Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 2 Perubahan Lingkungan

Lingkungan bersih, sejuk, dan indah merupakan dambaan setiap manusia. Selain itu, lingkungan kondusif juga merupakan dambaan setiap manusia. Bagaimana membuat Lingkungan bersih,
sejuk, dan indah sekaligus aman? Lingkungan higienis yaitu lingkungan yang bebas sampah dan polusi. Terbebas juga dari sampah/kotoran berupa debu,sampah rumah tangga,barang-barang tak terpakai dan kotoran hewan. Sedangkan lingkungan higienis juga terbebas dari polusi air, udara dan suara.

Lingkungan sejuk yaitu kondisi lingkungan yang segar,sehat dan bersih. Lingkungan yang sejuk ini sanggup diupayakan dengan cara melaksanakan penghijauan ,menjaga kebersihan lingkungan serta mengatur sirkulasi udara  segar khususnya untuk ruangan-ruangan tertutup. Lingkungan yang sejuk bermanfaat untuk menjernihkan pikiran sehingga memberi efek segar dan bugar pada jasmani kita.

Lagu di atas menggambarkan adanya sebuah desa yang permai. Desa permai selalu dirindukan oleh semua orang. Melalui lagu di atas sanggup dibayangkan bahwa kehidupan dengan lingkungan sejuk layaknya sebuah desa permai merupakan kehidupan yang disenangi oleh banyak orang.

Lagu daerah merupakan lagu yang lahirdan berkembang di daerah setempat. Lagu ini biasanya menggambarkan kehidupan masyarakat setempat. Bahasa yang dipakai pada syair lagunya merupakan bahasa daerah setempat.

Lagu wajib merupakan lagu yang wajib diketahui dan dihayati oleh setiap warga negara dalam rangka menanamkan sikap nasionalisme dan patriotisme. Lagu wajib mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  1. lsi syairnya bersifat menanamkan sikap cinta tanah air dan nasionalisme.
  2. lramanya biasanya bersifat riang dan penuh semangat.
Namun, ada pula lagu wajib yang berirama lambat. Hal ini diadaptasi dengan isi syair lagunya. Apa teladan lagu daerah? Dan apa saja yang termasuk lagu wajib?

Ayo Cari Tahu
Coba cari tahu teladan lagu daerah. Cari tahu juga lagu-lagu wajib yang ada di Indonesia. Kamu sanggup bertanya kepada orang yang kau anggap tahu, kau sanggup membaca buku-buku referensi, kau juga sanggup membuka internet. Cari tahu juga mengenai isi lagu-lagunya. Tuliskan pada tabel berikut.

A. Lagu Daerah
No.Judul Lagu DaerahAsal DaerahIsi Lagu
1.Manuk DadaliJawa BaratIsi lirik lagu ini berisi perihal keperkasaan manuk dadali alias burung garuda.
2.Bungong JeumpaNADLagu ini menggambarkan, bahwa Aceh yaitu salah satu propinsi di Indonesia yang ingin membuat harum negaranya ibarat bunga Jeumpa / Bunga melati
3.Ampar-ampar PisangKalimantan SelatanAmpar pisang menceritakan perihal pisang yang diampar ( disusun ) dan dikerebuti oleh binatang kecil yang sanggup terbang yang bahagia dengan aroma pisang. binatang ini di kalimantan dengan nama bari - bari. pada final lagu diceritakan perihal binatang yang ditakuti anak kecilpada zaman dulu ( lihat di kata "dikitipi dawang" ) yang artinya digigit biawak. katanya kata "dikitipi dawang" itu dipakai untuk menakuti anak - anak yang suka mencuri pisang.
4.Anging MamiriSulawesi SelatanAnging mammiri ciptaan Bora D. G. Irate yaitu lagu Makassar, Sulawesi Selatan, yang artinya “angin bertiup, yang membawa kesegaran dan pesan untuk memberikan kerinduan kepada orang yang disayang”.
5.Ayam Den LapehSumatera SelatanLagu Ayam Den Lapeh  lagu ini yaitu lisan perasaan kehilangan sesuatu yang berharga, yang kemudian dikonotasikan dengan (ayam). Lagu ini dimaksudkan untuk menertawakan nasib jelek yang telah lewat dan ibarat berpesan tak ada gunanya berlarut-larut dalam kesedihan.
6.Kambanglah BungoSumatera BaratSebuah lagu bernuansa melayu pedalaman Padang di cuilan barat pulau Sumatera yang secara spektakuler lirisnya sangat kaya dengan perlambang yang unik sekali. Kemegahan budaya berkait dengan kegagahan yang maskulin dan ayoman yang feminin sekaligus dalam bentuk mekarnya kembang.
7.Padhang WulanJawa tengahDalam tembang dolanan padang bulan mengandung makna religius (kagamaan). Maksud dari tembang dolanan tersebut yaitu kita hendaknya bersyukur kepada yang Maha Kuasa untuk menikmati keindahan alam. Untuk memperlihatkan rasa syukur itu kita dibutuhkan tidak tidur terlalu sore sebab kita sanggup melaksanakan ibadah di waktu malam.
8.Piso SuritSumatera UtaraMenceritakan perihal sang gadis yang sering sekali tidak mendapat kesempatan untuk bertemu dengan kekasihnya dan selalu teringat akan kekasihnya itu sehingga mengandaikan dirinya sebagai burung Piso Surit yang selalu berkicau sendu. Sang gadis ini selalu menanyakan keadaan dan keberadaan kekasihnya sambil menangis dalam penantiannya.sang gadis menyampaikan di dalam hatinya kepada kekasihnya untuk segera pulang dan menyudahi penantiannya.
9.Sinanggar TuloSumatera UtaraSinanggar tulo itu tidak ada artinya, itu semacam bunyi- bunyi khas para penyair di tapanuli. Makna lagunya yaitu seseorang yang lagi galau sebab ingin mencariranting- ranting untuk di jadikan kayu bakar. Yang meruupakan ungkapan seseorang sebab kebingungan untuk mencari gadis bemarga tobing yang unyuk dijadikan pacar atau teman.
10.ButetSumatera UtaraSeorang ibu yang mengasih tau putrinya bahwa ayahnya si putri itu sedang pergi ke medan perang tuk melawan penjajah yang waktu itu dalah tentara belanda,, jadi si ibu berpesan ke putrinya biar yakin bahwa ayahnya niscaya mengalahkan penjajah yaitu belanda,, dan si ibu juga berpesan pada si putri biar cepat gede dan jadilah generasi penerus bangsa yang tangguh dan akil supaya jangan dibodoh bodohi bangsa lain.
B. Lagu Nasional
No.Judul Lagu NasionalIsi Lagu
1.Bangun Pemudi PemudaLagu ini sanggup membuat kita lebih semangat dalam melaksakan kewajiban-kewajiban kita, baik sebagai pelajar, pekerja, kepala rumah tangga, dan lain-lain.
2.SyukurLagu ini bercerita perihal rasa syukur yang syahdu dari seorang anak bangsa yang merasa sangat beruntung telah dilahirkan di Indonesia.  Ia pun bersyukur kepada Tuhan atas nikmat yang sudah dikaruniakan ke dalam hidupnya.
3.Bagimu NegeriLagu Bagimu Negeri ini mengingatkan kita perihal kesepakatan belum dewasa bangsa untuk berjuang sepenuh hati demi kesejahteraan negaranya.  Sangat bertema nasionalis dan menyentuh!
4.Gugur BungaGugur Bunga bercerita perihal wafatnya jagoan negara yang telah mengabdikan dirinya untuk Indonesia.  Lagu ini berisi puji-pujian terhadap jagoan yang telah wafat,  kenangan terhadap jasa-jasanya, serta keinginan akan tumbuhnya pahlawan-pahlawan gres yang sanggup membela nama Indonesia.
5.Rayuan Pulau KelapaRayuan Pulau Kelapa yaitu salah satu lagu terbaik yang memperlihatkan banyak sekali puji-pujian terhadap keindahan Indonesia yang begitu akrab di hati kita.  Berbagai aspek, mulai dari keindahan alam sampai ramah tamah masyarakat Indonesia, semua dibahas dalam lagu ini.
6.Garuda PancasilaGaruda Pancasila juga mempunyai nilai filosofi yang luar biasa.  Lagu ini seolah ingin memperlihatkan keperkasaan Indonesia yang mengusung Burung Garuda sebagai lambang dan Pancasila sebagai dasar negara.
7.Berkibarlah BenderakuLagu Berkibarlah Benderaku memperlihatkan kebanggaan rakyat Indonesia perihal berhasilnya Sang Merah Putih berkibar dengan gagah di bumi nusantara. 
8.Tanah AirkuLagu ini mempunyai makna yang sangat dalam.  Benar-benar sebuah lagu yang sanggup membangkitkan rasa nasionalisme dalam waktu singkat.
9.Indonesia RayaLagu kebanggaan Indonesia yang menjadi bukti kedaulatan negara.  Lagu inilah yang diputar setiap kali atlet-atlet Indonesia meraih prestasi di dunia internasional.
10.Indonesia PusakaIndonesia yaitu tanah tempat kita lahir, tumbuh besar, sekaligus tempat beristirahat kelak di hari tua.  Sudah sewajarnya apabila kita mencoba untuk sedikit memberi balas akal pada tanah pertiwi, setidaknya dengan menumbuhkan rasa cinta Indonesia. 
Ayo Lakukan
Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Pilihlah satu di antara lagu daerah atau pun lagu wajib. Nyanyikanlah lagu yang telah kalian pilih. Nyanyikan lagu itu dengan dua suara. Dua anak menyanyikan dengan bunyi 1 dan dua anak menyanyikan dengan bunyi 2. Mintalah bimbingan dari guru kalian.

Ayo Amati
Amatilah banyak sekali gambar tumbuhan dan binatang langka berikut. Kemudian, ceritakan informasi yang kau ketahui perihal tumbuhan dan binatang yang tertera pada gambar.

  1. Ada sekitar 29 spesies anggrek langka yang dilindungi di Indonesia. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 perihal Pengawetan Tumbuhan dan Satwa. Indonesia merupakan negara yang tingkat keanekaragaman anggreknya terbesar kedua sehabis Brazil lho. Dari 26.000 spesies anggrek yang ada di dunia, sekitar 5.000-6.000 jenis terdapat di Indonesia. Dari bermacam jenis itu, tidak sedikit yang menjadi tumbuhan endemik di Indonesia.
  2. Menilik status keterancaman yang dikeluarkan oleh IUCN Redlist (2012), terdapat 73 binatang orisinil Indonesia yang berada dalam status keterancaman tertinggi yaitu status Critically Endangered (Kritis), 170 spesies berstatus Endangered (Terancam) dan 523 spesies berstatus Vulnerable (Rentan). 73 spesies (dan subspesies) binatang berstatus Critically Endangered yang terancam punah itu tidak sanggup dibantah merupakan binatang langka di Indonesia yang semakin hari semakin sulit ditemui. 
Ayo Bacalah
USAHA PELESTAR1AN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA
Pelestarian binatang dan tumbuhan secara garis besar sanggup dilakukan dengan duo cara berikut.
  1. Pelestarian lni Situ yaitu pelestarian yang dilakukan pada tempat orisinil binatang atau tumbuhan tersebut berada. Contoh pelestarian insitu yaitu suaka margasatwa, hutan lindung, dan taman nasional. Suaka margasatwa merupakan tempat yang melindungi hewan. Hutan lindung merupakan tempat yang melindungi tumbuhan. Adapun taman nasional merupakan tempat yang melindungi binatang dan tumbuhan.
  2. Pelestarian exsitu yaitu pelestarian yang dilakukan di luartempat tinggal aslinya. Hal itu dilakukan sebab binatang dan tumbuhan kehilangan tempat tinggal aslinya. Selain itu, pelestarian exsitu dilakukan sebagai upaya rehabilitasi, penangkaran, dan pembiakan binatang maupun tumbuhan langka. Contoh pelestarian ex situ antara lain kebun botani, ibarat Taman Safari, kebun binatang, dan penangkaran.
Selain pelestarian insitu dan exsitu, pelestarian binatang sanggup dilakukan usaha-usaha berikut.
  1. Tidak berburu binatang sembarangan.
  2. Melindungi binatang hewan langka.
  3. Hewan langka dibudi dayakan.
  4. Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan langka dengan membuat pengganti berbahan sintetis.
Sedangkan untuk melestarikan tumbuhan langka sebagai berikut.
  1. Tidak menebang pohon sembarangan.
  2. Melakukan tebas pilih artinya menebang dengan menentukan ukuran dan usia tumbuhan.
  3. Penanaman kembali tumbuhan yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman
  4. Pemeliharaan tumbuhan dengan benar.
Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian binatang dan tumbuhan langka di antaranya sebagai berikut.
  1. Suaka margo satwa yaitu tempat melindungi binatang tertentu terutama binatang langka.
  2. Cagaralam Sebagai tempat proteksi dan pelestarian hewan, tumbuhan, tanah dan air.
  3. Hutan lindung Sebagai tempat melindungi air/daerah resapan air sebab di hutan dengan tumbuhan yang menutupinya bila terjadi hujan maka air akan tertahan dan diserap tanah.
  4. lnseminasi buatan yaitu perkembangbiakkan pada binatang dengan menyuntikkan sperma dari binatang jantan pada binatang betina (biasa dilakukan pada binatang mamalia).
  5. Kultur Jaringan yaitu perkembangbiakan tumbuhan dengan cora memperbanyak sel tumbuh (jaringan) menjadi tumbuhan baru.
Keberadaan binatang dan tumbuhan sangat penting bagi manusia, di antaranya sebagai berikut.
  1. Sumber berguru guna menambah ilmu pengetahuan berharga perihal kehidupan.
  2. Dimanfaatkan sebagai materi obat-obatan yang berasal dari binatang dan tumbuhan.
  3. Menjaga keseimbangan lingkungan dan alam sekitar.
  4. Dijadikan materi konsumsi, materi pangan bahkan sumber pendapatan.
  5. Memberikan rasa indah terhadap alam ini.
Beberapa jenis binatang Indonesia yang terancam punah yaitu :Orangutan, Komodo, Anoa, Harimau sumatra, Badak jawa, Kura-kura berleher ular, Penyu Hijau, Ikon Pari Hiu, Ikon Gergaji Bergigi Besar, Burung Cenderawasih, Burung Jalak Bali, Burung Caerulen paradise, Burung Kakatua Jambul Kuning, Burung Maleo.Beberapa jenis tumbuhan Indonesia yang terancam punah, yaitu : Amorphophallus titanum, Raflesia arnoldii, Kantong semar, Aquilaria sp., Meranti, Cendana.

Adapun tujuan dari upaya pelestarian binatang dan tumbuhan langka sebagai berikut.
  1. Menjaga keseimbangan ekosistem biar kehidupan di muka bumi ini tetap berjalan dengan baik.
  2. Melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bag i ilmu pengetahuan dan masyarakat.
  3. Memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya untuk materi bangunan, makanan, dan obat- obatan.
  4. Menciptakan lingkungan yang nyaman dan mengurangi pencemaran udara dengan tumbuhnya banyak sekali pohon.
  5. Dapat dimanfaatkan sebagai tempat hiburan dengan membuat taman rekreasi atau kebun binatang.
Ayo Diskusikan
Buatlah kelompok yang terdiri atas lima anak. Berdasarkan bacaan di atas, diskusikanlah hal-hal berikut.
  1. Hewan dan tumbuhan langka yang ada di Indonesia.
  2. Usaha-usaha untuk melestarikan binatang dan tumbuhan langka.
  3. Mengapa pelestarian binatang dan tumbuhan langka perlu dilakukan?
  4. Tuliskan hasil diskusi kalian pada kolom berikut
Ayo Menulis
Bagaimana cara kau menjaga diri untuk menghindari sikap tidak terpuji dari orang lain? Tuliskan caramu untuk menghindari hal tersebut pada kolom berikut.
  1. Menghindari berada di tempat yang sepi tanpa didampingi orang remaja dari pihak keluarga.
  2. Selalu bepergian dengan sepengetahuan atau bersama dengan orang tua.
  3. Menolak permintaan atau dukungan orang tak dikenal.
  4. Selalu berpakaian sopan.
  5. Berani menolak tindakan kekerasan baik yang dilakukan oleh orang dikenal maupun tidak dikenal.
  6. Menghindari berbicara tidak sopan yang sanggup menyinggung orang lain
  7. Menolak permintaan orang lain untuk melihat gambar-gambaryang menjadikan rasa tidak nyaman.
  8. Tidak memperlihatkan identitas diri kepada orang lain yang tidak dikenal

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 2 Perubahan Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel