Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2 Inovasi Dan Manfaatnya

Tahukan kau siapa yang menemukan origami? Origami merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang dipakai yaitu kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Penemu Origami yaitu Akira Yoshizawa yang berkebangsaan Jepang. Akira Yoshizawa lahir pada tanggal 14 Maret 1911 dan meninggal pada 14 Maret 2005 akhir sakit. Semasa hidupnya, Akira Yoshizawa telah membuat lebih dari 50 ribu buah mainan kertas atau origami dan sebagian ada yang diabadikan dalam bukunya. Sebuah seni yang sangat indah.

Ayo Amati
Amati hasil kerajinan tangan origami berikut.

Apakah Origami itu?
Kata origami berasal dari bahasa Jepang, dari kata oru yang berarti melipat dan kami berarti kertas. Penggabungan kata tersebut mengubah kata kami menjadi gami, sehingga bukan orikami tetapi origami, artinya sama yaitu melipat kertas.

Ayo Lakukan
Ambil selembar kertas origami warna apa saja. Apabila kertas origami tidak tersedia, guru sanggup menyediakan kertas daur ulang (misalnya: majalah, koran, dll) yang telah dipotong dalam bentuk persegi. Ikuti isyarat berikut.

Tahukah Kamu?
Kertas origami berbentuk persegi yang mempunyai ukuran sisi yang sama. Ukuran kertas origami beragam, di antaranya 12 cm x 12 cm dan 15 cm x 15 cm.

Gambarlah berdiri datar yang kau amati pada aktivitas origami tadi pada kertas bertitik berikut.

Ayo Bekerja Sama
Secara berkelompok yang terdiri atas 6 orang, ungkaplah misteri wacana sifat-sifat bangun-bangun berikut.

Perhatikan warta dan gambar yang terdapat pada kelompok A, B, dan C. Kamu sanggup memakai penggaris dan busur dalam melaksanakan investigasi.

Diskusikan hasil yang kau peroleh secara berkelompok dan jawab pertanyaan berikut.
  1. Apakah kau menemukan sifat yang sama?
  2. Jika tidak, periksa kembali apakah sifat-sifat tersebut benar.
  3. Bagaimana kau memutuskan bentuk di kartu kelompok C yang mempunyai sifat yang sama dengan kartu kelompok A. Bangun yang mempunyai semua sisi sama panjang dan besar sudut yang sama.
  4. Bentuk apa saja yang kau temukan pada origami yang terdapat di awal pelajaran yang mempunyai sifat yang sama dengan kartu kelompok A?
  5. Bentuk apa saja yang kau temukan pada origami yang tidak mempunyai sifat yang sama dengan kartu kelompok A.
  6. Bentuk apa lagi yang kau sanggup kelompokkan dengan gambar kelompok A. Jelaskan.
Tulis kesimpulanmu
Poligon beraturan yaitu poligon yang mempunyai panjang sisi yang sama dan besar sudut yang sama. Poligon tidak beraturan yaitu poligon yang mempunyai panjang sisi dan besar sudut tidak sama.
Paparkan hasil diskusimu di depan kelas secara berkelompok. Untuk kelompok yang mendengarkan hasil pemaparan sanggup menulis daftar pertanyaan yang akan ditanyakan dan kemudian kepada kelompok yang menerima giliran.

1. Perhatikan gambar berikut.

a. Bangun mana yang termasuk poligon beraturan? Jelaskan alasanmu. Bangun A, C, F, G, dan H alasannya yaitu berdiri tersebut mempunyai sisi yang sama panjang dan sudut yang sama besar.
b. Bangun mana yang tidak termasuk poligon beraturan. Bangun yang tidak termasuk poligon beraturan yaitu B, D, dan E.

2. Perhatikan kembali bentuk yang kau temukan pada origami tadi. Berilah tanda (B) pada bentuk yang beraturan dan beri tanda (T) untuk bentuk yang tidak beraturan memakai pensil.

Ayo Diskusikan
Perhatikan rambu-rambu kemudian lintas berikut. Diskusikan secara berkelompok pertanyaan di bawahnya.

Buatlah kesimpulan menurut hasil diskusi.
  1. Apakah kau menemukan poligon pada rambu-rambu tersebut? Ya.
  2. Apa saja jenis poligon yang kau temukan? Poligon beraturan dan poligon tidak beraturan.
  3. Apa arti dari rambu-rambu tersebut?
  4. Mengapa rambu-rambu tersebut diciptakan? Rambu-rambu kemudian lintas diciptakan untuk membuat ketertiban berlalu-lintas.
  5. Apa manfaat rambu-rambu kemudian lintas?  Manfaat rambu-rambu kemudian lintas antara lain : Sebagai peringatan (kuning), Sebagai  petunjuk (hijau), Sebagai  perintah (biru), Sebagai larangan (merah)
  6. Apa dampaknya ketika antara rambu-rambu tersebut dilanggar? Kaitkan jawabanmu dengan penerapan hak, kewajiban, dan tanggung jawab kau sebagai warga negara? Ketika rambu-rambu kemudian lintas tersebut dilanggar maka akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lainnya. Sebagai pengguna jalan berkewajiban mematuhi rambu-rambu kemudian lintas (kewajiban), sehingga kemudian lintas di jalan raya berjalan dengan lancar (hak). Setiap pengguna jalan bertanggung jawab terhadap keselamatan pengguna jalan lainnya.
Ayo Amati
Amati alat musik berikut dan baca teks di bawahnya.
SEJARAH SULING
Suling yaitu salah satu alat musik tiup yang dimainkan di banyak sekali negara di dunia. Dengan cara kerja yang sama, alat musik ini mempunyai nama yang berbeda di banyak sekali negara. Suling, Seruling, Flute (Eropa), Fie (Jepang), Bangdi, Qudi, Xindi, Dadi (Cina), atau Bansuri (India, Pakistan, Bangladesh).

Pada awal ditemukannya ribuan tahun yang lalu, suling terbuat dari tulang binatang yang diberi lubang. Pada masa itu suling dipakai untuk berburu dan dalam aktivitas ritual pemujaan.

Sejak masa ke 16 suling dikembangkan menjadi alat musik tiup modern, cikal bakal suling yang kita temui dikala ini. Ketika itu, suling hanya dibentuk dalam satu bagian, dan belum mempunyai kunci nada. Sekitar tahun 1670 alat musik ini menjadi semakin terkenal dan mulai dibentuk dalam tiga bab dan mempunyai kunci nada.

Salah satu tokoh yang terkait dengan alat musik tiup ini yaitu Theobold Boehm, seorang peniup, pembuat suling dan komposer dari Jerman. Pada tahun 1832, ia menyebarkan prosedur dan sistem penjarian pada suling sehingga lebih praktis untuk dimainkan. Mekanisme ini kemudian dikenal dengan nama Sistem Boehm.

Bermula dari tulang hewan, dalam perkembangannya, alat musik tiup ini kemudian dibentuk dari banyak sekali material, ibarat gading, plastik, resin, dan logam. Di beberapa tempat di Indonesia suling bambu masih menjadi alat musik tiup yang dimainkan oleh kelompok pemusik tradisional. Alunan nada khas yang dihasilkan oleh bambu tetap menjadi ciri menarik yang membedakannya dengan suling modern. Menjadi tanggung jawab kita untuk ikut menjaga kelestarian alat musik tradisional, biar tidak karam di balik perkembangan alat musik modern.

Diskusikan teks di atas dengan teman di sebelahmu dan tulis kesimpulan menurut hasil diskusi.
Suling yaitu alat musik tradisional yang terdapat di banyak negara. Alat musik ini banyak dimainkan alasannya yaitu pembuatannya juga cukup praktis dan materi bakunya praktis ditemukan.
Ayo Lakukan
Perhatikan kembali teks lagu Mariam Tomong berikut.

Bersama dengan kelompokmu nyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomo, perhatikan panjang pendek nada dikala kau menyanyikannya. Chord yaitu kombinasi tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan. Chord C : terdiri dari nada 1, 3, 5 (do, mi, sol) yang dimainkan secara bersamaan. Chord F : 4, 6, i (fa, la, do). Chord G : 5, 7, 2 (Sol, si, re) (urutan nada dalam chord tidak mutlak, sanggup dibolak balik)

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2 Inovasi Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel