah kau dapat, kemudian tuliskan dalam bentuk laporan hasil investigasi. Perhatikan penggunaan kosakata, tanda baca, dan aksara kapital.
Struktur teksKalimat
Penjelasan UmumKelinci ialah binatang yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Dulunya, binatang ini ialah binatang liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti "anak kelinci". Hal ini memperlihatkan bahwa masyarakat Nusantara mulai mengenali kelinci ketika masa kolonial Belanda. Saat ini sejumlah jenis kelinci menjadi binatang peliharaan dan binatang pedaging. Beberapa jenis kelinci sebagai binatang pedaging juga ada yang dijadikan binatang peliharaan.
Fakta-faktaSecara umum, kelinci terbagi menjadi dua jenis. Pertama, kelinci liar. Kedua, kelinci peliharaan. Yang termasuk dalam kategori kelinci liar ialah terwelu dan kelinci liar. Dilihat dari jenis bulunya, kelinci ini terdiri dari jenis berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak kekuningan. Ketika ekspresi dominan dingin, warna kekuningan menjelma kelabu.

Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya Angora, Lyon, American Chinchilla, Dutch, English Spot, Himalayan, dan lain-lain. Khusus Lyon bahwasanya ialah hasil dari persilangan luar antara Angora dengan ras lainnya. Namun di kalangan peternak kelinci hias, hasil persilangan itu disebut sebagai Lyon atau Angora jadi-jadian.

Di Indonesia banyak terdapat kelinci lokal, yakni jenis kelinci jawa (Lepus negricollis) dan kelinci Sumatera (Nesolagus netseherischlgel). Kelinci jawa diperkirakan masih ada di hutan-hutan sekitar wilayah Jawa Barat. Warna bulunya cokelat perunggu kehitaman. Berat Kelinci jawa remaja sanggup mencapai 4 kg. Sedangkan Kelinci sumatera, habitatnya ialah hutan di pegunungan Pulau Sumatera. Panjang badannya mencapai 40 cm. Warna bulunya kelabu cokelat kekuningan.

Tujuan Memelihara Kelinci
Memelihara kelinci ternyata mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan maupun bagi kelestarian makhluk hidup. Beberapa tujuan dari memelihara kelinci antara lain sebagai berikut.
  1. Memelihara kelinci berarti berusaha menjaga kelestarian binatang tersebut alasannya ialah kelinci yang dipelihara akan diperhatikan kesehatannya dengan baik.
  2. Memelihara kelinci merupakan bentuk menyayangi ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dengan memelihara kelinci berarti kita memperlihatkan kasih sayang kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan.
  3. Memelihara kelinci berarti selalu menjaga kebersihan binatang peliharaannya, mengeluarkan kotoran, makan dan memandikan binatang peliharannya yang sanggup melatih tanggung jawab seseorang.
Cara Memelihara Kelinci
Beberapa hal yang perlu dipahami sebelum memelihara kelinci, hal yang sangat fundamental untuk menjamin kesehatan mereka intinya hanya 4 hal menyerupai makanan, kandang, dan air.
  1. Sayuran merupakan kuliner kesukaan kelinci, namun sayuran yang baik bukan sayuran segar alasannya ialah terlalu banyak mengandung air sehingga mengakibatkan mencret. Sayuran harus di jemur diatas genting (atau diatas seng/besi biar cepat layu) hingga layu sedikit berwarna kekuningan. Selain sayuran pakan kelinci yang lain ialah pelet khusus kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop.
  2. Kelinci membutuhkan sangkar yang higienis dan cukup udara sehingga kelinci sanggup bermain dan berlarian di dalam kandangnya. Ini untuk menjaga semoga kelinci tidak stress yang sanggup menimbulkan banyak sekali gangguan pada kesehatannya. Dalam sangkar tersebut, siapkan daerah untuk kelinci beristirahat, daerah sampah dan juga botol berisi air bersih. Untuk memastikan kebersihan kandang, bersihkan sangkar kelinci minimal seminggu sekali.
  3. Semua mahluk hidup membutuhkan air, tidak sekedar air, tapi air yang benar-benar terjaga kebersihannya. Taruh mangkuk atau botol berisi air higienis dalam kandangnya, ini untuk menghindarkan kelinci dari ancaman kehilangan cairan tubuh yang sanggup mengancam keselamatannya. Ganti air tersebut seminggu dua kali.
  4. Biasanya bulu kelinci sehabis beberapa ahad akan kelihatan kotor. Sesekali, kelinci duduk di kotak kotoran sehingga mengotori bulu-bulunya yang sulit dibersihkan oleh mereka sendiri. Sehingga kelinci perlu dimandikan, sehabis higienis keringkan bulu kelinci yang memutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga semua bulunya kering.
Alasan orang memelihara kelinci ialah alasannya ialah binatang ini jinak dan lucu. Beberapa jenis di antaranya mempunyai bulu menarik sehingga orang semakin meminatinya untuk hiburan di rumah. Binatang harus diperlakukan dengan lembut, dan dihentikan disakiti. Dengan membelai, memegang, memeluk, atau menyentuh binatang peliharaan dengan penuh kasih sanggup dengan cepat menenangkan kita, ketika kita sedang stres.

Setiap hari kita disibukan dengan segala rutinitas, dari sekolah, kuliah, dan bekerja, tentu kita sebagai insan biasa niscaya ada rasa jenuh dan lelah. Tetapi dengan adanya binatang peliharaan akan merasa bahagia ketika sanggup merawat binatang peliharaannya, jenuh dan rasa letih seketika menjadi terlupakan olehnya.
KesimpulanKelinci termasuk binatang yang berkembangbiak dengan cara melahirkan . Kelinci merupakan peliharaan yang banyak dipelihara alasannya ialah lucu dan mempunyai bulu yang indah. Salah satu tujuan memelihara kelinci ialah untuk menjaga kelestarian binatang tersebut. Memelihara kelinci harus memperhatikan kandang, pakan, air, dan kesehatannya. Kelinci sebagai binatang peliharaan sanggup menjadi hiburan untuk menghilangkan stress alasannya ialah rutinitas sehari-hari
Ayo Ceritakan

  1. Sekarang kau akan mengampanyekan poster yang telah kau buat pada pembelajaran di hari kedua.
  2. Presentasikan postermu dengan bunyi yang lantang dan penuh percaya diri. Bicaralah dengan hening dan teratur, sehingga adik-adik kelas mengerti isi postermu.
  3. Saat presentasi, kau boleh menjelaskan gosip embel-embel wacana pentingnya melestarikan binatang yang ada pada poster.
  4. Usai presentasi, pasanglah postermu di daerah yang strategis di sekitar sekolah. Tujuannya semoga banyak warga sekolah yang akan membaca postermu.

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 3 Lestarikan Binatang Dan Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel