Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan Yang Menakjubkan

Pandangilah langit pada malam hari! Apa saja yang kau lihat? Menurutmu, benda-benda apa saja yang ada di sana? Berapa banyaknya? Agar kau sanggup menjawab, ayo, kita menjelajah angkasa luar!

Kita hidup di sebuah planet yang berjulukan Bumi. Tahukah kau bahwa Bumi hanya merupakan sebagian kecil dari alam semesta?

Alam semesta mempunyai banyak galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Salah satunya ialah Galaksi Bima Sakti, tempat di mana kita tinggal. Dapatkah kau bayangkan di mana kita berada?Coba perhatikan gambar-gambar berikut ini.

Dalam Galaksi Bima Sakti, terdapat benda angkasa luar yang tak terhitung banyaknya. Di sana terdapat sistem tata surya kita, tempat tinggal kita.

Tata surya merupakan Matahari dan semua benda yang berputar mengelilinginya, yaitu planet; satelit alami menyerupai bulan; dan benda langit lainnya, menyerupai komet, asteroid, dan meteorit. Mari lihat lebih erat posisi tempat tinggal kita di sistem tata surya.

Matahari ialah sentra sistem tata surya. Matahari dikelilingi oleh 8 planet dan benda-benda kecil lainnya yang tak terhitung jumlahnya. Masing-masing berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, planet-planet tersebut tidak akan saling bertabrakan. Kedelapan planet tersebut ialah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Setiap planet berputar pada porosnya. Hal ini yang disebut rotasi.  Setiap planet juga berputar mengelilingi Matahari yang disebut dengan revolusi.

Ayo Diskusikan
Menurutmu, bagaimanakah susunan sistem tata surya kita? Dapatkah kau menjelaskannya sesuai teks tersebut di atas? Diskusikan dengan seorang temanmu.

Susunan tata surya terdiri dari matahari, planet-planet dan satelit alami planet, asteroid, meteorid, komet. Matahari sebagai sentra tata surya di kelilingi oleh anggota tata surya yang lainnya. Lintasan benda benda langit mengelilingi matahari disebut orbit.
  1. Matahari merupakan anggota penyusun tatasurya yang memancarkan cahaya sendiri. Matahari merupakan bintang yang paling erat dengan bumi. Matahari berputar pada sumbunya dari arah barat ke timur. Anggota tatasurya yang lainnya ialah planet. 
  2. Planet merupakan benda langit yag tidak memancarkan cahaya. Kedelapan planet tersebut ialah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  3. Asteroid ialah benda-benda angkasa kecil yang bentuknya tidak teratur. Orbit asteroid terletak diantara orbit planet mars dan planet jupiter. 
  4. Meteor atau yang biasa disebut dengan bintang jatuh juga merupakan benda langit yang memasuki atmosfer bumi. Sedangkan meteorid merupakan meteor yang mecapai permukaan bumi. Metor dan metorid merupakan anggota penyusun tatasurya.
  5. Satelit merupakan benda langit yang bergerak mengelilingi planet dan bantu-membantu dengan planet bergerak mengelilingi matahari. Selain itu satelit juga berputa rpada porosnya. Bulan merupakan salah satu satelit.
  6. Komet atau yang disebut bintang berekor merupakan anggota penyusun tatasurya yang tersusun dari kumpulan abu dan es. Komet halley merupakan komet yang mendekati bumi setiap 76 tahun sekali.
Buatlah paling sedikit 3 pertanyaan yang ingin kau ketahui wacana sistem tata surya. Tuliskan pada kotak berikut ini.
  1. Apa saja anggota tata surya?
  2. Mengapa semua benda angkasa berputar mengelilingi matahari?
  3. Apakah semua benda angkasa melaksanakan rotasi dan revolusi?
Ayo Lakukan
Peragakan sistem tata surya kita secara berkelompok menurut gosip yang telah kau lihat dan baca! Gunakan kertas dan alat tulismu untuk memberi nama-nama serpihan tata surya tersebut!
Gunakan kertas yang kosong berikut ini untuk berlatih terlebih dahulu. Kamu sanggup menggambar sistem tata surya sesuai pemahamanmu.

Ayo Ceritakan
Bersama pasangan dari kelompokmu, cobalah ceritakan kembali hasil peragaanmu wacana sistem tata surya tersebut. Gunakan kata-kata kunci dari teks tersebut untuk membantumu bercerita. Apa saja kata-kata kuncinya? Tuliskan paling sedikit 5 kata kunci.
  1. Tata Surya
  2. Atmosfir
  3. Gerak revolusi
  4. Gerak rotasi
  5. Orbit
Tuliskan uraian singkat wacana sistem tata surya dengan memakai kata kunci di atas! Gunakan peta pikiran sesuai kreasimu untuk menuliskan uraianmu di bawah ini kertas kosong berikut.

Tata surya ialah susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet, meteorid, komet, serta asteroid yang mengelilingi matahari. Susunan tata surya terdiri atas matahari, delapan planet, satelit-satelit pengiring planet, komet, asteroid, dan meteorid.

Atmosfer ialah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut hingga jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, hingga dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi.

Revolusi ialah peredaran plaet-planet mengelilingi matahari. Revolusi bumi merupakan akhir tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi, selain perputaran bumi pada porosnya atau disebut rotasi bumi. Kala revolusi bumi dalam satu kali mengelilingi matahari ialah 365¼ hari.

Rotasi ialah gerakan berputar planet pada sumbunya. Bumi berputar ke arah timur, atau jikalau dilihat dari utara, melawan arah jarum jam. Akibat pergerakan pada sumbunya, setiap kawasan di bumi mengalami siang dan malam, walaupun dengan panjang siang dan malam yang sanggup berbeda-beda. Masa rotasi Bumi pada sumbunya dalam dalam hubungannya dengan bintang ialah 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik. Masa rotasi dalam kaitannya dengan Matahari ialah 24 jam.

Orbit ialah jalan benda langit berikut ketika bergerak di bawah kendali gravitasi benda lain. Efek gravitasi ini terang di seluruh alam semesta: planet orbit satelit, planet-planet mengorbit bintang, bintang mengorbit inti galaksi, dan galaksi berputar di cluster.

Ayo Cari Tahu
Kamu telah mengenal wacana sistem tata surya. Sekarang, kau akan membandingkan Bumi dengan anggota tata surya lainnya. Bagaimanakah bentuk permukaan Bumi? Bagaimanakah jikalau dibandingkan dengan planetplanet lainnya? Menurutmu, apakah planet-planet lain mempunyai bentuk permukaan yang sama dengan Bumi? Apakah di planet-planet lain tersebut ada siang dan malam menyerupai di Bumi?

Coba diskusikan dengan sahabat kelompokmu. Tuliskan alhasil pada tabel berikut! Sampaikan hasil diskusimu kepada 2 kelompok temanmu yang lain.
Perbedaan permukaan dan waktu
BumiDi planet-planet lain
  1. Permukaan bumi terdiri dari daratan dan lautan
  2. Waktu yang diharapkan Bumi untuk sekali berotasi sebagai satu ‘hari’. 365 hari ialah waktu yang diharapkan Bumi untuk sekali mengorbit Matahari.
  1. Permukaan planet-planet biasanya terdiri dari batuan, logam maupun gas.
  2. Lama berotasi dan mengorbit planet lain berbeda-beda. Misalnya, sekali mengorbit (setahun) di Merkurius membutuhkan waktu 87 hari Bumi. Artinya Merkurius mengitar matahari empat kali setiap setahun Bumi.
Ayo Belajar
Untuk mengetahui lebih banyak wacana angkasa luar, perhatikan tabel berikut! Pada tabel berikut ini hanya ada sedikit gosip wacana beberapa benda angkasa luar.
No.Benda
Angkasa Luar
Kondisi
1.MatahariMatahari mempunyai cahaya sendiri. Matahari sangat panas.
2.BulanDi Bulan, sepanjang hari langit berwarna hitam. Di Bulan juga tidak ada bunyi lantaran di Bulan tidak ada udara. Permukaan Bulan
berdebu.
3.MerkuriusPlanet Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan Matahari. Tidak ada oksigen dan karbon dioksida. Serta, mempunyai kawah-kawah yang dalam.
4.VenusVenus ialah planet terdekat kedua dari matahari sesudah planet Merkurius. Planet ini juga sanggup terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit, sehingga venus di sebut bintang timur atau bintang pagi. Kadang-kadang juga venus terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam, sehingga venus dinamakan bintang senja, bintang barat, atau bintang kejora.Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain yang ada di tatasurya kita.
5.BumiBumi merupakan satu-satunya planet yang hingga dikala ini diketahui oleh insan terdapat kehidupan makhluk hidup. Bumi ialah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Beda dengan venus dan merkurius, di bumi terdapat satelit alam yaitu bulan. Bulan selalu mengelilingi bumi dalam berevolusi mengelilingi matahari.
6.MarsPlanet Mars mempunyai air yang membeku di ujung serpihan utaranya, menyerupai dengan kutub di Bumi. Permukaannya bergerigi, penuh dengan angin kencang, dan angin ribut abu yang dahsyat. Angin menyapu abu ke seluruh planet sehingga menciptakan warnanya menjadi merah. Itulah sebabnya Mars disebut Planet Merah.
7.JupiterYupiter atau Jupiter ialah planet terdekat kelima dari matahari sesudah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.Jupiter ialah planet terbesar dan terberat dengan diameter ekuatornya 14.980 km dan mempunyai massa 318 kali massa bumi.
8.SaturnusSaturnus ialah planet bercincin yang dikenal di tatasurya. Jarak Saturnus sangat jauh dari Matahari, Saturnus mempunyai kerapatan yang rendah lantaran sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan. Inti Saturnus diperkirakan terdiri dari batuan padat dengan atmosfer tersusun atas gas amonia dan metana, hal ini tidak memungkinkan adanya kehidupan di Saturnus.
9.UranusUranus ialah planet ketujuh dari Matahari dan planet yang terbesar ketiga dan terberat keempat dalam Tata Surya. Uranus ialah planet yang paling ringan diantara planet-planet raksasa. Meskipun bergaris tengah sedikit lebih besar daripada Neptunus, Uranus mempunyai diameter mencapai 51.118 km.
10.NeptunusNeptunus merupakan planet terjauh kedelapan jikalau ditinjau dari Matahari. Neptunus mempunyai diameter mencapai 49.530 km dan mempunyai massa 17,2 massa Bumi. Bentuk planet ini menyerupai dengan Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. Komposisi penyusun planet ini ialah besi dan unsur berat lainnya.
Dapatkah kau menemukan perbedaan kondisi benda-benda angkasa tersebut dengan Bumi? Kamu sanggup mencari gosip dari sumber lainnya. Coba diskusikan dengan seorang temanmu, kemudian tuliskan alhasil pada tabel berikut!
Perbedaan
BumiBenda Angkasa
  1. Bumi ialah satu-satunya planet yang mempunyai atmosfer yang mengandung 21 persen oksigen.
  2. Bumi ialah satu-satunya planet yang mempunyai air di permukaannya.
  3. Bumi ialah satu-satunya planet di tata surya yang mempunyai kehidupan.
  4. Jarak dengan matahari tidak terlalu erat dan tidak terlalu jauh. Akibatnya, udara bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin
  1. Kondisinya gersang, tandus, dan sulit mendapat oksigen. 
  2. Benda angkasa yang lainnya tidak mempunyai kandungan air menyerupai yang dimiliki oleh bumi.
  3. Benda angkasa lainnya tidak memungkinkan adanya kehidupan lantaran kondisi yang tidak mendukung.
  4. Planet merkurius sangat erat dengan matahari sehingga sangat panas sedangkan neptunus terlalu jauh sehingga sangat dingin

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan Yang Menakjubkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel