Pemanfaatan Bab Badan Binatang Dan Tumbuhan

Keberadaan binatang dan tumbuhan tidak sanggup dipisahkan didalam kehidupan manusia. Tumbuhan dan binatang mempunyai keuntungannya yang besar bagi kehidupan manusia. Selain itu juga ada saling ketergantungan antara tumbuhan, binatang dan insan untuk kelangsungan hidup mereka masing-masing. Sebagian binatang mempunyai andil bagi pertumbuhan dan persebaran tumbuhan.

Dalam memenuhi kebutuhannya insan membutuhkan binatang dan tumbuhan. Hewan dimanfaatkan insan untuk diambil daging, susu, telur, dan tenaganya. Tumbuhan dimanfaatkan insan dengan memanfaatkan bab akar, batang, daun, buah, dan bijinya. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pemanfaatan bab binatang dan tumbuhan tersebut dihentikan mengganggu kelestarian binatang dan tumbuhan tersebut.

A. Pemanfaatan Hewan
Hewan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hewan ada yang dimanfaatkan daging, kulit, tulang, atau tenaganya. Manusia memanfaatkan daging binatang untuk dimakan. Berikut ini yakni beberapa binatang yang sering dimanfaatkan insan :

1. Harimau
Bagian badan harimau yang diperdagangkan mencakup kulit, kumis, cakar atau opsetan utuh. Harga bab badan Harimau yang dijual itu bervariasi. Kebanyakan bab badan Harimau tersebut dijual art shop, penjual kerikil mulia dan penjual obat tradisional. Untuk perdagangan bab badan Harimau paling banyak terjadi di Lampung.

Perdagangan bab badan Harimau di Indonesia yakni perbuatan kriminal, alasannya yakni melanggar Undang-undang (UU) nomor 5 tahun 1990 perihal Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pelanggar dari ketentuan tersebut sanggup dikenakan hukuman pidana berupa eksekusi penjara maksimal 5 tahun dan denda maksimum 100 juta.

2. Ular
Ular banyak diburu oleh insan untuk dimanfaatkan beberapa bab tubuhnya. Ular kobra dimanfaatkan empedu, darah dan daging, beberapa jenis ular dianggap sebagai obat berguna tinggi. Sementara itu kulit beberapa jenis ular mempunyai nilai yang tinggi sebagai materi perhiasan, sepatu dan tas. Kegiatan ini tentunyamengakibatkan ular terancam punah, serta kerusakan habitat dan lingkungan hidupnya. Ular-ular yang dulu turut serta berperan dalam mengontrol populasi tikus di sawah dan kebun, kini umumnya telah habis atau menyusut jumlahnya.

3. Ikan Duyung
Minyak duyung diyakini sanggup mengobati penyakit sendi dan TBC. Kawasan penyebaran duyung semakin berkurangan, dan populasinya semakin menghampiri kepunahan. Duyung sanggup mencapai usia sampai 70 tahun atau lebih, serta dengan angka kelahiran yang rendah yang mengancam menurunnya populasi duyung.Duyung juga terancam punah jawaban badai, parasit, serta binatang pemangsa ibarat ikan hiu, paus pembunuh dan buaya.

4. Rusa
Rusa yakni binatang mamalia pemamah biak. Salah satu ciri khas rusa yakni adanya antler (tanduk rusa) terutama pada rusa jantan (walaupun ada beberapa pengecualian). Tanduk rusa diburu oleh insan untuk dijadikan hiasan alasannya yakni bentuknya yang sangat indah. Selain tanduk, masih ada bab badan rusa yang diambil. Minyak rusa dihasilkan dari kelenjar perut rusa. Minyak ini digunakan untuk pembuatan obat dan parfum. Kulit rusa digunakan untuk menciptakan sepatu atau sarung tangan.

5. Hiu
Kerangka hiu terbuat dari tulang muda (tulang rawan), yang sangat ringan dan lentur. Hiu diburu untuk diambil sirip dan dagingnya untuk menyembuhkan penyakit tulang dan persendian. Hati hiu juga mengandung minyak yang diyakini sanggup mencegah kanker dan menciptakan kosmetik, sedangkan isi perut ikan hiu dimanfaatkan untuk menciptakan kecap. Namun kini sudah ada beberapa perusahaan obat-obatan yang memproduksi minyak hati ikan hiu (Squalene) untuk meningkatkan kesehatan hati dan jantung.

6. Gajah
Gajah banyak diburu oleh insan untuk diambil gadingnya. Biasanya gajah-gajah diburu orang untuk mendapat gadingnya demi kepentingan komersial dan seni. Gading gajah yang besar merupakan sepasang gigi seri pada bab depan rahang atas, yang terus tumbuh selama gajah hidup meskipun tidak tumbuh terlalu panjang.

7. Manfaat Hewan Bagi Manusia
  • Penghasil materi pangan. Hewan sanggup menhasilkan materi pangan berupa daging, telur, dan susu. Daging berasal dari ayam, sapi, ikan, kelinci, domba, dan kambing. Telur berasal dari ayam, itik, angsa, dan burung puyuh. Susu berasal dari sapi, kambing, dan kuda.
  • Penghasil materi sandang. Beberapa materi sandang terbuat dari materi yang berasal dari hewan, contohnya wol berasal dari biri-biri, sutera berasal dari ulat sutera. Beberapa kulit binatang ibarat sapi dan kerbau juga digunakan untuk menciptakan jaket.
  • Bahan obat-obatan. Beberapa binatang dimanfaatkan oleh insan untuk materi obat-obatan contohnya : ular dan kalajengking diambil bisanya, warak diambil culanya, kerang, siput, dan cacing d iambil dagingnya untuk obat.
  • Diambil tenaganya, contohnya sapi , kerbau dan kuda dimanfaatkan untuk menarik gerobak. Kuda juga dimanfaatkan untuk menarik delman. Petani tradisional juga memanfaatkan tenaga sapi dan kerbau untuk menarik bajak di sawah.
  • Bahan kerajinan, sapi dan kerbau dimanfaatkan kulitnya untuk menciptakan wayang kulit, sebagai hiasan tanduk kerbau dan rusa. Hewan yang diambil cangkangnya untuk hiasan yakni kerang laut.

B. Pemanfaatan Bagian Tumbuhan
Beberapa tumbuhan dimanfaatkan secara hiperbola oleh manusia. Manusia berusaha mengambil laba materi dari pemanfaatan tersebut. Beberapa tumbuhan yang dimanfaatkan insan yakni sebagai berikut.

1. Ulin
Pohon ulin mempunyai batang yang besar. Kayunya bersifat sangat kuat. Karena kuatnya, kayu ulin disebut pula kayu besi. Kayu ulin dimanfaatkan untuk menciptakan atap rumah dan kusen. Kayu ulin juga digunakan untuk menciptakan jembatan.

2. Kemiri
Pohon kemiri sanggup berumur 50 sampai 60 tahun. Pohon kemiri menghasilkan biji buah yang sanggup dijual. Dalam setiap buahnya sanggup dijumpai dua biji kemiri. Biji kemiri sanggup diolah menjadi minyak kemiri. Minyak ini digunakan sebagai materi pembuatan obat dan kosmetik. Minyak kemiri juga digunakan dalam industri cat. Kayu dari pohon kemiri digunakan untuk menciptakan peti, korek api, dan kerajinan.

3. Kemenyan
Pohon kemenyan disadap getahnya. Untuk penyadapan pertama, warna getahnya putih. Pada penyadapan selanjutnya, warna getah semakin hitam. Kemenyan yang baik mempunyai getah berwarna kuning ibarat emas. Getah yang disadap dibiarkan mengalir di batang. Sekitar tiga bulan kemudian, getah kemenyan gres diambil. Getah ini sudah membeku. Getah kemenyan berbau sangat harum. Getah ini digunakan untuk materi pembuatan rokok dan obat-obatan.

4. Kayu Manis
Kayu cantik merupakan pohon rempah-rempah. Kulit kayu cantik sangat beraroma, terasa manis, dan pedas. Karenanya, kulit ini digunakan sebagai bumbu masak. Kulit ini juga ditambahkan pada beberapa minuman ibarat jahe dan anggur panas. Kulit kayu cantik juga digunakan sebagai materi pembbuat jamu dan materi baku obat. Kulit ini diambil dari batang atau cabang pohon kayu manis, untuk mengambilnya harus ditebang terlebih dahulu.

5. Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia
  • Bahan makanan. Tumbuhan di sekitar kita banyak yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bagian tumbuhan yang sanggup dimanfaatkan untuk materi kuliner antara lain batang, daun, bunga, buah, dan biji. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan batangya yakni : sagu, tebu, dan enau (aren). Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya : bayam, singkong, kangkung, melinjo, dan selada. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bunganya : kol, kubis, dan turi. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya : nangka, jeruk, melon, semangka, jambu, mangga, dan pisang. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya : padi, kacang tanah, kacang hijau, kacang kapri, kedelai, dan jagung.
  • Bahan sandang. Bahan sandang yang berasal dari tumbuhan antara lain : katun terbuat dari kapas, serat rami dari tumbuhan rami, serat abaka dari pohon pisang abaka.
  • Bahan bangunan. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai materi bangunan contohnya : jati, mahoni, angsana, albasia, sengon, dan lain-lain.
  • Bahan obat-obatan. Tumbuhan yang dimanfaatkan untuk materi obat-obatan antara lain : Daun sirih untuk obat gatal-gatar, Akar alang-alang untuk mengobati panas dalam. Kulit batang kina untuk mengobati penyakit malaria. Buah mentimun untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bunga melati untuk menggobati demam. Daun kumis kucing untuk mengobati kerikil ginjal. Daun dadap untuk menurunkan panas. Daun kelor mengobati panas dan demam. Daun landep untuk mengobati rematik. Daun jinten untuk mengobati batuk, mules, dan sariawan.
  • Penghasil minyak atsiri. Minyak atsiri dimanfaatkan untuk industri parfum, kosmetik, kuliner atau minuman. Minyak atsiri sanggup digunakan untuk pewangi dan penguat rasa makanan. Contoh tumbuhan penghasil minyak atsiri yaitu kayu putih dan serai.
  • Bahan baku industri. Contoh materi baku industri yang berasal dari tumbuhan antara lain : Getah karet untuk menciptakan ban, getah pinus untuk menciptakan terpentin dalam industri cat. kelapa sawit digunakan untuk menciptakan minyak goreng.
  • Bahan pewarna alami. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan untuk pewarna alami antara lain : kunyit sebagai pewarna kuning, suji dan pandan sebagai pewarna hijau, wortel sebagai pewarna jingga atau oranye, cabe sebagai pewarna merah.
  • Bahan penyedap makanan, contohnya lada, pala, cengkih, serai, jahe, daun salam, pandan dan lain-lain .

Manusia sebagai faktor utama terjadinya kepunahan pada binatang  dan tumbuhan. Pemanfaatan yang hiperbola ataupun tidak terkendali mangakibatkan keseimbangan alam terganggu dan hasilnya mucul krisis lingkungan. Salah satu indikator yang sanggup kita saksikan sampai ketika ini, yaitu semakin banyaknya populasi binatang dan tumbuhan yang hilang. Mungkin tidak akan terasa untuk ketika ini, tetapi untuk masa depan dampaknya akan lebih terasa. Manusia harus bijak ketika memanfaatkan binatang dan tumbuhan biar mereka tetap lestari.

0 Response to "Pemanfaatan Bab Badan Binatang Dan Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel