Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Parade atau dikenal pula dengan pawai merupakan iring-iringan sekelompok orang yang biasanya dilakukan di jalan raya, umumnya dilakukan dengan memakai kostum dalam suatu prosesi upacara ataupun program tertentu. Parade umumnya dilakukan atas sejumlah alasan, namun umumnya dilakukan terkait dalam suatu perayaan tertentu.

Parade ini digunakan untuk kegiatan penyambutan hari-hari besar, ibarat malam tahun gres islam yang memakai alat musik perkusi bahkan dengan drumband. Yang bertujuan untuk meramaikan suasana biar berjalan dengan lebih meriah. Menyaksikan pawai budaya membuat Edo semakin kagum akan keberagaman budaya di Indonesia. Inginkah kau tahu keberagaman budaya Indonesia lainnya? Ayo kita cari tahu bersama.

Ayo Mengamati
Pada ketika menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya

Temukan sebanyak-banyaknya berdiri datar yang ada pada gambar di atas.

Segi banyak ialah berdiri tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis. Jumlah sudut yang ada sama banyak dengan jumlah sisi yang dimilikinya. Segibanyak ialah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis. Berikut ini ialah teladan segibanyak dan bukan segibanyak.

Segi banyak ialah suatu kurva sederhana tertutup yang dibuat oleh (terdiri atas) segmen garis-segmen garis. Segmen garis-segmen garis yang telah membentuk segi banyak dinamakan sisi. Segi banyak paling sedikit mempunyai tiga sisi dinamakan segitiga. Segi banyak dengan empat sisi dinamakan segi empat. Segi banyak dengan lima sisi dinamakan segi lima, dan begitu seterusnya. Apabila sisi dan sudut segi banyak berukuran sama, segi banyak tersebut dinamakan segi banyak beraturan.

Berdasarkan berdiri datar yang kau temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang termasuk segibanyak dan bukan segibanyak. Jelaskan alasanmu.Nah, kini coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segibanyak apa saja yang kau temukan? Bentuk bukan segibanyak apa saja yang kau temukan? Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 3)
  1. Tulislah teladan penggunaan segibanyak yang ada di sekitarmu! Handphone, lemari, buku, dan masih banyak yang lainnya
  2. Apa manfaat segibanyak dalam kehidupan sehari-hari? Manfaat segi banyak ialah untuk melengkapi bentuk-bentuk lainnya biar menjadi berdiri yang sesuai dengan keinginan.
  3. Apa yang akan terjadi bila segibanyak tidak ada dalam kehidupan seharihari? Kita akan kesulitan dalam memperoleh berdiri kompleks yang kita inginkan. contoh: ketika akan membuat sebuah atap berbentuk llingkaran, begitu pula dengan dinding rumahnya.
Tahukah kau bahwa sarang lebah juga terdiri atas segibanyak? Sungguh menakjubkan bahwa Tuhan membuat sarang lebah yang tersusun dari sekumpulan bentuk segienam. Ahli matematika meneliti bahwa bentuk segienam ialah bentuk geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap pecahan secara maksimum. Seandainya sarang lebah dibangun dengan bentuk lain akan banyak pecahan yang tidak terpakai. Akan lebih sedikit madu yang sanggup disimpan dan lebih sedikit lebah yang menerima manfaatnya. Setelah kau mencar ilmu perihal segibanyak, kini saatnya kau mengisi diagram berikut.

Diagram frayer merupakan salah satu keterampilan mencar ilmu yang terfokus pada salah satu konsep. Diagram ini membantu untuk memahami konsep secara utuh. Langkah-langkah mengisi diagram ini adalah:
  1. Menuliskan konsep yang ingin difokuskan di pecahan tengah.
  2. Menuliskan teladan dari konsep. (Bisa berupa gambar dan atau tulisan)
  3. Menuliskan bukan teladan dari konsep. (Bisa berupa gambar dan atau tulisan).
  4. Menuliskan ciri-ciri dari konsep yang sedang dibahas.
  5. Menuliskan definisi dengan kalimat sendiri sehabis melihat contoh, bukan contoh, serta ciri-ciri.
Keberagaman budaya Indonesia sangat Indah. Diantaranya tarian, rumah adat, makanan, dan lain-lain. Keberagaman tersebut memperkaya budaya Indonesia. Tahukah kamu, bahwa kita sanggup mendesain keberagaman budaya Indonesia dari tangram? Perhatikan bentuk keberagaman budaya Indonesia!

Bentuk di atas disusun dari tangram.
Apakah tangram itu? Tangram ialah kombinasi bentuk dari beberapa berdiri datar. Tangram terdiri dari 7 buah berdiri datar. Tangram terdiri dari 5 buah segitiga, 1 persegi, dan 1 jajar genjang.

Sekarang saatnya kau membuat tangram
1. Ambil kertas berbentuk persegi panjang. Lipat diagonal kemudian potong sisanya. Kamu akan memperoleh bentuk persegi. Kamu juga sanggup memakai kertas berbentuk persegi.

2. Potong persegi menjadi dua buah segitiga.

3. Ambil satu segitiga kemudian libat menjadi dua bagian. Potong pada lipatan biar menjadi dua segitiga yang lebih kecil

4. Ambil segitiga lainnya kemudian lipat sedikit di pecahan tengahnya. Lipat sudut segitiga yang berlawanan, lalu.

5. Lipat trapesium menjadi dua bagian, kemudian potong. Lipat kembali satu pecahan trapesium sehingga kau memperoleh bentuk persegi dan segitiga.

6. Lipat trapesium kecil yang tersisa kemudian potong menjadi dua. Kamu akan memperoleh bentuk jajaran genjang dan segitiga.

Ayo Berkreasi
Buatlah satu bentuk (rumah, tarian, keunikan keberagaram Indonesia lainnya) dari tangram. Mintalah pendapat temanmu. Keberagaman budaya Indonesia juga terlihat dari tarian daerah.Tari Bungong Jeumpa dari Aceh. Bungong Jeumpa berarti bunga cempaka.

Sekarang saatnya kau berlatih menarikan tarian Bungong Jeumpa. Tarian ini dibagi ke dalam dua gerakan, yaitu gerakan ketika berdiri dan gerakan ketika duduk. Kali ini kita akan mempelajari gerakan berdiri. Lakukan gerakan ini dengan arahan hitungan dari gurumu.

Gerakan A
  1. Kedua tangan di atas, kaki jinjit hentakkan dua kali. Ke kanan 2 kali.
  2. Kedua tangan di atas. Kaki jinjit hentakkan dua kali. Ke kiri 2 kali.
  3. Hitungan 4 x 8.
Gerakan B
  1. Menghadap serong ke kanan. Kedua jari rapat di tarik ke atas. Kaki kanan ke depan.
  2. Tangan ditarik ke bawah, kaki kanan mundur.
  3. Menghadap serong ke kiri. Kedua jari rapat di tarik ke atas. Kaki kiri ke depan.
  4. Bergantian kanan kiri sebanyak dua kali dua kali .
  5. Hitungan 2x8







Gerakan C
  1. Menghadap serong ke kanan. Kedua jari rapat di tarik ke atas. kaki kanan ke depan.
  2. Tangan ditarik ke bawah kanan mundur.
  3. Menghadap serong ke kiri. Kedua jari rapat di tarik ke atas. Kaki kiri ke depan.
  4. Bergantian kanan kiri sebanyak dua kali dua kali .
  5. Hitungan 2x8
Gerakan D
  1. Kedua telapak tangan beradu.
  2. Dibalik kanan dan kaki bergantian. Kaki jalan di tempat sambil diayun.
  3. Hitungan 4x8
Gerakan E
  1. Kedua tangan memegang bahu, ditarik ke depan. Tangan lurus jari tangan berdiri.
  2. Kaki maju ke depan bergantian kanan dan kiri. Hitungan 2x8
Ayo Berdiskusi
Pak Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan kuliner yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka ialah kuliner khas daerahnya. Mereka juga sangat hebat dalam memainkan alat musik tempat masing-masing. Mereka memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari meskipun masih sangat terpengaruh dengan logat bahasa tempat mereka.

Identifikasi Keberagaman berikut.
IdentifikasiPak SammyPak EncepPak MadePak UdinPak Nur
AsalMalukuJawa BaratBaliDKI JakrtaJawa Tengah
BahasaMalukuSundaBaliBetawiJawa
MakananGohu IkanOncomAyam BetutuKerak TelorGethuk
Alat MusikFu atau TahuriAngklungPereretTehyanGamelan
Pakaian daerahBaju CeleSukapuraPayas AgungAbang dan NoneKebaya
TarianLenso dan CakalelelTari JaipomgLegong dan KecakTari RonggengBambangan Cakil
KebiasaanKalwedoSeren taonNgabenPalang PintuMitoni

Bacalah teks berikut ini
Siap Menghadapi Musim Hujan
Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kambung Babakan berdiskusi untuk melaksanakan kerja bakti. Meraka berencana membersihkan selokan. Mereka setuju ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran. Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan akses selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di
gerobak sampah.

Setelah kerja bakti selesai, warga berkumpul untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng. Makanan tersebut dimasak oleh ibu-ibu. Mereka bahagia alasannya selokan desa sudah bersih. Kini, mereka siap bila trend hujan tiba.

Diskusikan pertanyaan berikut.
  1. Apa yang dilakukan warga desa Kampung Babakan? Bekerja Bhakti
  2. Mengapa mereka melaksanakan kerja bakti? Mempersiapkan lingkungan menghadapi trend hujan.
  3. Apakah warga desa mempunyai perilaku mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jelaskan.Ya , bila mereka mempunyai rasa persatuan mereka akan selalu bergotong royong
  4. Apa manfaat perilaku mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga kampung babakan? Kampung babakan menjadi kampung yang higienis alasannya masyarakatnya bekerja bhakti membersihkan lingkungan.
  5. Apa yang akan terjadi bila warga tidak mempunyai perilaku mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jika masyarakat tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan maka kampung menjadi kurang terjaga kebersihannya.
Indonesia mempunyai keberagaman suku, bangsa, sosial dan budaya. Keberagaman di Indonesia terikat oleh rasa persatuan dan kesatuan.

Sekarang amatilah dirimu dan temanmu. Pada ketika kau melaksanakan diskusi tadi, apakah ada keberagaman yang terlihat antara kau dan temanmu.
  1. Apakah keberagaman yang kelompok kau miliki? Jelaskan.
  2. Apakah fisik (warna kulit, rambut, tinggi dll) kelompok kau sama?
  3. Mengapa, meskipun kalian berbeda secara fisik, tapi tetap bekerjasama?
  4. Apakah jenis wangsit kalian sama? Jelaskan!
  5. Apakah cara kalian memberikan pendapat sama?
  6. Apakah keberagaman tersebut membawa manfaat bagi kelompok?
Setiap orang niscaya berbeda dengan orang lain. Baik itu warna kulit, cara pandang, dan ide. Keberagaman yang ada ialah ciptaan Tuhan. Kita semua harus menghargai keberagaman yang ada. Keberagaman tesebut akan memperkaya kita. Bayangkan bila wangsit kita sama, apa yang akan terjadi

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel